Ade Wismoyo | MataMata.com
Artis Raih Gelar Sarjana di Tahun 2023. (Instagram/ferrysal1m)

Matamata.com - Tahun 2023 menjadi sangat berkesan dan berharga bagi sejumlah publik figur Tanah Air. Pasalnya mereka berhasil menyelesaikan pendidikan hingga jenjang S1. Menjadi sarjana adalah pencapaian besar para artis karena ada yang baru bisa meraihnya di usia yang tak lagi muda.

Bahkan ada juga yang harus menunda sampai belasan tahun untuk bisa meneruskan kuliah dan jadi sarjana. Lantas siapa saja artis raih gelar sarjana di tahun 2023? Berikut rangkuman lengkapnya.

1. Ferry Salim

Baca Juga:
Ibu Mertua Terlihat Hadir di Acara Wisuda, Sinyal Rumah Tangga Teuku Ryan dan Ria Ricis Baik-Baik Saja?

Artis Raih Gelar Sarjana di Tahun 2023. (Instagram/ferrysal1m)

Aktor senior Ferry Salim menginspirasi banyak orang dengan gelar sarjana yang diraihnya awal tahun ini. Ferry Salim berhasil lulus dari Universitas Kristen Indonesia dengan gelar sarjana hukum. Ferry meraih gelar tersebut di usianya yang tak lagi muda yaitu 56 tahun.

2. Rey Mbayang

Artis Raih Gelar Sarjana di Tahun 2023. (Instagram/rey_mbayang)

Pada akhir Juli 2023 lalu, Rey Mbayang resmi menyandang gelar sarjana dari program studi manajemen yang diambilnya di Universitas Terbuka Manado. Suami Dinda Hauw itu diketahui sudah berkuliah sejak tahun 2017 silam dan menamatkan pendidikannya pada tahun 2023 ini. IPK yang didapatkan oleh Rey Mbayang juga memuaskan lho yaitu 3,39.

Baca Juga:
Ria Ricis Tak Dampingi Teuku Ryan Wisuda Karena Sibuk Kerja: Repot Lah

3. Asnawi Mangkualam

Artis Raih Gelar Sarjana di Tahun 2023. (Instagram/asnawi_bhr)

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam membuat penggemar bangga karena meraih gelar sarjana manajemen dari Universitas Bosowa. Gelar sarjana menjadi pencapaian lain yang Asnawi raih di tengah kesibukannya sebagai pemain bola profesional. Saat wisuda, Asnawi hanya bisa hadir secara daring karena tengah dalam persiapan membela timnas. Walau begitu, tak mengurangi kebahagiaan dan kebanggaan atas prestasi Asnawi.

4. Randy Martin

Baca Juga:
Baru Saja Wisuda S2, Ini 5 Sumber Kekayaan Teuku Ryan Suami Ria Ricis

Artis Raih Gelar Sarjana di Tahun 2023. (Instagram/randymartinnn)

Sukses sebagai aktor tak membuat Randy Martin terlena. Ia tetap serius menyelesaikan pendidikan hingga S1 di tengah kesibukannya sebagai aktor. Usaha Randy Martin yang harus membagi waktu antara syuting dan kuliah membuahkan hasil saat dirinya lulus kuliah. Randy Martin sukses mendapat gelar Sarjana Administrasi dari Kwik Kian Gie School of Business.

5. Enzy Storia

Artis Raih Gelar Sarjana di Tahun 2023. (Instagram/enzystoria)

Menunda kuliah selama 13 tahun lamanya, Enzy Storia akhirnya bisa menyelesaikan kuliah dan menjadi sarjana. Enzy membagikan kisah perjuangannya hingga sukses meraih gelar sarjana manajemen. Keinginan untuk kuliah sudah Enzy miliki sejak lulus SMA dulu, sayangnya karena harus bekerja Enzy terpaksa menunda mimpinya. Kini mimpi lama Enzy telah terwujud.

Baca Juga:
Ria Ricis Tak Hadiri Wisuda Suami, Teuku Ryan Bongkar Alasannya

6. Sarah Tumiwa

Artis Raih Gelar Sarjana di Tahun 2023. (Instagram/sarahtumiwa)

Model cantik Sarah Tumiwa belum lama ini menyandang gelar sarjana marketing communication dari Universitas Bina Nusantara (BINUS). Di hari wisudanya, Sarah Tumiwa tampil cantik dengan kebaya modern dengan kain batik berbelahan tinggi.

7. Rahmania Astrini

Artis Raih Gelar Sarjana di Tahun 2023. (Instagram/rahmaniaastrini)

Sama seperti Sarah Tumiwa, Rahmania Astrini juga lulus dari Binus. Bedanya penyanyi yang mencuri perhatian usai jadi penampil pembuka di konser Coldplay ini lulus dengan gelar sarjana ilmu komunikasi. Saat wisuda Rahmania tampil anggun dengan kebaya dan toga.

8. Dilan Janiyar

Artis Raih Gelar Sarjana di Tahun 2023. (Instagram/dilanjaniyar)

Artis TikTok populer, Dilan Janiyar lulus dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan gelar sarjana teknik geodesi. Kerennya, Diyan berhasil menyelesaikan kuliah dalam kondisi sedang mengandung. Saat wisuda baby bump Dilan pun sudah terlihat jelas. 

Perjalanan para artis tadi dalam menempuh pendidikan tinggi di tengah kesibukan tidaklah mudah. Apalagi ada yang meraih gelar sarjana di usia tak lagi muda seperti Ferry Salim.  Hingga perjuangan Enzy yang harus menunda kuliah selama 13 tahun. Maka wajar kiranya jika kisah mereka dalam menuntut ilmu dijadikan inspirasi untuk menambah semangat dalam menyelesaikan pendidikan. 

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More