Ade Wismoyo | MataMata.com
Fakta Kiki Fatmala. (Instagram/@qq_fatmala)

Matamata.com - Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan. Pengobatan kanker juga dikenal membawa efek samping yang cukup besar. Salah satunya kerontokan rambut akibat dari kemoterapi. Hal ini pula yang membuat hampir semua survivor kanker harus menggunduli rambutnya.

Perjuangan berat ini juga dialami oleh sejumlah artis tanah air. Ada cukup banyak kisah seleb berjuang melawan kanker. Ada yang akhirnya dinyatakan sembuh setelah pengobatan panjang seperti Ari Lasso, tapi ada juga yang masih terus berjuang hingga sekarang. Terbaru ada artis senior Kiki Fatmala yang mengabarkan bahwa dirinya mengidap kanker paru-paru stadium IV.

Berikut ini adalah kisah seleb berjuang melawan kanker yang sudah MataMata.com himpun dari berbagai sumber.

Baca Juga:
Zinidin Zidan Tak Terima Dituding Penyanyi Modal Cover: Nama Lu Aja Cover!

1. Kiki Fatmala

Kisah Seleb Berjuang Melawan Kanker. (Instagram/qq_fatmala)

Artis senior yang bermain dalam sinetron legendaris Si Manis Jembatan Ancol, Kiki Fatmala mengabarkan dirinya mengidap kanker paru-paru stadium IV. Selama lima bulan ke belakang, Kiki Fatmala berjuang melawan penyakit ganas ini. Setelah proses pengobatan yang panjang dan melelahkan termasuk kemoterapi, Kiki Fatmala akhirnya dinyatakan sembuh.

2. Ari Lasso

Baca Juga:
Zinidin Zidan dan Tri Suaka Pucat Minta Maaf: Abis Itu Tetep Bayar Royalti Rp1 Miliar

Kisah Seleb Berjuang Melawan Kanker. (Instagram/ari_lasso)

Penyanyi solo Ari Lasso kini tengah menikmati waktu rehat usai menjalani serangkaian pengobatan kanker limfoma langka yang diidapnya. Mantan vokalis Dewa 19 ini juga memangkas rambut gondrongnya karena penyakit tersebut. Beruntung, kini Ari Lasso sudah dinyatakan sembuh dan kembali sehat.

3. Thalita Latief

Kisah Seleb Berjuang Melawan Kanker. (Instagram/thalitalatief)

Thalita Latief mungkin bisa dibilang lebih beruntung karena ia mengetahui ancaman kanker tiroid sejak awal. Hal ini membuatnya tak perlu menjalani kemoterapi, tapi ia tetap harus menjalani pengobatan dan operasi pengangkatan tumor ganas tersebut.

Baca Juga:
8 Potret Kenangan Paramitha Rusady dan Nike Ardilla, 2 Dekade Telah Berlalu

4. Vidi Aldiano

Kisah Seleb Berjuang Melawan Kanker. (Instagram/vidialdiano)

Solois pria yang baru saja melepas masa lajangnya, Vidi Aldiano mengidap kanker ginjal pada tahun 2019. Setelah diskusi panjang, Vidi memutuskan untuk mengangkat ginjal kirinya yang sudah ditumbuhi sel kanker sebesar 5 cm. Hingga saat ini Vidi masih terus menjalani pengobatan dan kontrol agar sel kanker tidak tumbuh lagi.

5. Aldi Taher

Baca Juga:
Video Padi Bawakan Lagu Kangen Band Viral Lagi, Tri Suaka dan Zidan Auto Kena Hujat

Kisah Seleb Berjuang Melawan Kanker. (Instagram/alditaher.official)

Aktor yang sempat beberapa kali mengundang kontroversi, Aldi Taher juga pernah harus berjuang melawan kanker. Kurang lebih 8 bulan lamanya Aldi Taher menjalani pengobatan dan 6 kali kemoterapi. Ia akhirnya sembuh dari kanker getah bening stadium 2 yang sempat menjangkitnya.

6. Andien Aisyah

Kisah Seleb Berjuang Melawan Kanker. (Instagram/andienaisyah)

Ibu dua orang anak ini mengidap kanker semasa masih duduk di bangku SMA ketika usianya baru 16 tahun. Ia pun harus menjalani operasi pengangkatan benjolan yang ada di payudaranya. Hingga saat ini, Andien menjalani pola hidup sehat bersama keluarganya.

7.  Titiek Puspa

Kisah Seleb Berjuang Melawan Kanker. (Instagram/ titiekpuspa_official)

Artis senior Titiek Puspa harus menjalani pengobatan selama 2,5 bulan di Singapura karena kanker serviks stadium 2 yang diidapnya pada tahun 2012 silam. Setelah kemoterapi dan meditasi rutin, Titiek Puspa akhirnya dinyatakan sembuh.

8.  Imel Putri

Kisah Seleb Berjuang Melawan Kanker. (Instagram/imelpc)

Artis laga Imel Putri harus menjalani pengobatan dan perawatan intensif karena kanker Liposarcoma yang dideritanya. Kanker ini termasuk jenis kanker langka dan ganas sehingga ia harus menjalani kemoterapi. Sampai sekarang, Imel masih terus berjuang melawan kanker tersebut.

9.  Feby Febiola

Kisah Seleb Berjuang Melawan Kanker. (Instagram/febyfebiola_)

Artis cantik yang juga bermain dalam sinetron hits Tersanjung, Feby Febiola pernah mengidap kanker ovarium stadium 1c pada tahun 2020 lalu. Feby Febiola bahkan menggunduli kepalanya karena rambutnya terus rontok usai menjalani kemoterapi. Setelah enam kali kemoterapi, ia dinyatakan sembuh dan sudah tak ada sel kanker yang aktif di tubuhnya.

10. Epy Kusnandar

Kisah Seleb Berjuang Melawan Kanker. (Instagram/epy_kusnandar_official)

Pernah menderita kanker otak dan tidak bisa menjalani kemoterapi membuat Epy Kusnandar memilih pengobatan alternatif. Bahkan Epy Kusnandar pernah divonis hanya punya sisa usia 4 bulan saja. Untungnya sekarang, Epy sudah sembuh dari penyakit ganas tersebut.

Itulah kisah seleb berjuang melawan kanker. Sebagian besar sudah dinyatakan sembuh,t tetapi masih ada yang harus terus berjuang untuk sembuh. Semoga perjuangan mereka berbuah manis dan sembuh total dari penyakit ganas tersebut.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More