Yohanes Endra | MataMata.com
Artis Bangun Pondok Pesantren. (MataMata.com/Ismail)

Matamata.com - Setiap orang memiliki cara sendiri untuk beramal. Nah, beberapa artis memilih untuk membangun pondok pesantren untuk bekal mereka di akhirat nanti.

Kehidupan para artis mungkin terkesan glamor dan bergelimang harta. Namun mereka tidak lupa untuk beramal dengan berbagai cara, salah satunya membangun pondok pesantren.

Untuk membangun pesantren, artis-artis ini menyisihkan sebagian penghasilan mereka. Lantas siapa saja artis dermawan yang membangun pesantren? Simak daftarnya berikut ini.

Baca Juga:
10 Potret Pondok Pesantren Milik Atta Halilintar, Hadiah Untuk Anak Pertamanya yang Keguguran

1. Andika Kangen Band

Artis Bangun Pondok Pesantren (instagram/@babang_andikamahesa)

Nama Andika Mahesa belakangan disorot karena kontroversi video parodi Zinidin Zidan dan Tri Suaka. Baru-baru ini terungkap bahwa vokalis Kangen Band yang kerap dipanggil Babang Tamvan itu diam-diam membangun panti asuhan hingga mengelola pondok pesantren, lho.

2. Atta Halilintar

Baca Juga:
Masya Allah! Ustaz Abdul Somad Hadiahi Istri Pondok Pesantren di Riau

Artis Bangun Pondok Pesantren (instagram/@attahalilintar)

Atta Halilintar dikenal sebagai salah satu YouTuber paling hits di Tanah Air. Meski kerap mengumbar kekayaan, suami Aurel Hermansyah itu tetap tak lupa untuk beramal. Atta diketahui menyiapkan lahan pesantren yang nantinya akan dinamakan sebagai Pesantren AHHA Binaumma. Pesantren ini merupakan hadiah untuk anak pertamanya, Ameena.

3. Baim Wong

Artis Bangun Pondok Pesantren (instagram/@baimwong)

Baim Wong mungkin kerap membuat konten berbagi ke sesama yang terkadang menuai pro kontra. Namun suami Paula Verhoeven dikenal sebagai sosok yang dermawan. Baim memiliki pesantren di Purwakarta yang dikhususkan untuk para hafiz dan hafiza Al-Qur'an. Alasannya membangun pondok pesantren untuk mengenang almarhumah ibunda.

Baca Juga:
Jenazah Syekh Ali Jaber Telah Dimakamkan di Pondok Pesantren Daarul Quran

4. Irwansyah

Artis Bangun Pondok Pesantren (instagram/@irwansyah_15)

Artis berikutnya adalah Irwansyah, yang diketahui telah membangun pesantren di Bintaro, Jakarta Selatan. Pesantren yang dibangun suami Zaskia Sungkar itu diharapkan dapat menjadi wadah untuk santri-santri ingin mendalami ilmu agama. Menariknya, membangun pesantren merupakan salah satu harapan Irwansyah yang pernah ingin jadi ustaz.

5. Pevita Pearce

Baca Juga:
7 Anak Seleb Ini Pilih Jadi Santri Pondok Pesantren

Artis Bangun Pondok Pesantren (instagram/@pevpearce)

Pevita Pearce membangun pondok pesantren sebagai hadiah ulang tahun sang ibunda. Bintang film Sri Asih itu mengungkapkan bahwa hal ini untuk mewujudkan mimpi ibunya, mendirikan pondok pesantren. Banyak netizen yang memuji Pevita Pearce karena perhatiannya pada sang ibu, serta kedermawanan yang mengesankan.

6. Oki Setiana Dewi

Artis Bangun Pondok Pesantren (instagram/@okisetianadewi)

Oki Setiana Dewi dikenal luas sebagai ustazah yang aktif dalam kegiatan keagamaan. Jadi tidak begitu mengherankan jika kakak dari Ria Ricis ini memiliki pondok pesantren. Oki diketahui membangun sebuah pesantren bersama teman-temannya di Amerika Serikat. Oki juga membangun pesantren di Batam.

7. Azis Gagap

Artis Bangun Pondok Pesantren (instagram/@ajis_gagap22)

Azis Gagap memutuskan pensiun dari dunia hiburan dan tak pernah terlihat muncul di televisi. Komedian ini ternyata sibuk mengurus pondok pesantren yang dibangunnya. Pondok pesantren Azis Gagap diberi nama Ash-Habul Aziziyah, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti kebun, kolam ikan, hingga kandang ternak.

Itu dia deretan artis yang membangun pondok pesantren untuk bekal di akhirat nanti. Kedermawanan mereka jelas patut diacungi jempol. Setuju?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More