Ade Wismoyo | MataMata.com
Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@meisya__siregar)

Matamata.com - Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi apabila mampu. Seseorang yang sudah melaksanakan Haji biasanya bergelar 'Pak Haji' untuk laki-laki dan 'Bu Hajah' untuk perempuan.

Setelah pandemi Covid-19 mulai mereda, pemerintah Arab Saudi mulai kembali memperbolehkan umat muslim berkunjung ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah Haji. Begitu pun para artis Tanah Air yang berbondong-bondong melaksanakan ibadah Haji maupun umrah tahun 2022 ini.

Namun ada pula yang sudah menjadi Hajah sejak lama. Simak potret artis yang sudah jadi hajah berikut ini, ternyata tak semuanya tampil berhijab lho!

Baca Juga:
Rafathar Ingin Nagita Slavina Hamil Lagi, Alasannya Tak Terduga Bikin Terharu: Kasihan Yah

1. Tasya Kamila

Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@tasyakamila)

Tasya Kamila sudah menjadi Hajah di usia 16 tahun. Tasya Kamila menunaikan ibadah haji pada 2003 silam.

2. Ussy Sulistiawaty

Baca Juga:
Indonesia Bangga! Arsy Hermansyah Raih 14 Penghargaan dari Anjang Pencarian Bakat di Amerika

Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@ussypratama)

Ussy Sulistiawaty pun menunaikan ibadah haji sebelum menikah dengan Andhika Pratama. Ussy menjadi Hajah di usia yang terbilang muda, yakni 24 tahun.

3. Inul Daratista

Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@inul.d)

Sedangkan Inul Daratista menunaikan ibadah Haji pada 2008 silam. Kala itu, Inul yang sudah menikah dengan Adam Suseno belum genap berusia 30 tahun.

Baca Juga:
Ririn Dwi Ariyanti Dihujat saat Bikin Konten dengan Tsania Marwa, Imbas Rumor Selingkuh dengan Jonathan Frizzy?

4. Rossa

Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@itsrossa910)

Sepulang dari Haji pada 2012 silam, Rossa sempat tampil berhijab. Namun Rossa kemudian kembali ke penampilan tanpa hijab hingga sekarang.

5. Nagita Slavina

Baca Juga:
Berita Duka, Ayahanda Gitaris Dewa 19 Meningga Dunia karena Kecelakaan di Tol

Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@raffinagita1717)

Tak banyak yang tahu apabila Nagita Slavina sudah bergelar Hajah. Fakta tersebut diketahui saat Andre Taulany memanggil Nagita dengan sebutan 'Hajah' pada 2020. Namun istri Raffi Ahmad tersebut buru-buru menolak panggilan itu seolah tak ingin banyak orang yang tahu dirinya sudah pergi Haji.

6. Nia Ramadhani

Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@ramadhaniabakrie)

Nia Ramadhani menunaikan ibadah Haji bareng suami pada 2018. Penampilan Nia Ramadhani yang selalu seksi membuat netizen kerap terlihat mengingatkan status Hajah tersebut.

7. Kartika Putri

Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@kartikaputriworld)

Kartika Putri juga menunaikan ibadah Haji bersama suami. Sejak menikah dengan Habib Usman bin Yahya, penampilan seksi Kartika Putri pun telah berubah menjadi sangat tertutup sesuai syariat Islam.

8. Shandy Purnamasari

Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@shandypurnamasari)

Tahun 2022 ini, Shandy Purnamasari berkesempatan naik haji bareng suami. Namun sepulang dari Haji, rumah tangga Shandy berada di ujung tanduk. Belum ada klarifikasi lebih lanjut selain pernyataan Shandy yang mengaku sudah berpisah dari sang suami meski postingannya juga telah dihapus.

9. Meisya Siregar

Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@meisya__siregar)

Meisya Siregar juga menunaikan ibadah Haji bareng Bebi Romeo tahun 2022 ini. Sebelum menjadi Hajah, Meisya diketahui sudah tampil berhijab.

10. Shireen Sungkar

Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@shireensungkar)

Shireen Sungkar berkesempatan naik Haji bareng sang suami, Teuku Wisnu, yang sebenarnya sudah menunaikan rukun Islam tersebut pada 2016. Namun bagi Shireen Sungkar, naik Haji tahun 2022 ini adalah yang pertama.

11. Ratna Galih

Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@ratnagalih)

Ratna Galih juga menunaikan ibadah Haji tahun 2022 ini. Setelah pandemi Covid-19, banyak artis maupun umat muslim yang tak ingin melewatkan kesempatan berkunjung ke Tanah Suci ya!

12. Oki Setiana Dewi

Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@okisetianadewi)

Oki Setiana Dewi yang mengawali karier sebagai aktris menjadi Hajah pada 2017. Belakangan kakak Ria Ricis tersebut mendapatkan gelar 'Ustazah' karena aktif berdakwah.

13. Inneke Koesherawati

Potret Artis yang Sudah Jadi Hajah (Instagram/@inekekoes)

Inneke Koesherawati dulunya dikenal sebagai model dan pemain film panas. Namun pada 2001, Inneke mantap berhijab. Ia juga telah menunaikan ibadah Haji sebanyak dua kali, yakni pada 2002 dan 2006. Belakangan ini, Inneke jarang membagikan potretnya sendiri meski masih aktif di media sosial. Instagram miliknya pun lebih banyak berisi dakwah dan foto anak-anak.

Itu dia sederet potret artis yang sudah jadi Hajah. Adakah artis yang baru kalian tahu sudah naik Haji? Tulis di kolom komentar ya!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More