Nur Khotimah | MataMata.com
Profil Soegi Bornean. (Instagram/@soegiborneanmusik)

Matamata.com - Belakangan lagu berjudul "Asmalibrasi" viral di kalangan pecinta musik. Namun, tahukah kamu siapa pelantun lagu populer satu ini? Mungkin banyak yang masih belum tahu tentang grup musik indie satu ini, yakni Soegi Bornean.

Seiring viralnya lagu Asmalibarasi, tentu saja nama penyanyinya pun tak luput dari sorotan. Ternyata Soegi Bornean merupakan grup yang mempopulerkan lagu yang sekarang ini sering diputar di berbagai tempat tersebut.

Selain karena lagunya, grup ini juga jadi sorotan karena punya vokalis yang cantik. Lantas, siapa sebenarnya pelantun lagu yang belakangan viral di media sosial ini? Yuk, simak profil Soegi Bornean berikut ini!

Baca Juga:
Lirik Aguna - Soegi Bornean, Single Terbaru

Profil Soegi Bornean

Profil Soegi Bornean. (Instagram/@soegiborneanmusik)

Soegi Bornean adalah sebuah grup musik indie pop yang berasal dari Semarang. Grup yang terbentuk pada April 2019 ini beranggotakan tiga orang, yakni Fanny Soegiarto (vokal), Aditya Ilyas (gitar), dan Bagas Prasetyo (gitar).

Grup musik di bawah naungan Label Irama Records ini mengusung genre Pop, Folk, dan Akustik. Punya nama unik, ternyata ada makna di balik nama grup satu ini, lho.

Baca Juga:
Lirik Lagu Asmalibrasi - Soegi Bornean dan Artinya, Lagi Viral di TikTok Nih

Soegi Bornean sendiri terdiri dari kata 'Soegi' yang diambil dari bahasa Jawa 'sugih' yang berarti kaya. Sementara Bornean diambil dari nama kampung halaman Fanny Soegiharto, sang vokalis, yaitu Borneo, Kalimantan.

Perjalanan Karir Soegi Bornean

Profil Soegi Bornean. (Instagram/@soegiborneanmusik)

Setelah dibentuk tahun 2019 lalu, Soegi Bornean sempat mengalami perubahan anggota. Tak seperti Fanny Soegiharto dan Aditya Ilyas yang sejak awal menjadi anggota, Bagas Prasetyo baru bergabung pada tahun 2021.

Baca Juga:
Lirik Lagu Asmalibrasi - Soegi Bornean, Viral Di Tiktok

Sebelumnya, posisi gitaris Soegi Bornean sempat diisi oleh Damar Komar. Sejak dibentuk, grup indie satu ini juga telah merilis sederet single sebelum akhirnya menelurkan sebuah mini album pada tahun 2020 lalu.

Sejak rilisnya Album "Atma" inilah nama grup musik satu ini menjadi semakin terkenal. Salah satu single mereka yang berjudul "Asmalibrasi" bahkan menempati posisi kedua di Spotify Weekly Top Song pada Oktober 2022.

Lagu ini juga lah yang akhirnya virak dan banyak di bagikan di berbagai jenis media sosial, terutama TikTok.

Fakta Menarik

Profil Soegi Bornean. (Instagram/@soegiborneanmusik)

Untuk mengetahui lebih jauh tentang profil Soegi Bowrnaen ini, yuk simak dulu sederet fakta menariknya berikut ini!

1. Perpaduan Jawa dan Kalimantan

Selain namanya mencerminkan Jawa dan Kalimantan, Soegi Bornean juga menyajikan musik yang merupakan kesatuan etnik dari kedua daerah tersebut.

2. Pakai batik tiap manggung

Tak hanya dalam segi nama dan musik, grup indie satu ini juga selalu memakai kain batik setiap kali manggung. Salah satu personelnya mengatakan bahwa ide pakai batik tersebut adalah ide dari personelnya.

3. Viral karena Desta dan Fiersa

Ternyata nama band Soegi Bornean ini bisa viral berawal dari Desta dan Fiersa Besari yang bercerita tentang band yang sedang mereka sukai. Setelah itu, nama mereka menjadi semakin dikenal masyarakat.

4. Cerita dibalik Asmalibrasi

Ada yang tahu apa apa sebenarnya Asmalibrasi itu? Ternyata Asmalibrasi merupakan kepanjangan dari Asmara yang terkalibrasi, lho.

Lagu yang dibuat Fanny dibantu para personel lain ini juga makna yang cukup dalam.

Nah, setelah menyimak profil Soegi Bornean ini jadi tahu kan bagaimana lagu Asmalibrasi bisa viral. Ada yang suka juga sama lagunya?

Kontributor: Nur Khasanah
Load More