Ismail | MataMata.com
Irfan Hakim (MataMata.com/Alfian Winanto)

Matamata.com - Presenter Irfan Hakim belum lama ini meresmikan pembukaan aviary miliknya. Aviary atau kandang burung raksasa ini dibuat oleh Irfan Hakim di lahan seluas 500 meter.

Hal ini tidak terlalu mengejutkan mengingat Irfan Hakim adalah salah satu artis yang hobi memelihara bermacam satwa. Sebelumnya hewan peliharaannya ia rawat di rumahnya. Irfan Hakim mempunyai banyak hewan peliharaan di rumahnya, mulai dari ikan, kucing, burung, kura-kura, hingga ular.

Untuk menjaga kelestarian hewan-hewan peliharaannya, ayah lima orang anak ini membangun sebuah aviary yang akan digunakan sebagai penangkaran burung.

Baca Juga:
Denise Chariesta Sindir Keluarga Haji Faisal karena Tak Kunjung Lapor Polisi: Semuanya Omdo!

Tak hanya digunakan untuk tempat bagi burung-burung milik Irfan Hakim, aviary ini juga menjadi tempat bagi hewan peliharaannya yang lain. Koleksi kura-kura dan ikan milik Irfan Hakim akan menjadi penghuni DeHakims Aviary.
Dipenuhi berbagai tumbuhan hijau lengkap dengan sungai buatan dan air terjun, kandang burung tersebut terlihat layaknya hutan sungguhan. Suasana asri dan segar begitu terasa saat memasuki kandang burung yang luas tersebut.

Suara gemericik air akan membawa kesan damai dan perasaan menyatu dengan alam. Setelah selesai dibangun, akhirnya Irfan Hakim mengadakan grand opening untuk aviary miliknya itu pada Oktober 2021 kemarin.

Pembukaan DeHakims Aviary digelar secara mewah dan meriah. Dimulai dari pertunjukan tari Merak hingga sambutan dari Bambang Soesatyo sebagai Pembina Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI). Putri kembar Irfan Hakim juga turut andil dalam grand opening tersebut.

Baca Juga:
9 Momen Kenangan Baby Margaretha dan Suami Bule, Meninggal Gara-gara Kolesterol dan Jantung

Lantas seperti apa potret aviary milik Irfan Hakim? Intip potretnya yang sudah MataMata.com himpun dari kanal YouTube DeHakims Aviary berikut ini.

1. Penampakan Dari Atas

Potret Aviary Irfan Hakim (YouTube/DeHakims Aviary)

Aviary milik Irfan Hakim dibangun di atas lahan seluas 500 meter. Kandang burung itu lebih besar dan luas dibandingkan dengan rumah-rumah di sekitar aviary. Dalam potret ini, ada si kembar Rakana dan Raina yang rapling untuk membentangkan banner di acara grand opening.

Baca Juga:
Mawar AFI Akui Salah Tak Bisa 'Layani' Steno Ricardo sebagai Suami Istri

2. Dibangun Selama 1 Tahun

Potret Aviary Irfan Hakim (YouTube/DeHakims Aviary)

Pembangunan DeHakims Aviary memakan waktu selama satu tahun. Selama itu Irfan Hakim menyiapkan bermacam tumbuhan, material, hingga pasir dari seluruh nusantara untuk mengisi aviary tersebut. Di salah satu segmen dalam grand opening yang digelar pada tanggal 30 Oktober 2021. Irfan Hakim dan tamu undangan mencampur semua macam pasir dari seluruh Indonesia untuk kemudian di sebar di sungai buatan.

3. Dibuat Seperti Habitat Asli

Baca Juga:
Sinopsis Film Umma, Teror Roh Halus dari Abu Kremasi

Potret Aviary Irfan Hakim (YouTube/DeHakims Aviary)

DeHakims Aviary didesain seperti alam liar yang menjadi habitat asli para satwa. Pepohonan hijau, sungai, hingga air terjun membuat aviary benar-benar tampak seperti hutan yang merupakan rumah asli para hewan.

4. Spot Bersantai

Potret Aviary Irfan Hakim (YouTube/DeHakims Aviary)

Ada tempat untuk bersantai di dalam aviary. Spot bersantai itu sekaligus menjadi tempat untuk menikmati aviary dari ketinggian. Spot bersantai ini akan memberikan kesempatan untuk bisa melihat pemandangan indah di aviary.

5. Sungai Buatan

Potret Aviary Irfan Hakim (YouTube/DeHakims Aviary)

Tak hanya pepohonan yang ada di kandang burung Irfan Hakim. Sungai buatan juga ada di sana, lengkap dengan air terjun mini dan kolam berbatu. Sungai buatan ini menjadi rumah bagi ikan-ikan koleksi Irfan Hakim. Burung-burung juga bisa menyegarkan diri di sungai buatan tersebut. Bahkan baru-baru ini Irfan Hakim memamerkan potretnya di Instagram saat sedang berendam di sungai buatan bersama ikan-ikan.

6. Nyaman Bagi Para Hewan

Potret Aviary Irfan Hakim (YouTube/DeHakims Aviary)

Karena dibuat layaknya alam liar, aviary tersebut menjadi yang sangat nyaman bagi para hewan. Tujuh ekor Kura-kura Sulcata dan 4 ekor kura-kura Pardalis yang sebelumnya dirawat oleh Irfan Hakim di rumahnya itu terlihat sangat nyaman. Rumah baru mereka yang seperti habitat aslinya membuat para kura-kura bisa tinggal dengan nyaman.

7. Penangkaran Burung

Potret Aviary Irfan Hakim (YouTube/DeHakims Aviary)

Secara simbolis, Irfan Hakim dan Bambang Soesatyo melakukan pelepasan burung dari kandang ke aviary. Nantinya aviary ini memang ditujukan akan dijadikan sebagai tempat penangkaran burung. Paling tidak nantinya akan ada 300 jenis burung yang berpasangan akan dilestarikan di aviary miliknya itu.

8. Penghuni Aviary

Potret Aviary Irfan Hakim (YouTube/DeHakims Aviary)

Salah satu burung istimewa yang jadi penghuni aviary Irfan Hakim adalah burung Beo Hitam. Burung eksotis ini begitu cantik dan menawan. Semua hewan yang ada di dalam aviary ini sudah memiliki izin secara resmi dan terdaftar sesuai dengan aturan yang berlaku.

9. Asri Banget

Potret Aviary Irfan Hakim (YouTube/DeHakims Aviary)

Dipenuhi pepohonan hijau dan sungai, aviary Irfan Hakim sangat asri layaknya hutan sungguhan. Potret aviary miliknya itu pun sukses memukau netizen. Banyak yang kagum dengan keseriusan Irfan Hakim dalam merawat binatang peliharaannya itu.

Gimana setelah melihat potret aviary Irfan Hakim tadi tertarik untuk mampir dan berkunjung?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More