Ade Wismoyo | MataMata.com
Profil Rizky Billar (instagram/@rizkybillar)

Matamata.com - Buntut dugaan KDRT yang dilakukan oleh Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora membuatnya dilarang tampil di televisi. Hal ini lantaran pihak KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) melarang pelaku tindak kekerasan untuk muncul di televisi.

Billar bukan satu-satunya artis yang dilarang tampil di televisi. Tak hanya artis Indonesia, artis Korea Selatan bernasib sama. Mereka dilarang muncul di layar kaca setelah skandal yang menyeret namanya.

Siapa saja mereka? Dirangkum MataMata.com dari berbagai sumber, intip sederet artis dilarang tampil di televisi usai kontroversi berikut.

Baca Juga:
Reza Arap Keciduk Nangis di Podcast Deddy Corbuzier, Netizen: Air Mata Buaya

1. Rizky Billar

Artis Dilarang tampil di TV usai Kontroversi. (Instagram/rizkybillar)

Lesti Kejora melaporkan Rizky Billar ke polisi usai atas tuduhan melakukan KDRT. Saat ini Lesti masih berada di rumah sakit untuk mendapat perawatan. Menyusul kasus KDRT yang menimpa Lesti, KPI segera mengimbau agar stasiun televisi dan radio untuk tidak menampilkan pelaku kekerasan. Jika Billar terbukti melakukan KDRT maka dipastikan kariernya akan redup hingga hancur karena tak bisa muncul lagi di televisi.

2. Saipul Jamil

Baca Juga:
Denise Chariesta Kena 'Pukulan' Telak soal Perselingkuhan: Dipertahankan karena 'Enak' Bukan karena Berkualitas

Artis Dilarang tampil di TV usai Kontroversi. (Instagram/saipuljamilreal)

Pernah dipenjara karena melakukan pelecehan seksual, Saipul Jamil sempat berharap bisa membangun kariernya lagi. Ia bahkan disambut meriah ketika bebas. Sayangnya penyambutan berlebihan yang diterima Bang Ipul membuat netizen gerah. Akhirnya ia diboikot dari berbagai stasiun televisi. Sampai saat ini, Saipul Jamil belum muncul lagi di televisi.

3. Nikita Mirzani 

Artis Dilarang tampil di TV usai Kontroversi. (Instagram/nikitamirzanimawardi_172)

Kontroversi dan skandal sangat dekat dengan sosok Nikita Mirzani. Akibatnya banyak yang meminta agar Nikita tak muncul di tv. Alih-alih mengakui dirinya diboikot, Nikita justru menyebut jika dirinyalah yang memboikot stasiun televisi.

Baca Juga:
Nathalie Holscher Tanggapi Kabar 'Diincar' Pengusaha Tajir: yang Penting Kerja Keras, Nggak Malas

4. Gofar Hilman

Artis Dilarang tampil di TV usai Kontroversi. (Instagram/pergijauh)

Sama seperti Saipul Jamil, Gofar Hilman terseret kasus pelecehan seksual pada Februari 2022. Di tengah perjalanan kasus tersebut, korban secara mendadak meminta maaf dan mengaku bahwa kasus itu tidak benar adanya. Meski demikian, Gofar sudah kehilangan banyak pekerjaan dan merugi. Di sisi lain, masyarakat masih yakin bahwa Gofar adalah pelaku kejahatan seksual. Mereka memboikot Gofar agar tak muncul lagi di layar kaca.

5. Jisoo

Baca Juga:
Usai Dugaan KDRT, Rizky Billar Dipecat Indosiar: Otw Cari Loker!

Artis Dilarang tampil di TV usai Kontroversi. (Instagram/actor_jisoo).

Cancel culture di Korea Selatan begitu ketat hingga banyak artis yang tak bisa membangun karier usia kena skandal. Hal ini dialami oleh Jisoo atau Kim Ji Soo yang harus mengucapkan selamat tinggal pada kariernya usai skandal bullying yang dilakukannya terbongkar. Hal itu terjadi pada tahun 2021 ketika ia sedang bermain dalam drama River Where the Moon Rises. Padahal Jisoo adalah cowok sad boy kesayangan pecinta kdrama sebelum kontroversi itu mencuat.

6. Jung Joon Young

Artis Dilarang tampil di TV usai Kontroversi. (soompi.com)

Skandal yang dilakukan oleh Jung Joon Young begitu besar hingga jadi sorotan dunia. Ia telah ditangkap atas kekerasan seksual pada beberapa wanita. Tak hanya itu, ia menyebarkan video syur dirinya dan rekan wanitanya tanpa persetujuan korban. Sangat kecil kemungkinan baginya untuk bisa kembali berkarier.

7. Choi Jong Hoon

Artis Dilarang tampil di TV usai Kontroversi. (soompi.com)

Berada di satu grup chat dengan Jung Joon Young, Choi Jong Hoon yang merupakan mantan anggota F.T. Island harus berurusan dengan hukum. Ia divonis atas kekerasan seksual, produksi, serta distribusi dari video porno secara ilegal.

8. Lee Kyung Young

Artis Dilarang tampil di TV usai Kontroversi. (soompi.com)

Kasus prostitusi di bawah umur yang dilakukan oleh Lee Kyung Young membuatnya dipenjara 10 bulan dengan masa percobaan selama 2 tahun. MBC sempat memboikotnya namun pada 2014 larangan kemunculannya di MBC dicabut. Hal senada dilakukan SBS pada 2019. Sementara KBS dan EBS masih memboikot Lee Kyung Young dan melarangnya muncul dalam stasiun mereka.

9. Masahiro Higashide

Artis Dilarang tampil di TV usai Kontroversi. (Instagram/m_higashide)

Kali ini artis yang dilarang tampil di televisi berasal dari Jepang. Adalah Masahiro Higashide yang dipecat dari agensi dan diboikot dari stasiun televisi. Hal ini terjadi usai ia kepergok berselingkuh di belakang istrinya Anne Watanabe. Perselingkuhan Masahiro terjadi saat Anne tengah mengandung anak ketiganya. 

Itu tadi beberapa artis yang dilarang tampil di televisi. Lee Kyung Young menjadi salah satu pengecualian karena setelah beberapa tahun, akhirnya ia bisa kembali memulai kariernya. Menurutmu bagaimana dengan artis lain, masih bisakah kembali memulai kariernya usai kontroversi yang menjerat mereka?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More