Nur Khotimah | MataMata.com
Potret Oki Setiana Dewi Dakwah (instagram/@okisetianadewi)

Matamata.com - Ceramah Oki Setiana Dewi menuai kontroversi. Sebab, beberapa netizen menganggap ceramah Oki Setiana Dewi menganjurkan untuk menutupi aib suami KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga).

Atas kisruh ini, KH Cholil Nafis selaku Ketua MUI ikut buka suara. Sosok yang akrab disapa Kiyai Cholil Nafis itu mengutarakan pendapatnya lewat postingan Instagram yang dibuat pada Jumat (4/2/2022).

Potret Oki Setiana Dewi Dakwah (instagram/@okisetianadewi)

"Tidak semua kekerasan dalam rumah tangga harus disimpan rapat-rapat, juga jangan sampai setiap kekerasan dalam rumah tangga dicetitakan kemana-mana dan dilaporkan ke pihak penegak hukum. Nah, keluarga itu dibangun atas saling menyayangi dan mencintai," buka Kiyai Cholil Nafis di Instagram.

Baca Juga:
Alvin Faiz Ulang Tahun, Girang Dapat Hadiah Umrah dan Jam Tangan Mewah dari Istri

Menurut Kiyai Cholil Nafis, pasangan suami istri baiknya lebih dulu menceritakan KDRT ke orang terdekat untuk meminta nasihat. Namun jika cara tersebut tak berhasil, maka dianjurkan untuk menempuh jalur hukum.

"Jika terjadi KDRT baikanya, upayakan untuk diceritakan kepada orang yang tepat guna mendapat nasihat dalam menghentikan kekerasan rumah tangga. Boleh kepada orang tua, teman atau tokoh yang disegani," lanjut Kiyai Cholil Nafis.

Komentar Ketua MUI soal ceramah Oki Setiana Dewi. (Instagram/@cholilnafis)

"Tapi kalo ternyata secara kekeluargaan tak bisa diselesaikan maka bisa melalui jalur hukum bahkan perceraian. Tapi pilihan jalur aparat hukum ini adalah pilihan terakhir itupun jika sudah tak bisa kompromi lagi secara baik-baik," imbuhnya lagi.

Baca Juga:
Atta Halilintar Tak Asal Transplantasi Rambut, Ternyata Ada Alasan Manis di Baliknya

Di akhir unggahannya, Kiyai Cholil Nafis meminta pasangan suami istri terus belajar untuk menghadapi masalah rumah tangga yang semakin rumit. Ia berharap setiap masalah bisa diselesaikan sesuai ajaran agama.

"Bismillah berkeluarga itu harus banyak belajar karena masalahnya terus terbarukan dan kerumitan dalam keluarga makin bertambah. Tapi ayo semua selesaikan dengan keimanan sesuai petunjuk Allah SWT," pungkasnya.

Oki Setiana Dewi dan suami (Instagram/@okisetianadewi)

Sementara itu, Oki Setiana Dewi belum buka suara tentang ceramahnya yang menuai kontroversi. Sejauh ini hanya suami Oki Setiana Dewi, Ory Vitrio, yang berkenan memberikan pendapat.

Baca Juga:
9 Pesona Alca Octaviani Calon Istri Bintang Emon, Imut dan Kalem Banget!

Namun Ory Vitrio tidak banyak memberikan komentar. Ia hanya menunjukkan beberapa ceramah Oki Setiana Dewi soal sikap istri ketika mengalami kekerasan dari suami dan dakwah soal larangan berprasangka.

Load More