Yohanes Endra Ferry Noviandi | MataMata.com
Keisya Levronka. (Instagram/keisyalevronka)

Matamata.com - Keisya Levronka  kembali dihujat netizen lantaran kesulitan menggapai nada tinggi saat menyanyikan lagunya sendiri, "Tak Ingin Usai" di sebuah acara musik di Malaysia. Gara-gara itu, Keisya pun kembali panen hujutan, tidak saja warganet dari Indonesia, tapi juga Malaysia.

Polemik kegagalan Keisya ini pun menjadi perhatian serius bagi penyanyi sekaligus pelatih vokal Doddy Katamsi. Menurut mantan vokalis band Elpamas ini, Keisya Levronka hanya salah teknis saat menyanyikan lagu tersebut.

Baca Juga:
Keisya Levronka Curhat Lagi usai Digunjing Netizen Malaysia: Nanti Ada Sakit Hati 3.0 Nggak?

Doddy Katamsi menjelaskan lebih jauh soal otot diafragma. Menurutnya, otot tersebut ada di balik tulang rusuk serta menempel di bawah paru-paru.

"Untuk bernyanyi, kita pakai cara pernapasan diafragma. Menodong suara memakai otot diafragma, leher tidak boleh membantu mendorong suara," kata Doddy Katamsi, yang juga menjadi guru vokal sejumlah penyanyi terkenal.

Doddy Katamsi. (Instagram/doddykatamsi)

Doddy Katamsi menilai, Keisya Levronka punya kualitas vokal yang cukup baik. "Cuma di lagu yang satu ini kok mendadak dia nyanyi jadi ngotot pakai leher, sehingga berat dan susah di nada-nada tinggi," tutur Doddy Katamsi.

Baca Juga:
Keisya Levronka Kena Nyinyir Netizen Malaysia di AIM23, Netizen Indonesia: Nantikan Tweet Sakit Hati

Doddy Katamsi pun mengaku siap membantu memperbaiki teknik bernyanyi Keisya Levronka. Malah menurutnya, hal itu bukan sebuah hal yang sulit.

"Suruh latihan sama aku, sekali pertemuan juga langsung beres. Harus ketemu saya langsung supaya bisa saya analisa," ucap Doddy Katamsi.

Baca Juga:
Krisdayanti Kewalahan Nyanyi Lagu Tak Ingin Usai, Akui Kehebatan Keisya Levronka

Load More