Nur Khotimah | MataMata.com
Kontroversi Jerome Polin. (Instagram/jeromepolin)

Matamata.com - YouTuber Jerome Polin sempat menjadi trending di Twitter karena banyaknya cuitan tentang dirinya. Hingga terungkap sebuah hal mengejutkan bahwa Jerome ternyata tidak disukai oleh WNI yang menetap di Jepang. Hal itu akhirnya menambah kontroversi Jerome Polin. Jerome sendiri memang pernah terlibat sejumlah kontroversi yang membuatnya dirinya mendapat banyak hujatan.

Kini publik jadi tahu jika Jerome tidak disukai karena dianggap tak mampu membaca situasi dan melanggar privasi orang Jepang. Usut punya usut hal itu bermula ketika Jerome ikut meramaikan tren meme hewan capybara yang biasa dipanggil masbro. Jerome dikritik karena dianggap telah merusak suasana yang menjadikan tren meme capybara tak lagi menyenangkan.

Hal itu diamini oleh netizen lain yang menyebut jika Jerome adalah KY atau Kuuki Yomenai yang biasa dialamatkan pada mereka yang kurang peka ketika ada di ruang publik. Lantas apa saja kontroversi Jerome Polin? Berikut daftarnya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:
Disebut Sok Asyik, Jerome Polin Sampai Tak Disukai oleh Orang Indonesia di Jepang

1. Disebut tak bisa baca situasi hingga langgar privasi orang Jepang

Kontroversi Jerome Polin. (Instagram/jeromepolin)

Buntut dari cuitan Jerome tentang meme capybara sejumlah netizen membongkar jika julukan KY untuknya sudah banyak diketahui oleh WNI di Jepang. Akun @evnar membahas bahwa lepas dari ujaran kebencian pada Jerome, ia membenarkan jika Jerome melanggar privasi orang Jepang dalam kontennya. Menurut pemilik akun itu, orang Jepang ketika membuat konten selalu mem-blur wajah yang mana tidak demikian dengan Jerome.

2. Dianggap tidak sopan saat berbincang dengan orang penting

Baca Juga:
Tendanya Mewah Banget, Ini 10 Momen Seru Jerome Polin Kamping di Gunung Fuji

Kontroversi Jerome Polin. (Instagram/jeromepolin)

Jerome Polin pernah dihujat karena dianggap tak sopan ketika mengunjungi cabang Bank BNI di Jepang. Kunjungan yang diunggah dalam vlognya itu memperlihatkan Jerome Polin yang terus makan sementara General Manager (GM) Bank BNI sedang berbicara. Apalagi GM tersebut belum terlihat menikmati makanannya. Jerome Polin melakukan pembelaan diri dengan menyebut bahwa sang GM sendiri yang mempersilakannya makan dengan nyaman dan santai.

3. Bandingkan acara televisi Indonesia dan Jepang

Kontroversi Jerome Polin. (Instagram/jeromepolin)

Dalam salah satu postingannya di media sosial, Jerome Polin pernah melayangkan kritik atas acara televisi Indonesia dan membandingkannya dengan Jepang. Menurutnya acara TV di Jepang sangat mendidik karena penuh dengan kuis yang membahas tentang pengetahuan umum. Jauh berbeda dengan tayangan di Indonesia yang sampai membuatnya bingung harus menjawab apa ketika ditanya seperti apa acara TV di negaranya.

Baca Juga:
10 Potret Idol K-Pop Pakai Batik, Taeyong NCT Pakai Baju Pemberian Jerome Polin

4. Bikin konten dengan satwa liar

Kontroversi Jerome Polin. (Instagram/jeromepolin)

Jerome Polin ikut menjadi sasaran kemarahan netizen karena dianggap membenarkan aksi Alshad Ahmad yang memelihara hewan liar untuk kepentingan pribadi. Sebelumnya Alshad Ahmad dikritik karena kepemilikan hewan liar dengan dalih konservasi. Jerome yang ikut membuat konten saat berkunjung ke rumah Alshad Ahmad pun dikritik karena kontennya tidak mendidik. Warganet menyebut jika Jerome harusnya mengedukasi konservasi hewan liar yang tepat dan bukannya membuat konten dengan hewan liar.

5. Pertanyakan kiprah pembalap Indonesia di kancah internasional

Kontroversi Jerome Polin. (Instagram/jeromepolin)

Lewat Twitter Jerome Polin membuat cuitan berupa pertanyaan apakah ada pembalap Indonesia yang berkiprah di kancah dunia. Cuitannya mendapat ratusan respon, tapi yang paling menohok adalah tanggapan dari Sean Gelael. Pembalap yang sudah mengharumkan nama bangsa di dunia Internasional itu mengungkapkan kekecewaannya pada Jerome yang ia anggap tidak menghormati para atlet Tanah Air. Padahal ada banyak atlet yang telah berjuang untuk berlaga di atas mobil dan motornya dalam balapan internasional.

Sean mengkritik Jerome dengan kalimat pedas bahwa meski cerdas tapi Jerome tidak diajari tentang rasa hormat. Ia bahkan menyebut jika sudah saatnya orang-orang berpikir dengan baik daripada hanya mencari views dan like. Sean juga mencantumkan beberapa foto pembalap Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsa dan mengibarkan merah putih di sirkuit.

6. Dituduh langgar privasi Taeyong NCT

Kontroversi Jerome Polin. (Instagram/jeromepolin)

Usai berkesempatan bertemu langsung dengan NCT 127 saat konser di Indonesia, Jerome menjadi akrab dengan Taeyong. Bahkan mereka juga berkirim DM Instagram, sayangnya Jerome menyebar pesan pribadi yang dikirimkan Taeyong padanya. Hingga membuatnya dicap sudah melanggar privasi Taeyong dengan memposting isi chat pribadi sang idol.

Itulah sederet kontroversi Jerome Polin yang sedang disorot karena disebut tak disukai WNI yang menetap di Jepang. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More