Ade Wismoyo Yuliani | MataMata.com
Perjalanan Karier Tukul Arwana. (Instagram/tukul.arwanaofficial)

Matamata.com - Viral di media sosial sebuah kabar yang menyebut bahwa presenter dan komedian senior Tukul Arwana meninggal dunia. Informasi tersebut bersumber dari kanal YouTube Artis Indo Hits Update.

Dalam Thumbnail unggahan YouTube tersebut, tertulis nama anak Tukul Arwana, Ega Prayudi mengucap selamat jalan. Adapun narasi tersebut berbunyi : Selamat Jalan Ayah, Selamat Jalan Mas Tukul Arwana.

Penjelasan:

Baca Juga:
Nova Eliza Protes Keras soal Pemberitaan Ganjar Pranowo Dapat Gelar Teuku: Apa Bapak Keturunan Bangsawan Aceh?

Berdasarkan hasil penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi dan gambar thumbnail YouTube tersebut rupanya menyampaikan informasi yang kurang tepat. Walaupun memasang foto Tukul Arwana sebagai thumbnail, serta menampilkan potret orang-orang yang menangis dalam suasana duka, isi dari video tersebut tidak sesuai dengan judul.

Terlebih, kata Innalillahi wa inna ilaihirojiun yang disandingkan dengan foto Tukul Arwana yang terbaring sakit membuat opini publik tergiring ke informasi palsu.

Hoaks Tukul Arwana meninggal dunia.

Faktanya, judul artikel, foto, dan narasi tersebut merupakan hasil editan. Berdasarkan penelusuran, judul dan thumbnail dari video tersebut tidaklah berkaitan dengan isi video. Tidak disebutkan bahwa Tukul Arwana telah meninggal dunia.

Baca Juga:
Mendadak Banyak yang Pengen Jadi Aurel Hermansyah: Hidup Adem Ga Direcokin Mertua dan Ipar

Isi dari video hanya menjelaskan riwayat sakit yang diderita Tukul Arwana serta ucapan doa dari keluarga dan rekan untuk kesembuhan Tukul. Bahkan, saat ini kondisi komedian tersebut sudah membaik menurut para rekan terdekatnya.

Dilansir dari beberapa media massa, kondisi Tukul Arwana saat ini sudah berangsur membaik dan bisa mengangkat tangannya. Hingga kini Tukul Arwana juga masih menjalani pengobatan fisioterapi. Kondisi terkini Tukul Arwana itu diungkap Vega Darwanti dan suaminya, Dema Sany Sanjaya.

Kesimpulan

Baca Juga:
Kiky Saputri Mendadak Curhat soal Keluarga: Capek Banget Berjuang Sendirian

Berdasarkan penelusuran tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa narasi yang disebarkan keliru. Informasi ini juga bisa dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan alias hoax.

Load More