Yohanes Endra | MataMata.com
Oki Setiana Dewi. (instagram/okisetianadewi)

Matamata.com - Ceramah Oki Setiana Dewi kembali menjadi perbincangan para netizen di media sosial. Kali ini, dalam sebuah cuplikan video yang beredar di TikTok, kakak Oki Setiana Dewi menceritakan pengalamannya kala mendapat curhatan dari seorang perempuan.

Anak perempuan itu bertanya ke Oki Setiana Dewi, apakah boleh bila pacaran saat puasa? Si wanita itu lantas menjelaskan bahwa ia tidak akan bertemu dengan si pacar, tapi masih tetap berkomunikasi dan bermesraan dengan pacar lewat WhatsApp.

"Kemarin waktu saya ceramah, teman-teman, ibu-ibu semua, ada seorang anak gadis yang mengatakan boleh nggak ya Umma Oki saya puasa tapi saya pacaran? Saya punya pacar tapi nggak ketemu-ketemu deh selama bulan suci Ramadhan. Pacarannya di WhatsApp aja. Nggak ketemu untuk menjaga diri saya," kata Oki Setiana Dewi.

Baca Juga:
Anak Angkat dan Keluarga Dorce Cekcok, Oki Setiana Dewi Tolak Salami Ipar

Oki Setiana Dewi penasaran tentang apa-apa saja pembicaraan yang dilakukan si perempuan dengan kekasihnya lewat aplikasi WhatsApp. Namun, Oki pada akhirnya memberi tahu perihal larangan-larangan selama berpuasa, yang mana di antaranya adalah tentang perkataan yang menimbulkan syahwat dan perkataan yang diberikan kepada lawan jenis yang bukan mahram (muhrim).

"Kemudian saya tanya, di WhatsApp pembicaraannya tentang apa? I miss you, i love you, atau apa? Itulah yang dikatakan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, orang-orang puasa itu lupa dia puasanya hanya menahan lapar dan haus saja. Padahal ada yang dilarang. Dilarang untuk mengatakan perkataan-perkataan yang kotor, kasar, juga perkataan yang menimbulkan syahwat. Perkataan-perkataan yang diberikan kepada lawan jenis yang bukan mahram, laki-laki ajnabi, laki-laki asing. Itu juga nggak boleh teman-teman. Untuk apa puasa yang kita jalankan?" ujar Oki.

Video ceramah Oki Setiana Dewi itu langsung viral dan menjadi sorotan netizen. Uniknya, usai mendengar ceramah Oki Setiana Dewi, beberapa netizen justru merasa beruntung karena belum punya pacar.

Baca Juga:
Oki Setiana Dewi Tolak Salami Teuku Ryan, Auto Tuai Perdebatan Netizen

Viral ceramah Oki Setiana Dewi soal pacaran di bulan puasa. (TikTok)

"Untung jomblo Ya Allah," komentar netizen.

"Beruntung putus sebelum puasa," ujar netizen lainnya.

"Pas lihat videonya dapet hidayah, tapi setelah buka WhatsApp langsung lupa," timpal netizen yang lain.

Baca Juga:
Oki Setiana Dewi Tolak Jabat Tangan dengan Teuku Ryan, Auto Jadi Perdebatan Netizen: Ada Beberapa Aturan soal Ipar

"Wah apa kabarnya yang ngabuburit sama pacar," imbuh lainnya.

Sementara itu, ada netizen yang curhat soal kisahnya pacaran beda agama. Si netizen merasa heran karena pacarnya yang sedang berpuasa mendadak tidak mengabarinya.

Namun, setelah mendengar ceramah Oki Setiana Dewi tersebut, si netizen merasa mendapatkan pencerahan.

Baca Juga:
Ria Ricis Syok Oki Setiana Dewi Pengin Hamil Lagi: Itu yang Bayi Belum Kelar

"Setelah ini overthingking ku hilang. Soalnya cowok aku ga online seharian, sekarang aku baru paham. Pejuang beda keyakinan pasti ngerasain yang sama, makasih," komentar netizen.

"Aku juga, dia Islam lagi puasa, eh cuek benar balas bikin aku emosi, sekarang gua paham," ujar netizen lainnya.

Load More