Yohanes Endra Rena Pangesti | MataMata.com
Baim Wong. (Instagram/baimwong)

Matamata.com - Baim Wong mendadak dikabarkan meninggal dunia. Pasalnya, muncul berita duka terkait suami Paula Verhoeven tersebut.

Sebuah akun Facebook bernama Iman Maulana membagikan tautan berita berjudul 'Innalilahi Ya Allah, Kabar Duka dari Baim Wong, Mohon Do’anya Semoga Beliau Diterima Disisih Allah,Amin'. Sumber tautan itu diambil pemilik akun dari portal Realnews.My.ID, 21 Februari 2022.

CEK FAKTA: Baim Wong Dikabarkan Meninggal Dunia, Benarkah? (Turnbackhoax.id)

Lantas apakah benar berita tersebut?

Baca Juga:
10 Potret Rumah Seleb Cilik Lala dari Baim Wong, Bakal Sering Main Bareng Kiano karena Dekat

PENJELASAN

Informasi kabar duka mengenai Baim Wong di postingan Facebook tersebut adalah tidak benar alias hoaks, berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id, situs yang bekerja sama dengan Suara.com.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Iman Maulana tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Baca Juga:
Baim Wong Pamer Foto Waktu Masih Balita, Mirip Banget Kiano Anaknya: Plek Ketiplek!

Momen Baim Wong temui fans di Nusa Kambangan (Instagram/baimwong)

Dipantau dari postingan di Instagram, Baim Wong baru saja memperbaharui postingan Instagram, Senin (21/3/2022). Bapak dua anak itu berpose dengan pasangan yang viral karena foto prewedding di SPBU.

"Sudah ketemu dong! Kasih hadiah apa ya?" tulis Baim Wong.

Selain itu, berita yang disebar akun Facebook tersebut tidaklah berisi informasi mengenai Baim Wong.

Baca Juga:
11 Momen Baim Wong Temui Fans di Nusa Kambangan, Penuh Tangis Haru

Ada yang mengganti narasi berita di mana awalnya adalah Ustaz Abdul Somad/Ustaz Adi Hidayat berganti menjadi Baim Wong.

Momen Baim Wong temui fans di Nusa Kambangan (Instagram/baimwong)

Artikel tersebut mengutip Turnbackhoax.id dengan narasi 'Dari hasil penelusuran Turnbackhoax, video tersebut tidak berisi berita bahwa Baim Wong meninggal dunia, melainkan menceritakan pengalamannya ketika terpapar Covid-19 beberapa waktu yang lalu'.

Ketika dilakukan pencarian narasi tersebut terdapat dalam sebuah artikel bantahan dengan judul “[SALAH] Video 'VIRAL TERBARU HARI INI ~ KENA AZAB AKHIRNYA UAS BERPULANG SAAT INI?'

Baca Juga:
Momen Haru Baim Wong Datangi Rumah Fans di Nusa Kambangan, Janjikan Satu Hal

Kemudian gambar yang menjadi thumbnail artikel, merupakan foto kecelakaan beruntun di Jombang pada Sabtu 26 Januari 2019. Peristiwa ini menewaskan seorang warga dan tidak terkait sama sekali dengan Baim Wong.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka klaim yang menyebutkan Baim Wong meninggal adalah hoaks. Klaim tersebut masuk dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Load More