Ismail | MataMata.com
Adu Gaya Aurel Hermansyah dan Kartika. (Instagram/aurelie.hermansyah)

Matamata.com - Pendidikan menjadi salah satu hal paling penting bagi masa depan. Umumnya pendidikan yang banyak ditempuh masyarakat adalah pendidikan formal dari bangku sekolah. Tetapi bagi artis dengan jadwal pekerjaan padat, menjalani sekolah formal yang waktu pembelajarannya sudah ditentukan sulit dilakukan.

Alhasil ada artis yang harus menyerah pada pendidikannya dan putus sekolah. Tetapi ada juga artis yang tidak ingin melewatkan sekolah meski sibuk. Jalan yang mereka ambil adalah dengan homeschooling yang merupakan pendidikan non formal.

Meski non formal ada banyak lembaga penyedia jasa homeschooling terpercaya. Lulusannya juga tetap bisa memeroleh ijazah dengan mengikuti ujian kesetaraan yang terdiri dari tiga paket yaitu A (setara SD), B (setara SMP), dan C (setara SMA).

Baca Juga:
Mediasi Mumtaz Rais Putra Amien Rais dengan Futri Zulya Gagal

Beberapa artis ternama tanah air mempunyai ijazah kesetaraan dan melanjutkan pendidikan hingga bangku kuliah

Berikut sederet artis Indonesia pilih homeschooling agar tak lewatkan pendidikan. Jadi simak sampai akhir yuk!

1. Jefri Nichol

Baca Juga:
Prilly Latuconsina Nangis Jam 11 Malam gegara Drama 'Twenty Five Twenty One': Pengen Sungkem Sama Penulisnya

Seleb Indonesia Pilih Homeschooling (Instagram/jefrincihol)

Aktor kelahiran 15 Januari 1999 ini memilih untuk melanjutkan pendidikannya dengan homeschooling. Pemain film Jakarta vs Everybody ini memilih Homeschooling Primagama Bekasi. Ia menempuh pendidikan setara SMA yang disediakan di sana. Program yang dipilih Jefri ini memberikan kebebasan untuk memilih kelas individu atau kelompok dengan maksimal lima siswa.

2. Aurel Hermansyah

Baca Juga:
Reza Arap Matikan Donasi Live Streaming, Kapok Disawer gegara Doni Salmanan?

Seleb Indonesia Pilih Homeschooling (Instagram/aurelie.hermansyah)

Istri dari Atta Halilintar, Aurel Hermansyah juga merupakan lulusan homeschooling. Bahkan ibu Ameena Hanna Nur Atta ini sudah mengikuti ujian paket C untuk mendapatkan ijazah setara SMA pada tahun 2016 silam.

3. Ranty Maria

Seleb Indonesia Pilih Homeschooling (Instagram/rantymaria)

Artis cantik Ranty Maria awalnya menempuh pendidikan formal di SMA ternama di Jakarta. Kesibukan di dunia akting membuatnya kesulitan mengikuti kelas reguler. Akhirnya untuk bisa memeroleh pendidikan tanpa meninggalkan dunia keartisan, Ranty Maria memilih homeschooling yang memiliki jadwal belajar lebih fleksibel.

Baca Juga:
Artis-Artis KPop yang Tampil dengan Busana Paling Aneh Saat Red Carpet

4. Nikita Willy

Seleb Indonesia Pilih Homeschooling (Instagram/nikitawillyofficial94)

Artis yang pernah mendapat julukan ratu sinetron ini memiliki jadwal syuting yang sangat padat. Akibatnya ia tidak bisa mengikuti pendidikan formal di SMA Negeri 3 Jakarta yang merupakan sekolah favorit. Perempuan yang tengah menanti kelahiran anak pertamanya ini memutuskan keluar sekolah dan memilih homeschooling.

5. Mikha Tambayong

Seleb Indonesia Pilih Homeschooling (Instagram/mikhatambayong)

Artis dan penyanyi Mikha Tambayong juga merupakan lulusan homeschooling. Meski tidak bersekolah di sekolah formal, Mikha tetap bisa melanjutkan pendidikan hingga bangku kuliah lho. Ia pun membuktikan bahwa untuk tetap berkarier di dunia hiburan tidak harus mengorbankan pendidikan.

6. Cut Syifa

Seleb Indonesia Pilih Homeschooling (Instagram/cutsyifaa)

Artis cantik yang kini sudah memutuskan berhijab, Cut Syifa mengambil program homeschooling di sekolah milik Kak Seto. Homeschooling Kak Seto merupakan salah satu homeschooling yang banyak diminati. Keputusannya memilih homeschooling adalah karena jadwal syuting sinetron stripping yang sangat padat dan berlangsung berhari-hari. Hal ini membuatnya tidak bisa mengikuti sekolah formal

7. Dul Jaelani

Seleb Indonesia Pilih Homeschooling (Instagram/duljaelani)

Putra bungsu Maia Estianty, Dul Jaelani pun memutuskan untuk homeschooling dibandingkan dengan sekolah formal. Pemuda berambut keriting ini memang cukup sibuk dengan kariernya sebagai musisi.

8. Irish Bella

Seleb Indonesia Pilih Homeschooling (MataMata.com/Yuliani)

Sebelum menikah dan menjadi ibu, Irish Bella menempuh pendidikan non formal dengan homeschooling. Artis cantik keturunan Belgia ini tidak ingin melewatkan pendidikan meski sibuk bekerja.

9. Aqeela Calista

Seleb Indonesia Pilih Homeschooling (Instagram/aqeelacaslista)

Model dan artis muda Aqeela Calista menempuh pendidikan non formal dengan Homeschooling Primagama Bekasi. Artis kelahiran 14 Juni 2008 ini mengambil program SMP.

10. Amanda Rawles

Seleb Indonesia Pilih Homeschooling (Instagram/amandarawles)

Pemain film Dear Nathan, Amanda Rawles telah memilih homeschooling sejak bangku SMP. Meski demikian, Amanda mengaku rindu suasana sekolah di sekolah formal yang ramai dan banyak teman.

11. Citra Scholastika

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat, Citra Scholastika sudah sukses menjadi penyanyi sejak usia muda. Citra memilih untuk homeschooling, ia juga sudah memiliki ijazah setara SMA.

Homeschooling menjadi solusi untuk tetap bisa mendapatkan pendidikan tanpa harus meninggalkan karier. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More