Ade Wismoyo Ferry Noviandi | MataMata.com
Doddy Sudrajat dan Tiara Marleen ziarah (Instagram/@tiara_marleen1)

Matamata.com - Rencana Doddy Sudrajat untuk memindahkan makam mendiang anaknya, Vanessa Angel ternyata masih membara. Saat ini Doddy Sudrajat justru semakin optimis karena ia mengklaim jika sang pemilik wakaf makam tempat Vanessa dikubur, telah mengizinkannya memindahkan makam sang putri.

Sebelumnya, Doddy Sudrajat bersama tim pengacara mengujungi kediaman pemilik wakaf Taman Makam Islam Malaka, Haji Sukri. Dari pertemuan dengan Haji Sukri tersebut, hasilnya sangat positif untuk Doddy.

"Tadi saya sampaikan kedatangan kami untuk silaturahmi dengan beliau karena Pak Doddy juga belum bertemu, beliau juga ingin betemu, karena selama ini cuma lihat di tv," kata Djamaludin Koedoeboen bersama Doddy Sudrajat di Jakarta, baru-baru ini.

Baca Juga:
Gary Iskak Kembali Ditangkap Kasus Narkoba, Ini Profilnya

Prosesi pemakaman Vanessa Angel dan Suaminya, Bibi Ardiansyah. [MataMata.com/Alfian Winanto]

Dari pertemuan dengan Haji Sukri, Doddy Sudrajat mendapat angin segar. Menurut Doddy dan Djamaludin, Haji Sukri tidak melarang atau menganjurkan pemindahan makam. Ia memperbolehkan asal pemindahan tesebut sudah sesuai dengan ketentuan.

"Komunikasi kami hangat sekali, baik, beliau orangtua, kasih nasihat. Intinya beliau tidak pernah melarang untuk pemindahan makam, beliau juga tidak pernah menyuruh untuk pemindahan makam," ujar Djamaludin.

"Tapi beliau tahu yang punya hak atas mayat itu Pak Doddy, beliau hanya berpesan, Pak Doddy, Pak Djamal dan tim, sebelum makam ini dipindahkan, sekiranya administarsi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Itu saja yang beliau minta. Selebihnya tidak minta apa-apa, jaga keamanan, kedamaian, sehingga berjalan lancar sesuai keinginan Pak Doddy dan keluarga. Itu saja yang disampaikan Haji Sukri," kata Djamaludin melanjutkan.

Baca Juga:
Anak Ernest Prakasa yang Baru Kelas 6 SD Dimaki Teman, Cara Membalasnya Bikin Kagum

Soal peraturan pemindahan makam baru boleh dilakukan setelah jenazah tiga tahun dikubur, Doddy Sudrajat dan pengacara mencoba meluruskan. Menurutnya, syarat itu hanya untuk makam yang dikelola oleh Pemda. Sementara Taman Makam Islam Malaka adalah makam wakaf dan aturan itu tidak berlaku.

"(Soal menunggu tiga tahun) Enggak juga, insya Allah dalam waktu dekat. Kita juga enggak mungkin lah sudah menyampaikan dalam wkatu dekat, terus nunggu tiga tahun," imbuh Djamaludin.

"Yang berkaitan dengan peraturan daerah itu adalah tempat pemakaman umum. Maksudnya tempat pemakaman umum yang memang berada di bawah naungan Pemda. Tapi kalau yang di luar daripada itu, ya tergantung daripada yang si pemilik lahan," ucap Djamaludin.

Baca Juga:
7 Artis Jadi Pasangan Nicholas Saputra di Film, Terbaru Ariel Tatum

Doddy Sudrajat mengaku sangat senang dengan kabar bahagia ini. Ia pun meminta doa agar rencana pemakaman ini bisa terlaksana dan berjalan dengan lancar.

"Makin ke sini makin ada titik terang, ada yang bantu. Ibu Paulina yang tadinya ada di pihak Haji Faisal sekarang membantu pengurusan pemindahan makam, itu benar-benar titik terang," kata Doddy Sudrajat.

Doddy Sudrajat pun mencoba meluruskan, tekadnya memindahkan makam sang putri bukan untuk dirinya atau keluarga, tapi sekadar menjalankan amanah dari Vanessa Angel.

Baca Juga:
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Klarifikasi Isu Selingkuh dengan Mimi Bayuh, Singgung soal Jet Pribadi

"Karena bukan apa-apa, pemindahan makam ini bukan keinginan Daddy (sapaan Doddy Sudrajat) atau keluarga, tapi keinginan almarhumah. Itu adalah wasiat almarhumah saat hidup. Jadi kalau nanti sudah benar-benar dipindah ke makam istri Daddy atau makam ibunya Vanessa, aduh sudah tenang banget," tutur Doddy Sudrajat.

"Sudah lega lah Daddy. Amanahnya sudah dijalankan. Doain saja teman-teman, moga-moga ini berjalan lancar, tidak ada huru-hara, karana ini hak mutlak Daddy dan keluarga, tapi tidak melanggar aturan," ucap Doddy Sudrajat.

Load More