Ismail | MataMata.com
Artis Menikah Pakai Adat Bugis (Instagram/@windaseptriasa)

Matamata.com - Indonesia yang terdiri dari ribuan suku dan budaya membuat konsep pernikahan para artis pun menjadi beragam. Seperti pernikahan Achmad Megantara yang menjadi pembicaraan belakangan ini. Artis 25 tahun tersebut melepas masa lajang dengan menggelar pernikahan menggunakan adat Bugis.

Namun sebelum Achmad Megantara, ada beberapa artis yang menikah menggunakan konsep adat Bugis. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

1. Achmad Megantara

Artis Menikah Pakai Adat Bugis (Instagram/@windaseptriasa)

Achmad Megantara resmi menikah dengan wanita berhijab bernama Asri Faradila pada 22 Januari 2022.

Megan dan Asri tampil dengan baju pengantin Bugis dominan merah dipadu warna emas, dan hitam. Asri juga tetap mengenakan hijab dengan ditambahkan mahkota pengantin Bugis atau yang biasa disebut saloko.

Mahkota menyerupai bunga merak tersebut dipakai seperti bando dengan berat sekitar 2,5 kilogram.

2. Evi Masamba

Artis Menikah Pakai Adat Bugis (Instagram/@fansevimasamba)

Evi Masamba juga menggelar pernikahan adat Bugis saat dipersunting Arif Hajriyanto pada 24 Oktober 2018 lalu. Pernikahan Evi digelar di Malangke, Luwu Utara, Sulawesi Selatan yang merupakan kampung halamannya.

Kontras dengan pernikahan Achmad Megantara yang berbusana serba merah, Evi Masamba tampil dengan baju Bodo berwarna putih dan emas. Karena tidak berhijab, rambut Evi disanggul tegak menjulang di bagian belakang kepala dan ditambahkan mahkota adat Bugis alias saloko.

Unsur warna merah ditambahkan pada bunga yang menghias bagian bawah sanggul Evi.

3. Ditmar Hadi

Artis Menikah Pakai Adat Bugis (Instagram/@ditmarhadi)

Aktor Ditmar Hadi menikah dengan putri pengusaha bernama Meity Sahabuddin pada 6 Mei 2017. Pernikahan yang digelar di Makassar itu mengusung berbagai konsep, mulai dari adat hingga internasional.

Istri Ditmar tampil dengan busana pengantin Bugis putih seperti Evi Masamba. Yang khas dari busana pengantin Bugis adalah aksesoris emas pada hampir seluruh badan. Sehingga apapun warna busana pengantin Bugis, aksesoris-aksesoris emas tersebut lebih mencolok.

Pernikahan Ditmar Hadi begitu meriah dengan penampilan Titi DJ, Tulus, hingga Fatin. Rupanya bintang sinetron "Ganteng-ganteng Serigala" itu menjadi menantu pengusaha ternama yang pernah menyumbangkan jalan beraspal senilai Rp100 juta kepada Polda Sulawesi Selatan.

4. Ahmad Affandy

Artis Menikah Pakai Adat Bugis (Kapanlagi)

Ahmad Affandy menikah untuk kedua kalinya dengan aktris cantik Alessia Cestaro.

Pernikahan Ahmad Affandy dengan Marissa Christina sebelumnya diketahui hanya bertahan selama 3 tahun. Ahmad Affandy dan Alessia Cestaro kemudian menikah pada 18 Desember 2016 dengan adat Bugis dan Palembang.

Alessia Cestaro berasal dari Makassar sehingga pernikahan keduanya juga digelar dalam adat Bugis. Alessia Cestaro dan Ahmad Affandy mengenakan busana pengantin Bugis berwarna emas. Kecantikan Alessia dengan sanggul tegak khas pengantin Bugis ramai mendapatkan pujian.

5. Fita Anggriani

Artis Menikah Pakai Adat Bugis (Instagram/@fitaanggriani)

Fita Anggriani menambah warna busana pengantin Bugis yang dikenakan para artis. Aktris FTV yang menikah dengan Jamie Iqbal tersebut tampil cantik mengenakan busana pengantin Bugis warna hijau. Aksesoris serba warna emas juga mempercantik penampilan Fita yang lahir di Bandung, tetapi mewarisi darah Bugis. Fita Anggriani dan Jamie Iqbal resmi menikah pada 12 November 2016.

6. Meirayni Fauziah

Artis Menikah Pakai Adat Bugis (Instagram/@meirayni)

Aktris FTV Meirayni Fauziah juga menikah dengan adat Bugis. Mei, sapaan akrab Meirayni Fauziah, menikah dengan sang kekasih yang bernama Akmalunnas pada 24 Juni 2020 di Makassar. Mei tampil dengan busana pengantin Bugis berwarna abu-abu full payet.

Riasan Mei tampak tidak terlalu tebal, bahkan seperti tidak menggunakan lipstik karena mengaplikasikan warna merah muda. Namun kecantikan Mei sebagai pengantin wanita Bugis tetap memukau, ditambah dengan sanggul dan mahkota serupa seperti para pengantin sebelumnya.

Ternyata belum banyak artis yang menikah menggunakan adat Bugis. Kita nantikan saja pernikahan artis selanjutnya yang berasal dari Makassar. Kira-kira siapa lagi ya?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More