Yohanes Endra | MataMata.com
Momen Tedak Siten Moana. (Instagram/ riaricis1795)

Matamata.com - Ria Ricis menggelar prosesi adat Tedak Siten untuk anak pertamanya Cut Raifa Aramoana di usianya yang sudah 7 bulan. Momen Tedak Siten Moana tak hanya digelar dengan mewah tapi juga disiarkan secara langsung di salah satu stasiun televisi swasta.

Acara yang digelar sebagai rasa syukur karena sang putri tumbuh dengan sehat dan mulai belajar berjalan itu dilaksanakan pada Minggu (19/3/2023). Selain dihadiri oleh keluarga Ria Ricis saja tapi juga keluarga Teuku Ryan dari Aceh juga datang. Acara itu menjadi sorotan apalagi di tengah acara Moana sempat tertidur sehingga acara harus ditunda. Ini dia deretan momen Tedak Siten Moana yang disiarkan langsung di televisi.

1. Masih memiliki garis keturunan Jawa

Baca Juga:
Ria Ricis dan Suami Umumkan Acara Tedak Siten Moana, Kostumnya Serasa Pengantin Baru

Momen Tedak Siten Moana. (YouTube/RCTI)

Ria Ricis dan Teuku Ryan menggelar acara adat Jawa Tedak Siten untuk putri mereka, Baby Moana. Meski Teuku Ryan berdarah Aceh tapi ternyata masih ada garis keturunan Jawa yang dimiliki oleh Ria Ricis dari ayahnya yang berasal dari Brebes. Apalagi dulu semasa kecil, Ria Ricis juga menjalani prosesi serupa yang disiapkan oleh orang tuanya.

2. Moana tampil cantik dengan kebaya abu-abu

Momen Tedak Siten Moana. (YouTube/RCTI)

Putri pertama Ria Ricis itu terlihat cantik dengan kebaya lengan pendek warna abu-abu yang dipadukan kain batik. Baju yang dipakai Moana ternyata senada dengan kebaya yang dikenakan oleh ibunya. Sebuah bando warna pink berbentuk pita menghiasi kepala mungilnya.

Baca Juga:
6 Artis yang Dianggap Anti Kritik Oleh Netizen, Ria Ricis Sindir Balik

3. Jalani prosesi adat dengan tenang

Momen Tedak Siten Moana. (YouTube/RCTI)

Moana menjalani rangkaian prosesi adat dengan tenang dan tidak rewel. Mulai dari sungkeman, meniti jadah 7 warna, naik turun tangga, hingga berjalan di atas pasir dijalani Moana dengan lancar.

4. Siraman

Baca Juga:
Sering Disindir Bahayakan Anak karena Pola Asuhnya, Ria Ricis: Semua Dijaga oleh Allah

Momen Tedak Siten Moana. (YouTube/RCTI)

Setelah melewati semua rangkaian tadi, Moana melanjutkan acara Tedak Siten dengan prosesi siraman. Ria Ricis dan Teuku Ryan membantu putri kecilnya untuk berendam di bak mandi kecil warna putih yang sudah disiapkan. Bak kecil tadi telah diisi dengan air bunga serta dihias pula dengan banyak bunga warna putih.

5. Moana tertidur

Momen Tedak Siten Moana. (YouTube/RCTI)

Setelah selesai siraman, Moana yang lelah terlihat mengantuk hingga akhirnya tertidur dalam dekapan Ria Ricis. Alih-alih membangunkan putrinya yang tidur Ria Ricis memilih menunda acara. Ria Ricis mengaku jika dirinya cukup kolot untuk urusan tidur dan makan Moana. Sehingga ia memutuskan menunda acara sampai Moana bangun.

6. Tidak terlalu lama

Momen Tedak Siten Moana. (YouTube/RCTI)

Untungnya penundaan acara tidak berlangsung terlalu lama sekitar 40 menit. Moana akhirnya bangun dan bisa kembali melanjutkan rangkaian adat yang sempat tertunda. Meski baru bangun, Moana yang sudah terbiasa dengan keramaian dan sorotan kamera terlihat anteng dan tidak rewel.

7. Pegang Al Qur’an saat prosesi kurungan

Momen Tedak Siten Moana. (YouTube/RCTI)

Acara yang sempat tertunda tadi karena Moana tidur adalah kurungan. Sebuah kurungan besar berwarna putih telah diisi banyak barang untuk dipilih Moana. Nantinya barang yang dipilih dipercaya akan menjadi gambaran pekerjaan masa depan si anak. Moana tampak memegang beberapa mainan seperti gitar, alat masak, dokter, hingga Al Qur’an. Momen Moana memegang Al Qur’an membuat tamu yang Irfan Hakim yang memandu acara menyebut jika Moana ingin seperti budenya yaitu Oki Setiana Dewi menjadi seorang Ustazah.

8. Ingin keluar dari kurungan

Momen Tedak Siten Moana. (YouTube/RCTI)

Moana tampaknya mulai lelah dan bosan berada di dalam kurungan, sehingga setelah memegang beberapa barang, ia meminta keluar. Tanpa bantuan, Moana merangkak keluar dari kurungan sendiri begitu Teuku Ryan mengangkat kurungan ke atas. Tingkah Moana tentu saja membuat gemas semua tamu yang hadir.

9. Membawa tongkat tebu

Momen Tedak Siten Moana. (YouTube/RCTI)

Begitu keluar dari kurungan sudah ada rangkaian adat lain yang menanti Moana. Sebuah tongkat dari tebu yang ujungnya dipasangi daging ayam harus dipegang oleh Moana. Bayi cantik itu tampak penasaran dengan tongkat yang dipegangnya, sementara ayahnya tampak tersenyum melihat polah sang putri.

10. Saweran

Momen Tedak Siten Moana. (YouTube/RCTI)

Bersama dengan Ricis dan Teuku Ryan, Moana membagikan uang receh, momen ini disebut sebagai saweran. Beberapa tamu undangan yang hadir beruntung karena menerima saweran dari Baby Moana dalam acara tersebut.

11. Beri makan ayam

Momen Tedak Siten Moana. (YouTube/RCTI)

Rangkaian adat Tedak Siten Moana yang terakhir adalah memberi makan ayam. Ria Ricis memberi makan seekor ayam hitam dengan tangannya secara langsung. Ada makna khusus dari momen beri makan ayam yaitu sebagai perlambang untuk berbagi rezeki sebagai rasa syukur.

Itulah beberapa momen Tedak Siten Moana yang dihadiri pula oleh sejumlah artis dan konten kreator. Apapun pekerjaan yang nantinya dipilih oleh Moana semoga menjadi pilihan terbaik.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More