Ade Wismoyo | MataMata.com
Clift Sangra. (Youtube)

Matamata.com - Clift Sangra akhirnya mengungkap cerita saat ia melepas kepergian sang istri, Suzzanna pada 15 Oktober 2008. Tak banyak diketahui, Clift ternyata sempat berjaga di makam Suzzanna selama 40 hari penuh.

"Waktu awal-awal bunda meninggal itu, makamnya saya jaga 40 malam, sama teman saya," kata Clift Sangra di kanal YouTube Obrolan Santai, yang diunggah baru-baru ini.

Hal yang membuat Clift rela berjaga adalah munculnya rumor yang menyebut makam Suzzanna jadi incaran orang-orang yang ingin mencari kesaktian. Mereka ingin mengambil barang-barang yang ikut dimakamkan bersama Ratu Horor Indonesia itu.

Baca Juga:
Main di Pantai Bareng Keluarga, Wajah Luna Maya Bikin Salfok: Make Up Suzzanna Belum Dibersihin

"Makamnya mau dibongkar. Entah mau diambil apanya, saya enggak tahu. Pokoknya itu jadi syarat aja buat mereka, buat ilmu-ilmunya mereka," ujar Clift Sangra.

Suzzanna semasa hidupnya memang dikenal sebagai artis yang menjalankan budaya kejawen secara mendalam. Hal itu juga yang kemudian diyakini orang-orang untuk mencari kesaktian lewat benda-benda yang ikut dimakamkan bersama Suzzanna.

"Menurut kepercayaan orang Jawa, sebelum 40 hari, kan saat itu banyak isu-isu juga yang beredar, jadi mereka mau mengambil barangnya Suzzanna," imbuh Clift Sangra.

Baca Juga:
Luna Maya Ungkap Pengalaman Horor Syuting Film Suzzanna Malam Jumat Kliwon, Dengar Suara Kuntilanak Beneran

Ternyata, informasi yang sampai ke telinga Clift Sangra bukan rumor. Ia menyaksikan sendiri selama 40 malam, bagaimana orang-orang silih berganti datang untuk berusaha membongkar makam Suzzanna.

"Memang betul, yang datang banyak. Ada yang sudah bawa cangkul, bawa linggis. Ada juga yang bawa mobil, rombongan, kayak mau bongkar makam," ucap Clift Sangra.

Suzzanna bersama Clift Sangra. (Instagram/indraJP)

Clift Sangra pun cukup cerdik saat menjaga makam Suzzanna. Clift dan temannya sengaja tidak membawa penerangan apa pun untuk mengagetkan orang-orang yang ingin berniat buruk ketika datang ke sana.

Baca Juga:
9 Potret Penampilan Luna Maya Perankan Suzzanna, Cantik sekaligus Seram!

"Kami enggak pakai lampu, sengaja kami gelapin. Jadi begitu mereka datang dan lihat kami, langsung kabur," ujar Clift Sangra.

Benar saja, Clift Sangra tidak menemukan lagi orang-orang yang mencoba membongkar makam Suzzanna setelah lewat 40 hari.

Di momen itu, Clift pun ikut berhenti menjaga makam sang ratu horor Tanah Air setiap malam. 

Baca Juga:
Biodata Lengkap dan Agama Suzzanna, Sang Ratu Horor Indonesia

Rama Yohanes - Clift Sangra. (Youtube/OnoMisteri)

"Setelah hari ke-41, udah, saya lepasin aja," kata Clift Sangra.

Sampai hari ini, makam Suzzanna masih terawat dengan baik. Clift Sangra juga sudah mengurangi intensitas untuk berkunjung ke sana.

"Memang dulu pesannya Bunda seperti itu, sesempatnya kamu saja," tutur Clift Sangra. (Adiyoga Priyambodo)

Load More