Ade Wismoyo | MataMata.com
Transformasi Kiky Saputri (Instagram/kikysaputrii)

Matamata.com - Komika Kiky Saputri membagikan tulisan panjang di akun Twitter atau X pribadinya hari ini, Minggu (17/12/2023). Kiky mengutarakan keresahan tentang hak berpendapatnya yang terasa seperti dikekang publik.

Persoalan bermula saat Kiky Saputri membuat rangkuman tentang hasil debat capres perdana pada 12 Desember 2023 lalu. Dari setiap poin yang ia utarakan, Kiky merasa tidak mendapat respons semestinya dari publik.

“Cuma gegara bikin sedikit rangkuman dari debat capres pertama, orang-orang bukan fokus sama isinya, tapi selalu fokus menyudutkan. ‘Dasar Kiky buzzernya ini’, ‘Wajar aja dia ngomong gitu, dia kan pendukung ini’,” tulis Kiky Saputri.

Baca Juga:
Kiky Saputri Kasih Jawaban soal Sosok Buah Hati: Bukan Diangkat, Itu Anak Aku

Bahkan, beberapa di antaranya sampai melecehkan fisik Kiky Saputri karena buru-buru menganggap penilaian capres pilihan mereka sebagai bentuk kritik, tanpa mendalami dulu maksud tulisan sang komika.

“Belum lagi yang sumbu pendek, nggak ngerti substansinya, langsung nyerang fisik,” kata Kiky Saputri.

Baca Juga:
Kiky Saputri Bikin Cuitan Soal The King of Retorica, Langsung Diserang Pendukung Anies Baswedan

Kiky Saputri yang mulanya menyikapi hal itu dengan santai, perlahan mulai gerah. Ia heran kenapa masyarakat tidak bisa diajak berdiskusi secara sehat.

“Bisa nggak sih, kita diskusi secara jernih tanpa harus nuduh?” tanya Kiky Saputri.

Saking lelahnya menghadapi kritik, sampai menolak banyak tawaran pekerjaan yang bersinggungan dengan politik. Padahal jika dikalkulasi, Kiky bisa mendapat keuntungan besar dari sana.

Baca Juga:
Blak-blakan Komika Kiky Saputri "Sindir" Capres Anies Baswedan: Pak Prabowo Kakek Gemoy yang Legowo!

Stand-up Comedian Kiky Saputri (Instagram/kikysaputrii)

“Ini nih yang bikin puluhan tawaran MC dan roasting dari partai gue tolak-tolakin. Males langsung dianggap, ‘Wah, si Kiky ada di pihak ini nih’,” beber Kiky Saputri.

“Padahal kalau dipikir-pikir, itu pekerjaan halal dan profesional. Semua acara dari semua paslon nawarin, tanpa ada ketentuan mengikat harus dukung mereka,” sambungnya.

Curahan hati Kiky Saputri direspon sesama komika. Adalah seniornya, Mo Sidik, yang memberi wejangan bahwa tidak semua kritik harus didengar.

Baca Juga:
Kiky Saputri Ditanya soal Niatan Oplas Hidung, Sikap M Khairi Banjir Pujian: Terbaik Suaminya

“Padahal sebenernya nggak perlu bacain komen dan dengerin nyinyiran orang. Lo bisa sampai di titik ini sekarang, karena lo nggak peduli sama apa yang orang lain pikirin kan? Inget nggak?” kata Mo Sidik. 

Profil Kiky Saputri (instagram/kikysaputrii)

Wejangan Mo Sidik pun dibalas Kiky Saputri. Ia mengucapkan terima kasih karena sudah diingatkan akan hal itu.

“Ah, terima kasih, Kang Mo,” ucap Kiky Saputri.

Di kesempatan yang sama, Kiky Saputri juga menegaskan bahwa dirinya kelak akan mulai mempertimbangkan lagi tawaran pekerjaan yang bersinggungan dengan politik.

“Oke deh, mulai besok, gue ambil aja semuanya. Lah gitu, curhat sendiri, ambil keputusan sendiri,” tutup Kiky Saputri. (Adiyoga Priyambodo)

Load More