Yohanes Endra | MataMata.com
OOTD Hijab ala Wirda Mansur. (Instagram/@wirda_mansur)

Matamata.com - Ustaz Yusuf Mansur pasang badan untuk menanggapi polemik status pendidikan Wirda Mansur. Ia mengakui bahwa putrinya memang sering tidak menyelesaikan studinya. 

"Dari awal Wirda programnya itu having experiences. Wirda ini harus banyak pengalamannya," kata Ustaz Yusuf Mansur di kawasan Cipondoh, Tangerang, Sabtu (5/3/2022).

Fakta Wirda Mansur (instagram/@wirda_mansur)

Ustaz Yusuf Mansur lantas menerangkan bahwa Wirda Mansur sudah sering berpindah tempat sejak masih duduk di bangku sekolah.

Baca Juga:
Dalang Kegaduhan Wirda Mansur Lulusan Oxford Diungkap Ustaz Yusuf Mansur

"Saya gojlok Wirda mulai dari SD di Tanah Air. Terus SMP mulai pindah negara, sampai puncak paling lama di Yordania," ujar Ustaz Yusuf Mansur.

Bagaimana cara Wirda Mansur mendapat akses untuk melanjutkan studi ke bangku kuliah bila tak pernah menyelesaikan pendidikan di sekolah?

Wirda Mansur bertemu Menteri PPN. (Instagram/wirda_mansur)

Kata Ustaz Yusuf Mansur, status pendidikan Wirda Mansur tetap mendapat pengesahan lewat sistem kejar paket.

Baca Juga:
Terkuak 'Dalang' Kegaduhan Wirda Mansur Lulusan Oxford: Kalau Sifatnya Mimpi Nggak Apa-apa

"Wirda itu home schooling, kejar paket. Sehingga nggak ada masalah sama sekolahnya," ujar Ustaz Yusuf Mansur.

Bagi Ustaz Yusuf Mansur, bukan masalah besar bila Wirda Mansur tidak pernah menyelesaikan studi di sekolah atau universitas. Ia berkeyakinan bahwa ada hal yang lebih penting daripada hanya mengejar selembar ijazah.

Fakta Wirda Mansur (instagram/@wirda_mansur)

"Saya adalah produk dari berbagai pesantren. Masuk, pindah, masuk, pindah. Nggak ada yang sampai selesai. Gunanya apa? Buat cari pengalaman," kata Ustaz Yusuf Mansur.

Baca Juga:
Wirda Mansur Gemetar Bertemu Menteri PPN, Posisi Duduknya Digunjing: Apa Nggak Kebalik?

"Yang penting bukan ijazah, tapi ilmu pengetahuan, skill dan pengalaman," ujarnya lagi.

Status pendidikan Wirda Mansur disorot usai yang bersangkutan mengaku pernah mengenyam pendidikan di empat kampus berbeda.

Fakta Wirda Mansur (instagram/@wirda_mansur)

Namun baru-baru ini, Wirda Mansur sudah membuat klarifikasi. Ia menjelaskan bahwa studi yang ditempuh di Oxford University dan Raffles University Singapore tidak pernah selesai.

Baca Juga:
Menyaingi Wirda Mansur, Tretan Muslim Ungkap Kuliah di 3 Kampus: Diketawain Awkarin Si Peraih Nilai UN Tertinggi

Sedangkan untuk pendidikan di The University of Buckingham dan Institut Daarul Qur'an, Wirda Mansur mengatakan bahwa saat ini dirinya sedang mengambil cuti. (Adiyoga Priyambodo)

Load More