Ade Wismoyo | MataMata.com
Artis Indonesia Terjerat Kasus Hukum di Tahun 2023. (Instagram/_irishbella_)

Matamata.com - Sepanjang tahun 2023, ada cukup banyak artis yang tersandung kasus hukum. Mereka harus menjalani hukuman penjara atas kesalahan yang diperbuat. Mulai dari penyalahgunaan narkoba, penganiayaan, sampai penipuan menjadi tindak kriminal yang para artis ini lakukan.

Lalu siapa saja mereka? Berikut daftar artis Indonesia terjerat kasus hukum di tahun 2023.

1. Revaldo

Baca Juga:
Irwansyah Mewek usai Medina Zein Masuk Penjara: Allah Kasih Hati Aku Kok Malah Iba

Artis Indonesia Terjerat Kasus Hukum di Tahun 2023. (Instagram/revaldo.f.s.p)

Tak jera, Revaldo kembali terjerat kasus narkoba untuk kali ketiga. Revaldo resmi jadi tersangka penyalahgunaan narkoba pada Januari 2023 lalu. Hukuman penjara yang sudah dua kali menjeratnya rupanya tak cukup membuatnya kapok untuk masuk ke lubang yang sama.

2. Ferry Irawan

Artis Indonesia Terjerat Kasus Hukum di Tahun 2023. (Instagram/ferryirawanreal)

Tak lama setelah menikah dengan Venna Melinda, Ferry Irawan dilaporkan atas KDRT. Ia ditetapkan jadi tersangka pada 16 Januari 2023 dan mendapat vonis 1 tahun penjara. Namun, Ferry bisa keluar dari bui lebih cepat pada Agustus 2023 usai mengajukan bebas bersyarat serta mendapat remisi HUT RI.

Baca Juga:
7 Artis Masuk Penjara Tahun 2022, Nikita Mirzani Setahun Ditahan Dua Kali

3. Ammar Zoni

Artis Indonesia Terjerat Kasus Hukum di Tahun 2023. (Instagram/_irishbella_)

Untuk kedua kalinya Ammar Zoni terjerat narkoba. Pihak berwajib menetapkan status tersangka pada Ammar mulai tanggall 8 Maret 2023. Ammar akhirnya bebas pada Oktober kemarin setelah mendekam di penjara sekitar 7 bulan.

4. Hud Filbert

Baca Juga:
Putrinya Masuk Penjara, Nia Daniaty: Saya Sedih tapi Tak Bisa Apa-apa

Artis Indonesia Terjerat Kasus Hukum di Tahun 2023. (Instagram/hud_idrus)

Penangkapan Hud Filbert pada 14 April lalu membuat namanya menambah panjang darta aktor yang tersandung kasus narkoba tahun 2023. Hud sendiri ditangkap saat melakukan pesta sabu bersama sejumlah temannya. Ancaman penjara 4 tahun pun membayangi Hud Filbert. 

5. Pierre Gruno

Artis Indonesia Terjerat Kasus Hukum di Tahun 2023. (Instagram/grunopierre)

Aktor kawakan Pierre Gruno harus bertanggung jawab atau penganiayaan yang ia lakukan. Meski sudah sempat mendekam di jeruji besi selama beberapa hari, tapi Pierre akhirnya dibebaskan. Pasalnya, korban menerima permintaan maaf dan permohonan damai dari Pierre. 

Baca Juga:
4 Kontroversi Saipul Jamil, Tersandung Kasus Pelecehan hingga Masuk Penjara

6. Medina Zein

Artis Indonesia Terjerat Kasus Hukum di Tahun 2023. (Instagram/medinazein)

Penipuan menjadi dakwaan yang diterima oleh Medina Zein. Selebgram ini mendapat 2 tahun kurungan penjara akibat penipuan karena menjual tas Hermes palsu. Sampai sekarang, Medina pun masih berada di dalam bui. 

7. Zulfani Pasha

Artis Indonesia Terjerat Kasus Hukum di Tahun 2023. (Instagram/zulfani_pasha)

Masih ingat sosok Ikal di film Laskar Pelangi? Pemerannya adalah Zulfani Pasha yang sudah cukup lama tak tersorot. Namun pada Mei kemarin, ia secara mengejutkan menjadi tersangka penipuan. Zulfani yang belakangan aktif sebagai sutradara pun terancam 7 tahun kurungan penjara. 

8. Oge Arthemus

Artis Indonesia Terjerat Kasus Hukum di Tahun 2023. (Instagram/ogearthemus)

Tak hanya mengonsumsi, tapi Oge Arthemus yang dikenal luas sebagai pesulap bahkan menanam ganja. Akibat perbuatannya yang tidak bertanggung jawab tersebut, Oge pun diancam hukuman penjara seumur hidup. 

9. Bobby Joseph

Artis Indonesia Terjerat Kasus Hukum di Tahun 2023. (Instagram/bobbyjsph)

Lagi-lagi kasus narkoba menjerat aktor Tanah Air, kini giliran Bobby Joseph yang ditangkap karena menggunakan narkoba. Bobby ditangkap pada Juli 2023 dan dijatuhi vonis satu bulan penjara serta rehabilitasi selama 1 tahun. 

10. Lina Mukherjee

Artis Indonesia Terjerat Kasus Hukum di Tahun 2023. (TikTok/linamukherjeelilu)

Penistaan agama menjadi kasus hukum yang menjerat selebgram Lina Mukherjee. Perempuan yang dikenal sebagai fans berat artis dan film Bollywood ini menerima vonis 2 tahun penjara. Alasannya karena dirinya makan kriuk babi tapi sambil mengucap basmallah.  Lina sudah menjalani hukumannya sejak September kemarin.

11. Leon Dozan

Artis Indonesia Terjerat Kasus Hukum di Tahun 2023. (Instagram/leonrdozan)

Kasus yang menjerat Leon Dozan masih cukup hangat. Anak Willy Dozan dan Betharia Sonata dilaporkan atas penganiayaan pada Rinoa Najwa Aurora Nindha Senduk, kekasihnya. Leon Dozan masuk penjara sejak 17 November 2023 lalu dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. 

Akan tetapi pada awal Desember kemarin, Rinoa akhirnya memutuskan mencabut laporan dan berdamai dengan Leon.

Ada beberapa yang sudah menghirup udara bebas, namun ada pula yang masih menjalani hukuman mereka sampai sekarang.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More