Ismail | MataMata.com
Fakta menarik film Satria Dewa Gatotkaca (YouTube/Satria Dewa Studio)

Matamata.com - Film Satria Dewa Gatotkaca telah merilis first look. Dibintangi Rizky Nazar, film garapan Hanung Bramantyo tersebut dipastikan tayang di bioskop pada Juni 2022.

Belakangan film Superhero asli Indonesia sedang banyak dibuat. Pada 2019, telah tayang Gundala yang merupakan produksi BumiLangit Cinematic Universe (BCU) dengan berbagai Superhero yang akan terus diproduksi. Begitu pun dengan Satria Dewa Gatotkaca melalui Satria Dewa Studio.

Film Satria Dewa Gatotkaca tak kalah dinantikan mengingat keberhasilan Gundala menembus box office 3 tahun silam. Sambil menunggu penayangannya, simak berbagai fakta menarik film Satria Dewa Gatotkaca berikut ini.

Baca Juga:
Tantang Ade Rai, Desta Pamer Badan Kekar yang Bikin Pangling: 2 Bulan Lagi Jadi Atlet Binaraga!

1. Sinopsis dan Cast Satria Dewa Gatotkaca

Fakta menarik film Satria Dewa Gatotkaca (Instagram/@gatotkaca_official)

Seperti judulnya, film Satria Dewa Gatotkaca, menceritakan tentang titisan dari tokoh pewayangan bernama Gatotkaca. Rizky Nazar yang berperan sebagai Gatotkaca juga didukung aktor-aktor kenamaan lain seperti Sigi Wimala, Cecep Arif Rahman, Yayan Ruhian, Yati Surachman, Aghniny Haque, Yasmin Napper, dan Jerome Kurnia.

2. Kostum Satria Dewa Gatotkaca

Baca Juga:
Nasib Bayi Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Diterawang Denny Darko: Dia Bawa Keberuntungan!

Fakta menarik film Satria Dewa Gatotkaca (YouTube/Satria Dewa Studio)

Kostum Gatotkaca ternyata dipesan khusus dari Prancis. Penjahit yang merancang kostum khusus Gatotkaca juga yang membuat kostum Daredevil lho! Kabarnya kostum Gatotkaca yang dikenakan Rizky Nazar seberat 7-10 kilogram dengan mengeluarkan biaya pembuatan nyaris Rp1 miliar.

3. CGI Satria Dewa Gatotkaca

Fakta menarik film Satria Dewa Gatotkaca (YouTube/Satria Dewa Studio)

Selain mengandalkan kostum, film "Satria Dewa Gatotkaca" juga dibantu CGI untuk menghadirkan tata visual yang apik dan modern. CGI sendiri adalah Computer Generated Imagery yang lazim digunakan berbagai genre film termasuk Superhero kelas dunia.

Baca Juga:
Ustaz Derry Sulaiman Tegur Gus Miftah: Kurang Ajar Kalau Ustaz Khalid Basalamah Dijadikan Wayang

Menurut Hanung Bramantyo selaku sutradara, ada lebih dari 500 titik di film "Satria Dewa Gatotkaca" yang harus melalui proses CGI. Pengerjaan cermat dan panjang tersebut dimaksudkan agar menghasilkan pertempuran seru yang memuaskan penonton.

4. Kendala Syuting Satria Dewa Gatotkaca

Fakta menarik film Satria Dewa Gatotkaca (YouTube/Satria Dewa Studio)

Skenario merupakan nyawa sebuah film. Namun dalam proses kreatifnya di lapangan, terdapat banyak persiapan dan penyesuaian. Apalagi ditambah syuting saat pandemi Covid-19 sehingga persiapan juga dilakukan secara daring serta dengan keterbatasan lokasi.

Baca Juga:
6 Artis Mengaku Diblokir Syahrini, Ada Luna Maya dan Hesti Purwadinata

Syuting film "Satria Dewa Gatotkaca" di Studio Gamplong, Sleman, Yogyakarta juga sempat tertunda. Syuting yang dimulai pada 2020, saat pandemi Covid-19 baru dimulai, membuat produksi film sempat ditunda selama 2 bulan.

5. Penayangan Satria Dewa Gatotkaca

Fakta menarik film Satria Dewa Gatotkaca (YouTube/CINEMA 21)

Kini fans dapat bernapas lega karena film "Satria Dewa Gatotkaca" telah memastikan penayangan. "Satria Dewa Gatotkaca" awalnya akan ditayangkan pada akhir 2021. Namun karena kondisi pandemi serta Rizky Nazar sebagai pemeran utama tersandung kasus narkoba, maka penayangan "Satria Dewa Gatotkaca" diundur hingga Juni 2022.

6. Pemilihan Rizky Nazar Sebagai Satria Dewa Gatotkaca

Fakta menarik film Satria Dewa Gatotkaca (YouTube/Satria Dewa Studio)

Saat pertama kali Rizky Nazar terpilih sebagai Gatotkaca, banyak yang menyangsikan. Rizky dinilai tidak menggambarkan sosok Gatotkaca dari pewayangan Jawa. Namun Hanung Bramantyo selaku sutradara punya pertimbangan tersendiri.

"Satria Dewa Gatotkaca" rupanya merupakan film yang menyasar keluarga termasuk anak-anak. Dengan dipilihnya Rizky Nazar, Hanung Bramantyo berharap banyak anak muda akan menonton "Satria Dewa Gatotkaca". Film "Satria Dewa Gatotkaca" dipastikan aman untuk anak-anak karena tidak akan ada darah, unsur sadisme, dan tanpa adegan seks.

7. Satria Dewa Gatotkaca: Superhero Pertama

Fakta menarik film Satria Dewa Gatotkaca (YouTube/Satria Dewa Studio)

Proyek Satria Dewa Studio akan terus berlanjut setelah Satria Dewa Gatotkaca. Pahlawan-pahlawan yang akan ditampilkan dalam proyek selanjutnya adalah Arjuna, Yudistira, Baratayuda, Bima, Nakula Sadewa, Srikandi, serta Big Battle of Kurukshetra sebagai penutup.

Itu dia berbagai fakta menarik seputar Satria Dewa Gatotkaca. Makin nggak sabar ingin nonton, 'kan?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More