Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Bob Tutupoly [Instagram/sashatutupoly]

Matamata.com - Penyanyi dan aktor senior Bob Tutupoly tutup usia pada Selasa (5/7/2022). Bob dikenal sebagai salah satu penyanyi yang sangat hits pada masanya.

Nama Bob Tutupoly dikenal luas oleh masyarakat setelah membawakan lagu Widuri ciptaan Slamet Adriyadi. Seperti apa sosoknya semasa hidup? Simak profil Bob Tutupoly berikut.

Profil Bob Tutupoly

Baca Juga:
Bob Tutupoly Sempat Butuh Transfusi Darah Sebelum Meninggal Dunia

Profil Bob Tutupoly (Suara.com)

Bob Tutupoly lahir dengan nama Bobby Willem Tutupoly pada 13 November 1939 di Surabaya, Jawa Timur. Penyanyi senior ini menghembuskan napas terakhirnya pada 5 Juli 2022 di usia 82 tahun.

Bob Tutupoly lahir dari pasangan Adolf Laurens Tutupoly dan Elisabeth Wilhelmina Henket-Sahusilawane. Ayahnya adalah pemain suling, sementara sang ibunda merupakan penyanyi yang aktif di gereja.

Bob Tutupoly bersekolah di SD Pasar Turi, SMP Kristen Embong Wungu dan SMA Katolik St. Louis, Surabaya. Dia sempat mengambil studi di Perguruan Tinggi Ekonomi Surabaya (sekarang Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga) dan Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung, tetapi tidak dilanjutkan.

Baca Juga:
Musisi Senior Bob Tutupoly Meninggal Dunia, Addie MS hingga Adib Hidayat Berduka

Perjalanan Karier Bob Tutupoly

Profil Bob Tutupoly (instagram/sashatutupoly)

Bob Tutupoly sudah menggeluti dunia tarik suara sejak duduk di bangku SMA. Bob diajak Didi Pattirane untuk bergabung dalam Kwartet Jazz di RRI Surabaya. Karier musiknya pun dimulai sejak saat itu.

Sempat kerja di Amerika Serikat, Bob Tutupoly kembali ke Indonesia pada tahun 1976. Dia kemudian merekam lagu Widuri ciptaan Slamet Aryadi yang sukses melambungkan namanya. Lagu tersebut bahkan masih sering didengarkan hingga saat ini.

Baca Juga:
Kabar Duka, Bob Tutupoly Meninggal Dunia

Selain aktif di dunia tarik suara, Bob Tutupoly juga mencoba akting. Bob membintangi beberapa judul film seperti Gli Innamorati Della Becak atau Kisah Cinta si Tukang Becak (1958), Penasaran (1977), dan Sebelah Mata (2008).

Di luar kariernya sebagai penyanyi dan aktor, Bob Tutupoly juga sering menjadi duta budaya. Tugasnya adalah membawa kesenian Indonesia di pentas Asia bahkan internasional.

Meninggal Dunia di Usia 82

Baca Juga:
Keluarga Tegas Klarifikasi Kabar Bob Tutupoly Meninggal Dunia: Itu Hoaks!

Bob Tutupoly (kanan). [Instagram/sashatutupoly]

Kabar meninggalnya Bob Tutupoly diketahui dari unggahan sejumlah musisi dan tokoh politik Tanah Air. Bob dikabarkan menghembuskan napas terakhirnya di RS Mayapada, pukul 00:00 WIB di usia 82 tahun.

Jenazah Bob Tutupoly saat masih disemayamkan di rumah duka RS Siloam. Belum ada info lebih lanjut mengenai pemakaman pelantun hits Widuri tersebut.

Kondisi kesehatan Bob Tutupoly memang menurun dalam beberapa bulan terakhir. Bob sempat dirawat intensif di salah satu rumah sakit dan sempat dikabarkan meninggal pada Mei 2022.

Selamat jalan Bob Tutupoly.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More