Ismail | MataMata.com
Chicco Jerikho. (MataMata.com/Rena Pangesti)

Matamata.com - Beberapa artis tanah air yang beragama non muslim pernah membaca kitab suci Al Quran. Hal ini dilakukan demi tuntutan perannya sebagai seorang muslim.

Tak ayal sebagian dari mereka bisa membaca Al-Qur'an meski keyakinannya beragama non muslim.

Siapa saja artis non muslim yang bisa baca Al-Qur'an? Simak cerita yang telah dirangkum berikut ini.

Baca Juga:
Livy Renata Mengira Fuji adalah Pacar Fadly Faisal, Atta Halilintar Ngegas: Itu Abangnya!

1. Celine Evangelista

Artis Non Muslim yang Bisa Baca Al-Quran (Instagram/@celine_evangelista)

Rumor Celine Evangelista menjadi mualaf memang kerap berembus. Pasalnya, Celine yang menganut agama Katolik tak ragu menunjukkan penampilannya dengan hijab. Rupanya penampilan tersebut karena Celine tumbuh di keluarga muslim.

Kakek Celine Evangelista merupakan tokoh pejuang muslim ternama di Sulawesi Selatan, almarhum Fadeli Luran. Celine yang tumbuh dalam lingkungan muslim membuatnya juga sempat mempelajari Al-Qur'an. Celine yang belajar di sekolah Islam pun masih menghafal surah Al-Fatihah.

Baca Juga:
5 Fakta Fitria Yusuf Pindah Agama: Bangun 1000 Masjid, Damai Hidup di Jalan Allah

2. Amanda Manopo

Artis Non Muslim yang Bisa Baca Al-Quran (Instagram/@amandamanopo)

Amanda Manopo kerap memerankan wanita muslim di berbagai sinetron, salah satunya Andin di "Ikatan Cinta". Amanda harus bisa membaca Al-Qur'an untuk mendalami peran Andin yang diceritakan sebagai sosok religius. Amanda juga melakukan adegan salat seperti muslim pada umumnya.

Totalitas Amanda Manopo dalam berperan sebagai seorang muslim bahkan ditunjukkan melalui media sosial. Mantan kekasih Billy Syahputra tersebut sempat membagikan potret salat hingga mengutip ayat Al-Qur'an. Namun unggahan tersebut telah dihapus karena beberapa orang menganggapnya mempermainkan agama.

Baca Juga:
Ridho Ilahi Curiga Hubungannya dengan Dinar Candy Kandas karena Santet: Ada Tanah Kuburan!

3. Samuel Zylgwyn

Artis Non Muslim yang Bisa Baca Al-Quran (sinemart.com)

Sama seperti Amanda Manopo, Samuel Zylgwyn juga belajar mengaji untuk kepentingan sinetron. Samuel sampai belajar dari guru ngaji secara langsung demi bisa menghafal doa dan surah Al-Qur'an. Totalitas Samuel kala itu untuk peran sebagai Jaka di sinetron "Berkah".

4. Chicco Jerikho

Baca Juga:
Rayyanza dan Baby Leslar Ketemu, Netizen Kumat Julidnya: yang Ngehujat Anak Lesti Orang Gila

Artis Non Muslim yang Bisa Baca Al-Quran (Twitter/@cjerikho829)

Begitu pula Chicco Jerikho untuk perannya di film "Seputih Cinta Melati" yang diarahkan Ari Sihasale. Peran Chicco sebagai Ivan membuatnya harus menghafal surah Al-Qur'an. Suami Putri Marino tersebut rupanya butuh waktu satu bulan untuk menghafal Al-Fatihah. Chicco amat serius berlatih dan menghafal agar tidak salah melafalkan bacaan Al-Qur'an.

5. Jessica Mila

Artis Non Muslim yang Bisa Baca Al-Quran (Instagram/@mengejarsurgamovie)

Selanjutnya ada Jessica Mila yang belajar membaca Al-Qur'an saat terlibat di film religi "Mengejar Surga". Peran Jessica Mila sebagai wanita muslim bernama Atiqah membuatnya tampil berhijab. Di luar waktu syuting, ia berusaha belajar membaca Al-Qur'an dan melafalkan kata-kata dalam bahasa Arab. Mila juga belajar dari teman-temannya yang beragama Islam.

6. Felicya Angelista

Artis Non Muslim yang Bisa Baca Al-Quran (Instagram/@duniaterbalik.mncp)

Felicya Angelista dikenal sebagai penganut Kristen yang taat. Namun untuk perannya sebagai remaja muslim bernama Tuti di sinetron "Dunia Terbalik", Felicya tampil mengenakan hijab dan melakoni adegan salat serta mengaji. Hal itu tak masalah bagi Felicya meski dirinya bahkan sudah dibaptis di Sungai Yordan, Israel.

7. Shandy Aulia

Artis Non Muslim yang Bisa Baca Al-Quran (Instagram/@shandyaulia)

Shandy Aulia besar di keluarga yang menganut beda agama. Sang ayah beragama Islam seperti tiga kakaknya, sedangkan Shandy sama seperti ibunya yang menjadi umat Kristen. Saat kecil, Shandy bisa dibilang menganut dua agama sampai akhirnya memutuskan meyakini Kristen di usia 15 tahun.

Semasa anak-anak, Shandy Aulia mengaku pernah mempelajari agama Islam dan menjalankan ibadah salat. Otomatis Shandy sudah mulai mengenal bacaan salat dan surah di Al-Qur'an. Shandy mengaku akhirnya memilih agama Kristen karena pengalaman imannya sendiri.

Itu dia sederet artis non muslim yang bisa baca Al-Qur'an. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More