Ade Wismoyo Yuliani | MataMata.com
Proses pemakaman jenazah Dorce Gamalama dengan protokol Covid-19. [MataMata.com/Alfian Winanto]

Matamata.com - Anak-anak angkat dan keluarga almarhum Dorce Gamalama ribut saat berziarah di makam Dorce baru-baru ini. Mimi, keponakan Dorce yang ketika itu berada di lokasi kejadian lantas memberi penjelasan mengenai pemicu cekcok.

Pihak keluarga Dorce Gamalama rupanya emosi pada anak-anak angkat Dorce, Rizky dan Abu. Mereka dianggap tak sopan pada keluarga kandung Dorce Gamalama karena tak menyapa.

"Kita datang ke sana tujuannya nyekar mama ya, karena itu 40 hari. Mereka memang ziarah, tapi mereka tahu ada kita di sana kan, boro-boro menyapa, nengok aja nggak mau. Jadi wajar aja kita emosi, kita ngomong," kata Mimi ditemui di kawasan Tomang, Jakarta Barat, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga:
Sambutan Ria Ricis di Acara Empat Bulan Kehamilan Auto Bikin Suami Malu: Terima Kasih Sudah Bercocok Tanam

Keluarga dari pihak Dorce saat itu ada kakak kandung Dorce, Elita, yang juga ibu dari Mimi. Kemudian suami Mimi, serta Nana, keponakan Dorce dari Medan.

Perjalanan Karier Dorce Gamalama. (Instagram/@dg_kcp)

Mereka mengaku emosi karena selama ini anak-anak angkat Dorce tak berkomunikasi dengan baik pada mereka.

"Selama ini kita ngomong baik-baik sama mereka nggak ada respons sama sekali. Kita coba telepon, kita datangi ke rumah mereka, selalu nggak ada. Alasan lagi di luar lah, kita WA nggak dibalas, malah di-blok. Jadi seperti nggak ada niat baik dari anak-anak angkat itu untuk diskusi kekeluargaan," ujar Mimi.

Baca Juga:
Ekspresi Keanu Usai Adu Jotos di Ring Tinju dengan Jefri Nichol Disorot: Kayak Maling Motor Digebukin Warga

Padahal, sebelumnya keempat anak angkat Dorce Gamalama mengaku akan datang dan diskusi dengan keluarga soal wasiat dan warisan. Namun, karena tak ada iktikad baik, emosi keluarga pun tumpah di makam mendiang.

Proses pemakaman jenazah Dorce Gamalama dengan protokol Covid-19. [MataMata.com/Alfian Winanto]

"Kalau kalian nggak suka disebut anak angkat, ya kalian harus berbaik-baik sama kami sehingga karena mereka tidak menyapa kami ya akhirnya kakak saya yang di Medan bilang 'Tolong ya barang-barang yang ada di rumah itu tidak boleh di bawa siapapun', Apapun itu harus seizin kami, karena kami keluarganya," katanya.

Tak hanya karena perilaku tak sopan anak-anak angkat Dorce, keluarga pun emosi karena selama ini dilarang masuk ke kediaman almarhum. Bahkan, mereka sampai mengamanahkan penjaga rumah agar tak mengizinkan keluarga masuk.

Baca Juga:
Krisdayanti Kritisi Anggaran Gorden DPR Sebesar Rp48,7 M: Banyak yang Lebih Mendesak

"Kami masuk ke rumah pun tidak diizinkan. Kami minta dibukakan kunci sama mbak di sana tapi nggak bisa, katanya karena ada amanah nggak boleh dibukakan kunci, emang kami orang lain? Kenapa emang kami nggak boleh masuk? Kenapa kami nggak boleh lihat barang-barang di rumah, sudah kosong apa gimana, ya terpaksa kami katakan semua di makam," katanya emosi.

Proses pemakaman jenazah Dorce Gamalama dengan protokol Covid-19. [MataMata.com/Alfian Winanto]

Momen miris pertikaian keluarga Dorce itu terungkap dalam video di YouTube Surya Citra Televisi baru-baru ini. Di dalam video, anak-anak angkat Dorce sudah berada lebih dulu di makam artis serba bisa itu. Mereka tampak berdoa dan menaburkan bunga di atas makam dan lama kemudian, keponakan dan kakak Dorce Galamalam tiba di sana.

Percekcokan kecil pun tak bisa dihindari. Seorang perempuan dari keluarga Dorce tiba-tiba saja bilang ke mereka agar jangan mengambil apapun di rumah Dorce.

Baca Juga:
Profil Momo Moriska, Model yang Tak Mau Menikah Lagi dan Memilih Menjalin Hubungan Secara FWB

Meninggalnya Dorce Gamalama memang menyisakan masalah baru. Anak-anak angkat ingin agar surat wasiat Dorce, termasuk soal pembagian harta warisan dibuka usai 40 hari kematian. Sementara keluarga Dorce Gamalama curiga karena hingga kini wasiat tak kunjung dibuka.

Load More