Ismail | MataMata.com
Profil Tiffani Afifa (Instagram/@tiffaniafifa)

Matamata.com - Nama Tiffani Afifa dikenal para pecinta K-Pop setelah mengikuti kompetisi cover lagu K-Pop yang diadakan salah satu televisi Korea Selatan.

Saat itu nama Tiffani langsung disebut influencer K-Pop karena sudah bisa mewakili Indonesia.Namun di balik keberhasilannya itu, Tiffani ternyata adalah seorang dokter.

Namun pada tahun 2018, Tiffani pernah melontarkan ujaran yang cukup sensitif di kalangan fans Hwasa dan MAMAMOO yang di tulis di kanal Twitter pribadinya.

Baca Juga:
Momo Geisha Akui Sekali Belanja Habis Ratusan Juta, Beli Apa?

Mau lebih tahu soal Tiffani Afifa, berikut profilnya yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Biodata Tiffani Afifa

Profil Tiffani Afifa (Instagram/@tiffaniafifa)

Tiffani Dwiarine Afifa atau yang lebih dikenal dengan nama Tiffani Afifa lahir di Jakarta pada 31 Januari 1990. Dia belum lama ini menyelesaikan pendidikan S2 program studi Kajian Administrasi Rumah Sakit di Universitas Indonesia.

Baca Juga:
Demi Perankan Nirmala, Tissa Biani Berubah Jadi Feminin

Sebelum itu, Tiffani lulus dari S1 Kedokteran Umum di universitas yang sama pada 2012. Dengan hijabnya, Tiffani menunjukkan identitas diri sebagai seorang muslim.

2. Karier Tiffani Afifa

Profil Tiffani Afifa (Instagram/@tiffaniafifa)

Selain menekuni profesi dokter, Tiffani Afifa merupakan seorang penyanyi. Melalui kanal YouTube miliknya, dia kerap membagikan cover lagu-lagu K-Pop.

Baca Juga:
Baby L Besar Diizinkan Rizky Billar ke Bar, Lesti Kejora: Jangan, Haram!

Cover lagu Tiffani yang paling populer di antaranya "Whistle" BLACKPINK, "MIC DROP" BTS, dan "The Truth Untold" BTS. Kanal YouTube Tiffani kini telah memiliki 502 ribu subscribers.

Tiffani Afifa juga telah merilis dua single yakni "Ratu di Hatimu" dan "Kau". Karier sebagai seorang penyanyi rupanya telah diukir Tiffani dengan mengikuti ajang pencarian bakat di salah satu televisi swasta, "Rising Star Indonesia 2". Namun dalam kompetisi tersebut, Tiffani belum beruntung.

Tiffani Afifa bisa dibilang sebagai influencer K-Pop dilihat dari konten-konten yang disuguhkannya. Namun di Instagram, Tiffani memperkenalkan diri sebagai musisi. Hingga Januari 2022, akun Instagram Tiffani telah diikuti setengah juta followers.

Baca Juga:
Aliando Syarief Alami Depresi Berat karena Gangguan Mental OCD dan Covid-19

Tiffani Afifa juga membuka usaha clothing line bernama Luoes Studios. Gaya trendi Tiffani dalam memadupadankan pakaian dan hijabnya memang digemari. Luoes Studios saat ini baru menjual Hoodie dengan harga Rp199 ribu di e-commerce dan telah habis terjual.

3. Prestasi Tiffani Afifa

Profil Tiffani Afifa (Instagram/@tiffaniafifa)

Tiffani Afifa pernah menjuarai kontes cover lagu pada 2017 yang diadakan TV KBS bekerja sama dengan Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

Kala itu, Tiffani bersama Alphiandi yang juga dikenal sebagai influencer KPop mengcover lagu Park Kyung berjudul "Inferiority Complex".

Tiffani Afifa hadir sebagai peserta KPOP World Festival digelar di Cangwon pada 29 September 2017. Kemenangan Tiffani dan Alphiandi amat membanggakan karena berhasil menyisihkan 12 peserta dari negara-negara seperti Turki, Malaysia, Singapura, Amerika, Rusia, Madagaskar, Hungaria, Peru, Kanada, India, Vietnam dan Indonesia. Yang lebih spesial lagi, Tiffani menerima buket bunga dari Jimin BTS saat memenangkan hadiah utama.

4. Kontroversi Tiffani Afifa

Profil Tiffani Afifa (Instagram/@tiffaniafifa)

Sebagai influencer KPop, Tiffani Afifa kerap mendapat kesempatan untuk mewawancarai idol KPop seperti E'LAST, Sam Kim, Gaho, BDC, hingga DRIPPIN. Yang terbaru, Tiffani mengaku baru mewawancarai Wheein MAMAMOO.

Namun kabar Tiffani Afifa mewawancarai Wheein justru mendapat respons sinis dari fans MAMAMOO. Pasalnya Tiffani pernah menuliskan cuitan kurang menyenangkan soal Hwasa yang merupakan rekan segrup Wheein di Twitter.

Tiffani Afifa lantas minta maaf dan menerangkan bahwa cuitan pada 2018 itu juga sudah pernah ia klarifikasi. Tiffani akhirnya memutuskan tak menayangkan wawancaranya bersama Wheein dan telah mendapat persetujuan dari agensi Mamamoo.

5. Tiffani Afifa Ajak Fans Donasi

Profil Tiffani Afifa (Instagram/@tiffaniafifa)

Tiffani Afifa dikenal sebagai salah satu fans BTS atau biasa disebut ARMY. Tak hanya sekadar mendukung idolanya, Tiffani bersama fans yang lain juga kerap berdonasi. Seperti kampanye Give A Smile with Jungkook and RM: Berbagi Senyuman Melalui Bantuan Operasi Bibir Sumbing yang baru digelar pada 2021 lalu.

Tiffani Afifa rupanya ingin citra penggemar KPop yang selama ini dipandang kekanak-kanakan dan suka membuat keributan bisa berubah. Sebagai influencer KPop, ia lantas mengajak penggemar untuk berkegiatan lebih positif seperti berdonasi. Keren ya!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More