Nur Khotimah | MataMata.com
Artis non muslim bagi-bagi takjil (Instagram/@jenniferbachdim)

Matamata.com - Toleransi menjadi salah satu kunci kerukunan umat beragama dalam negara yang memiliki keragaman termasuk dalam hal agama. Salah satu wujud toleransi yang belakangan disorot adalah aksi artis non muslim bagi-bagi takjil untuk buka puasa.

Aksi sosial berbagi takjil yang paling baru dilakukan oleh istri pesepakbola Irfan Bachdim, yaitu Jennifer Bachdim. Sanjungan pun dilayangkan oleh netizen pada Jennifer yang memiliki toleransi tinggi. Tapi Jennifer Bachdim bukan satu-satunya artis non muslim yang pernah berbagi takjil. Sebelumnya sudah ada beberapa artis non muslim yang juga berbagi takjil. Siapa saja mereka? Dirangkum dari berbagai sumber berikut daftar artis non muslim bagi-bagi takjil untuk buka puasa.

1. Ruben Onsu dan Sarwendah

Baca Juga:
9 Momen Jennifer Bachdim Bagi-bagi Takjil, Toleransinya Diacungi Jempol

Artis Non Muslim Bagi-bagi Takjil. (Instagram/sarwendah29)

Sudah bukan rahasia jika keluarga Ruben Onsu suka berbagi pada sesama. Bahkan ketika puasa, Ruben tak jarang ikut puasa karena banyak temannya berpuasa di lokasi syuting. Hal itu ia ajarkan pula pada anak-anaknya untuk bisa menghargai orang yang puasa. Bersama dengan Sarwendah, ia kerap menyiapkan aneka jajanan buka puasa untuk Asisten Rumah Tangga (ART) yang bekerja untuknya.

2. Darius Sinathrya dan Donna Agnesia

Artis Non Muslim Bagi-bagi Takjil. (Instagram/darius_sinathrya)

Kendati tidak berpuasa tapi Donna Agnesia dan Darius Sinathrya ikut menyiapkan makanan buka puasa. Donna dengan tulus memasak sendiri takjil yang akan dibagikan pada petugas keamanan di kompleks perumahannya. Donna mengungkapkan jika menyiapkan takjil menjadi tradisi setiap tahun bagi penghuni perumahannya. Momen itu pernah dibagikan beberapa tahun silam lewat akun YouTube miliknya.

Baca Juga:
Detik-detik Jennifer Bachdim Ajak Anak Bagi-Bagi Takjil: Allah Membalas Kebaikan Mama Jen

3. Momo Geisha

Artis Non Muslim Bagi-bagi Takjil. (Instagram/therealmomogeisha)

Saat masih menjadi vokalis Geisha, Momo sampai turun ke jalan di sekitar Pancoran, Jakarta untuk bagi-bagi takjil. Kala itu Momo tak sendiri karena ditemani rekan satu bandnya. Momo juga punya menu takjil favorit meski dirinya tidak puasa yaitu lupis hingga aneka gorengan.

4. Nafa Urbach

Baca Juga:
Bobby Nasution Ajak Ketua Nahyan Boncengan Motor Cari Takjil: Kok Nggak Pakai Helm?

Artis Non Muslim Bagi-bagi Takjil. (Instagram/nafaurbach)

Bintang sinetron cantik Nafa Urbach pernah ikut ambil bagian bersama beberapa artis lain untuk bagi-bagi takjil. Momen tersebut terjadi pada tahun 2019 silam saat terjadi demo perihal pemilu. Takjilnya sendiri dibagikan pada anggota TNI dan POLRI yang berjaga di sekitar gedung Mahkamah Konstitusi. Ia tak sendiri karena bersama artis lain seperti Cathy Sharon juga Okan Cornelius.

5. Amanda Manopo

Artis Non Muslim Bagi-bagi Takjil. (Instagram/amandamanopo)

Bukan penganut agama Islam tapi Amanda Manopo pernah menyiapkan makanan buka puasa untuk kru di lokasi syuting. Terkadang Amanda Manopo juga ikut menjalankan puasa ketika syuting karena banyak teman-temannya yang berpuasa.

6. Felicya Angelista

Artis Non Muslim Bagi-bagi Takjil. (Instagram/felicyangelista_)

Sukses merintis bisnis skincare membuat Feli dan Hito rajin berbagi. Salah satunya membagikan takjil untuk buka puasa. Feli dan Hito sudah rutin bagi-bagi takjil sejak dua tahun lalu. Kegiatan berbagai ini menjadi wujud syukurnya atas kesuksesan yang diraih. Ia dan Hito berharap dengan berbagai maka usaha yang dijalankannya akan menjadi semakin berkah.

7. Jennifer Bachdim

Artis Non Muslim Bagi-bagi Takjil. (Instagram/jenniferbachdim)

Terbaru ada Jennifer Bachdim yang bagi-bagi takjil di jalanan bayi bersama empat orang anaknya. Model cantik yang dikenal memiliki vibe positif ini menyiapkan 200 box makanan buka puasa untuk pengguna jalan yang melintas di salah satu jalanan Bali. Tiga orang anaknya, Kiyomi, Kenji, dan Kiyoji ikut membantu membagikan takjil dengan semangat. Aksinya itu membuatnya banjir pujian dari netizen dan membuat semakin banyak orang kagum padanya.

Itu tadi deretan artis non muslim bagi-bagi takjil untuk buka puasa untuk menunjukkan toleransinya. Toleransi yang tinggi antar sesama pemeluk agama akan membuat kehidupan bermasyarakat menjadi damai dan tentram.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More