Nur Khotimah | MataMata.com
Artis jago bahasa daerah (Instagram/@ferdinan_sule)

Matamata.com - Kepiawaian berbahasa daerah blak-blakan ditunjukkan sejumlah artis Tanah Air. Mereka tidak malu menunjukkan asal daerah dengan masih berbicara menggunakan logat khas.

Namun siapa sangka, ada juga artis yang jago bahasa asal daerah yang bukan dari tanah kelahirannya. Siapa itu? Simak ulasan artis jago bahasa daerah berikut ini.

1. Sule

Baca Juga:
Pedas, Indra Bekti Terang-terangan Sindir Seleb Dadakan yang Eksis di TV: Gak Kompeten

Artis jago bahasa daerah (Instagram/@ferdinan_sule)

Sule telah dikenal sebagai komedian sekaligus presenter ternama. Kendati begitu, bahasa Sunda masih tetap digunakan Sule dalam berbagai kesempatan tampil di layar kaca maupun YouTube. Logat Sunda Sule yang khas juga tak jarang mengundang tawa.

2. Melly Goeslaw

Artis jago bahasa daerah (Instagram/@melly_goeslaw)

Kebiasaan berbicara bahasa Sunda pun masih melekat dalam diri penyanyi sekaligus pencipta lagu, Melly Goeslaw. Melalui media sosial, Melly terkadang juga menulis caption bahasa Sunda untuk lebih dekat kepada para penggemar. Meski tak semua mengerti, tetapi penggemar bisa pelan-pelan belajar bahasa Sunda darinya.

Baca Juga:
Tiara Marleen Ngaku Masih Saudara Ridwan Kamil, Gimana Silsilahnya?

3. Kartika Putri

Artis jago bahasa daerah (Instagram/@kartikaputriworld)

Sebelum menikah dan hijrah, Kartika Putri dikenal sebagai presenter yang suka berbicara bahasa Ngapak atau Jawa Banyumasan. Namun siapa sangka, Kartika Putri ternyata asli Palembang. Tampak sangat fasih, Kartika Putri ternyata belajar logat Tegal tersebut dari asisten rumah tangganya saat diminta berperan sebagai gadis Jawa. Bahasa Ngapak lantas menjadi ciri khasnya di dunia hiburan.

4. Desy Genoveva eks JKT48

Baca Juga:
Deddy Corbuzier Sentil Rara Pawang Hujan soal Almarhum Eril: Haduh, Kok Absurd

Artis jago bahasa daerah (Instagram/@desygenoveva_)

Desy Genoveva juga fasih berbahasa Ngapak. Desy eks JKT48 yang memang berasal dari Cilacap, Jawa Tengah, tak malu berbahasa Ngapak meski bergabung di grup JKT48. Ia justru mengajari penggemar dan membuat konten bahasa Ngapak di TikTok.

5. Soimah

Artis jago bahasa daerah (Instagram/@showimah)

Logat Jawa juga telah menjadi ciri khas Soimah. Sebelum namanya besar di dunia hiburan Tanah Air, Soimah adalah seorang pesinden. Kini pilihannya dalam melestarikan budaya dan bahasa Jawa justru membuatnya punya ciri khas di dunia hiburan Tanah Air.

Baca Juga:
Akui Nyaman dan PD dengan Penampilan Sekarang, Rachel Vennya Disentil Netizen

6. Judika

Artis jago bahasa daerah (Instagram/@jud1ka)

Sedangkan Judika amat bangga dengan bahasa Batak yang telah menjadi bahasa sehari-harinya selama puluhan tahun. Oleh sebab itu, Judika yang telah menjadi penyanyi Nasional juga sempat merilis lagu berbahasa Batak.

7. Arie Kriting

Artis jago bahasa daerah (Instagram/@arie_kriting)

Berasal dari Indonesia Timur membuat Arie Kriting memiliki ciri khas tersendiri. Menurut suami Indah Permatasari tersebut, Indonesia Timur kaya akan bahasa. Sebagai komika yang merambah ke dunia akting, Arie Kriting lihai menggunakan beberapa logat, seperti Papua, Flores, Makassar, atau Kendari tanah kelahirannya. Meski mirip, tentu ada perbedaan dari logat 3 daerah di Indonesia Timur tersebut.

Itu dia sederet artis jago bahasa daerah. Ada artis favoritmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More