Yohanes Endra | MataMata.com
Artis yang Gemar Pakai Kebaya. (Instagram/putrimarino/chelseaislan)

Matamata.com - Kebaya merupakan salah satu busana tradisional yang dimiliki oleh Indonesia. Ada banyak macam kebaya dari seluruh penjuru tanah air. Kebaya juga menjadi busana wajib dalam acara-acara resmi, mulai dari pernikahan sampai acara kenegaraan.

Terkini, kebaya tengah diajukan sebagai warisan budaya dunia tak benda dari Indonesia ke UNESCO. Dian Sastrowardoyo adalah artis papan atas yang vokal menyuarakan dukungan atas pengajuan tersebut. Lewat salah satu unggahannya, ia mengajak masyarakat mendukung gerakan dukungan atas upaya pelestarian kebaya.

Gerakan ini berupa ajakan berfoto dengan kebaya dan diunggah di website tradisikebaya.id. Gerakan ini akan berlangsung sejak 9 Agustus hingga 9 Desember mendatang. Selain Dian Sastrowardoyo, sejumlah artis lain juga cukup sering memakai kebaya. Mereka berhasil menunjukkan pesona anggun dan ayu dalam balutan kebaya yang dipakai.

Baca Juga:
Dian Sastro Pakai Kebaya Rp 55 Ribu, Jeje Slebew Jalan Tanpa Kawalan

Tidak semua artis secara terang-terang mengajak masyarakat untuk melestarikan kebaya seperti yang dilakukan Dian Sastrowardoyo. Namun, dengan mengungkap rasa bangga ketika mengenakan kebaya sudah menunjukkan dukungan mereka pada kelestarian budaya. Apalagi sebagai artis, banyak kebiasaan mereka yang ditiru oleh penggemar termasuk dengan memakai kebaya.

Berikut adalah sederet artis gemar pakai kebaya yang sudah MataMata.com himpun dari berbagai sumber.

1. Dian Sastrowardoyo

Baca Juga:
Dian Sastro Tampil Anggun Pakai Kebaya Rp 55 Ribu: Tidak Ada Alasan Menguras Dompet

Artis yang Gemar Pakai Kebaya. (Instagram/therealdisastr)

Dalam beberapa hari terakhir, Dian Sastrowardoyo tengah rajin memposting foto dengan mengenakan kebaya. Bermacam model dan warna kebaya ia pakai dalam berbagai acara yang dihadirinya. Langkah ini dilakukan olehnya untuk mengajak masyarakat ikut melestarikan budaya bangsa agar bisa diakui dunia. Salah satu kebaya yang dipakai oleh pemain film Netflix Gadis Kretek ini adalah kebaya warna hitam dengan selendang hijau.

2. Maudy Ayunda

Artis yang Gemar Pakai Kebaya. (Instagram/maudyayunda)

Artis cantik yang ditunjuk jadi juru bicara Presidensi G20, Maudy Ayunda belum lama ini mengunggah potretnya dengan kebaya saat hadir di Istana Negara. Maudy tampil anggun dengan kebaya putih yang dipadukan dengan kain batik warna cokelat. Alih-alih pakai heels, istri Jesse Choi memilih memakai sneakers. OOTD-nya menghadirkan tren baru bahwa kebaya juga bisa menjadi outfit dengan look young and trendy.

Baca Juga:
9 Potret Dita SECRET NUMBER Sambut Presiden Jokowi di Korea Selatan, Ayu Pakai Kebaya

3. Ashanty

Artis yang Gemar Pakai Kebaya. (Instagram/ashanty_ash)

Tengah berada di Amerika untuk mendampingi Arsy berlomba, Ashanty dengan bangga mengenakan kebaya merah putih. Ibu empat orang anak ini tampil sangat anggun dengan kebaya model kutu baru yang dipadukan dengan kain batik corak warna hijau, putih, dan merah. Gayanya yang anggun persis seperti seorang putri.

4. Putri Marino

Baca Juga:
9 Gaya Kondangan Prilly Latuconsina, Anggun Maksimal dengan Dress dan Kebaya

Artis yang Gemar Pakai Kebaya. (Instagram/putrimarino)

Lawan main Dian Sastro dalam film Gadis Kretek, Putri Marino juga menjadi salah satu artis yang gemar memakai kebaya. Berbeda dengan artis sebelumnya yang memakai kebaya berbahan brokat, Putri Marino memilih memakai kebaya dengan bahan katun. Kebaya warna biru yang dipakai Putri Marino merupakan jenis kebaya yang sering dipakai dalam keseharian perempuan Indonesia sebelum modernitas merambah pelosok negeri.

5. Chelsea Islan

Artis yang Gemar Pakai Kebaya. (Instagram/chelseaislan)

Selanjutnya ada Chelsea Islan yang tampil cantik menawan dalam balutan kebaya modern warna navy. Seiring perkembangan zaman, ada banyak model kebaya tak hanya sebatas pada mode kutu baru saja. Chelsea Islan mengenakan kebaya dan kain batik putih dengan corak warna cokelat ini dalam rangka perayaan Hari Batik Nasional.

6. Ariel Tatum

Artis yang Gemar Pakai Kebaya. (Instagram/arieltatum)

Pemeran film Sayap-Sayap Patah, Ariel Tatum pun pernah mengungkapkan rasa bangga dan cinta pada kebaya yang ia kenakan. Kebaya warna putih rancangan Didiet Maulana ini ia kenakan di hari ulang tahunnya beberapa waktu lalu. Kebaya yang dirancang khusus untuknya menyatu dalam dirinya hingga mampu memancarkan pesona ayunya yang sangat memukau.

Sederet artis yang gemar pakai kebaya tadi menunjukkan salah satu bukti cinta mereka pada warisan budaya Indonesia. Mari dukung dan ikuti semangat mereka dalam melestarikan kebaya sebagai warisan budaya tak benda agar bisa diterima UNESCO. Kalau kamu, apa jenis kebaya favoritmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More