Nur Khotimah | MataMata.com
Irfan Hakim. (MataMata.com/Alfian Winanto)

Matamata.com - Irfan Hakim memilih untuk tak terlalu mengejar materi ketika bekerja. Bahkan, Irfan Hakim mengaku tak tahu honor yang diterima dari pekerjaan yang dijalaninya.

Bagi Irfan Hakim, uang merupakan bonus yang didapat dari pekerjaannya. Namun itu bukanlah hal utama yang menjadi fokus presenter berdarah Sunda tersebut setiap kali menerima pekerjaan.

"Gue kerja bukan mengejar uang. Uang itu kayak efek berikutnya, alhamdulillah. Kadang-kadang gue nggak tahu honor gue berapa," ungkap Irfan Hakim di kawasan Pejaten, Jakarta pada 29 Agustus 2022.

Baca Juga:
11 Potret Aurra Kharishma Sebelum dan Sesudah Oplas, Sebut Tak Menyesali Keputusannya

 Irfan Hakim. (Instagram/irfanhakim75)

Irfan Hakim kemudian menjelaskan alasan tidak selalu memikirkan besaran honor dalam bekerja. Pertama, ia ingin tetap ikhlas mencari nafkah sebagai bagian dari ibadah.

"Itu untuk menjaga keikhlasan gue dalam bekerja," tutur Irfan Hakim.

Kedua, Irfan Hakim senang bila dirinya bisa bermanfaat bagi orang lain. Sehingga ia tak terlalu mementingkan besaran honor yang didapat.

Baca Juga:
Sudah Panggil 'Umi Abi' meski Baru Pacaran dengan Baila Fauri, Begini Klarifikasi Devano Danendra

Acara TV milik Raffi Ahmad dan Irfan Hakim. (Instagram/@fyp_trans7)

"Tujuan utama gue buat bisa bermanfaat kepada banyak orang," kata Irfan Hakim.

Ketiga, Irfan Hakim sadar bahwa banyak kewajiban yang harus ia penuhi di rumah. Sang presenter merasa baru bisa menunaikan hal itu dengan menerima tawaran kerja sebanyak-banyaknya tanpa harus memikirkan honor. 

"Jadi misal pas gue agak lemas, gue langsung ingat makhluk-makhluk yang harus gue bahagiakan. Kan bukan cuma keluarga sama karyawan gue, tapi binatang sama tumbuhan, juga," terang Irfan Hakim.

Baca Juga:
Gus Samsudin Tantang ONIC Kayes Sleep Call, Netizen Auto Julid: Centil Banget

"Jadi ya sudah, kerja saja. Honornya berapa, itu terserah, urusan manajemen. Kerja yang benar, itu urusan gue," sambung lelaki 46 tahun.

Selain Irfan Hakim, Raffi Ahmad juga termasuk salah satu selebriti yang tidak tahu soal honor pekerjaannya. Hal tersebut disampaikan oleh Raffi Ahmad di kanal YouTube Armand Maulana.

Selain dikelola manajemen, Raffi Ahmad juga lebih memilih untuk menyerahkan semua uang honor kerja kepada sang ibu, Amy Qanita. (Adiyoga Priyambodo)

Baca Juga:
Pakar Ungkap Ekspresi Ferdy Sambo yang Pede saat Rekonstruksi, Sedih tapi Tak Mendalam

Load More