Yohanes Endra Ismail | MataMata.com
potret Prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Instagram/erinagudono)

Matamata.com - Setiap detail persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono masih terus disorot publik. Terkini, lokasi resepsi pernikahan Kaesang dan Erina jadi omongan.

Kabar yang beredar, Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi bakal menikah dengan Erina S. di Gudono Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Lokasi acara tempat Kaesang dan Erina menggelar pernikahan bukan lokasi sembarangan. Pasalnya tempat tersebut merupakan cagar budaya yang didirikan oleh didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) II, kemudian dilanjutkan pembangunannya oleh Sri Sultan HB V sebelum disempurnakan Sri Sultan HB VII.

Baca Juga:
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Pakai Semua Baju Adat untuk Prewed?

Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo terletak di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta yang merupakan salah satu dari empat Hotel Heritage di Indonesia yang tetap mempertahankan nilai sejarah.

Seperti apa fakta lokasi resepsi pernikahan Kaesang dan Erina? Berikut ulasannya.

1. Royal Ambarrukmo Yogyakarta menghidupkan kembali suasana pendopo dengan mengadakan kegiatan yang dikemas dalam bentuk Pendopo Activity. seperti tari kreasi jawa, suling bambu, siteran, jemparingan, Macapat dan kelas biola yang diadakan di kompleks Pesanggrahan khususnya Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo.

Baca Juga:
Pakai Kereta Kencana, Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina Berkonsep Mataram Islam

Fakta Pendopo Ambarrukmo (Instagram/@royalambarrukmo)

2. Seringkali pula tempat ini dijadikan tempat untuk digunakan upacara tradisional adat Jawa, seperti pernikahan, siraman, dan sebagainya.

Fakta Pendopo Ambarrukmo (Instagram/@royalambarrukmo)

3. Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep bakal menggelar pernikahan Erina S. Gudono pada 10 Desember 2022. Rencananya akad pernikahan mereka bakal dilaksanakan di Pura Mangkunegaran Solo lalu. Sedangkan resepsi pernikahan mereka bakal dilaksanakan di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo Yogyakarta. Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo terletak di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta yang merupakan salah satu dari empat Hotel Heritage di Indonesia yang tetap mempertahankan nilai sejarah.

Fakta Pendopo Ambarrukmo (Instagram/@royalambarrukmo)

4. Pendopo Agung Ambarrukmo merupakan bangunan yang didirikan sejak tahun 1857, dan terakhir beralih fungsi sebagai Pesanggrahan pada tahun 1897. Pendopo Agung Ambarrukmo dahulu berfungsi sebagai tempat istirahat dan tempat menerima tamu kehormatan.

Baca Juga:
7 Anak Pejabat Menikah di 2022, Terbaru Kaesang Pangarep

Fakta Pendopo Ambarrukmo (Instagram/@royalambarrukmo)

5. Pendopo Agung Ambarrukmo memiliki 36 tiang dengan 3 jenis konstruksi yang berbeda-beda. 3 jenis kontruksi tersebut adalah Saka Guru, Penanggap, dan Penitih.

Fakta Pendopo Ambarrukmo (Instagram/@royalambarrukmo)

6. Nama Ambarrukmo sendiri adalah pemberian dari Kanjeng Gusti Pangeran Harya Adipati Mangkubumi, adik laki-laki dari Sri Sultan HB VII. Ambarrukmo awal mulanya hanya berfungsi sebagai tempat mesanggrah atau lokasi peristirahatan dan singgah Sultan, serta tempat penyambutan tamu-tamu penting sebelum menuju Keraton Yogyakarta. Lalu akhirnya beralih fungsi menjadi sebuah tempat tinggal.

Fakta Pendopo Ambarrukmo (Instagram/@royalambarrukmo)

7.Kini Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo yang juga merupakan kesatuan dari Pesanggrahan Kedhaton Ambarrukmo telah menjadi bagian salah satu cagar budaya dan terbuka untuk umum. Serta menjadi salah satu pilar pelestari Kebudayaan Jawa, khususnya Yogyakarta.

Baca Juga:
7 Potret Prewedding Terbaru Kaesang-Erina, Memukau dengan Adat Papua

Fakta Pendopo Ambarrukmo (Instagram/@royalambarrukmo)

Itulah sederet detail terkait lokasi resepsi pernikahan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gundono.

Load More