Ade Wismoyo | MataMata.com
Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/@abdeenegara)

Matamata.com - Abdee Slank baru-baru ini tengah disorot terkait jabatannya sebagai Komisaris Telkom. Gitaris band Slank tersebut rupanya memilih mundur demi mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Abdee Slank menuliskan surat pengunduran dirinya dari jabatan Komisaris PT Telkom Indonesia pada Jumat (19/1/2024). Pemilik nama Abdi Negara Nurdin tersebut memilih mundur untuk menghormati aturan yang ada dan nilai-nilai etika.

Bukan hanya Abdee, anggota Slank lainnya juga turut mendukung pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden Ganjar-Mahfud nomor urut tiga. Paslon tersebut dinilai selaras dengan perjuangan Slank menghilangkan korupsi dan menjaga demokrasi sejak 2014.

Baca Juga:
Digosipkan Pacari Abdee Slank, Ini Kata Sophia Latjuba

Keputusan Abdee Slank mundur dari jabatan Komisaris Telkom dinilai sebagai pengorbanan yang luar biasa. Seberapa kaya Abdee Slank sehingga berani meninggalkan jabatan yang punya gaji besar itu?

Berikut ini suara.com akan menyajikan ulasan mengenai Sumber Kekayaan Abdee Slank. Yuk simak bareng-bareng!

1. Gaji Komisaris Telkom

Baca Juga:
Makin Berani, Sophia Latjuba Umbar Kemesraan dengan Abdee Slank

Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/@abdeenegara)

Abdee Slank ditunjuk sebagai Komisaris Independen PT Telkom Indonesia pada Mei 2021. Itu artinya, Abdee Slank telah menduduki jabatan tersebut selama hampir tiga tahun lamanya.

Berdasarkan total remunerasi di laporan keuangan Telkom tahun 2020, gaji Abdee Slank sebagai Komisaris Independen diperkirakan paling sedikit Rp1,49 miliar dan paling banyak Rp11,31 miliar per tahun.

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pun mencatat harta kekayaan Abdee Slank pada September 2021 hingga Maret 2023 naik sekitar Rp2,6 miliar.

Baca Juga:
Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom, Ridho Slank Ngomongin Kemampuan

2. Aset

Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/@abdeenegara)

LHKPN mengungkap aset-aset yang dilaporkan Abdee Slank pada Maret 2023. Abdee ternyata punya tiga aset tanah serta sebuah aset tanah dan bangunan di lokasi-lokasi yang berbeda.

Sementara untuk kendaraan, Abdee Slank punya tiga mobil yang semuanya dibeli sebelum menjabat sebagai Komisaris Telkom, di antaranya Honda Odyssey (2016), Toyota Fortuner (2017), dan Toyota Rush (2016).

Baca Juga:
Komentari Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom, Anang Hermansyah: Layak!

Sebelum dan sesudah menjabat Komisaris Telkom, Abdee Slank tetap konsisten tidak punya utang. Yang bertambah dari kekayaannya hanya kas dan setara kas, serta harta lainnya.

3. Slank

Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/@abdeenegara)

Kiprah band Slank di belantika musik Tanah Air sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan dalam setiap konser musisi Tanah Air, bendera grup band Slank kerap terlihat dibawa para penonton.

Slank diketahui berdiri sejak 1983. Honor Slank sekali manggung kini kabarnya telah mencapai Rp500 juta sama seperti Dewa 19.

4. Bisnis

Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/@abdeenegara)

Sebelum menjadi Komisaris Telkom, Abdee Slank rupanya sudah terjun ke dunia bisnis. Abdee tercatat sebagai Pendiri PT Hijau Multi Kreatif (2005) dan Maloe Music (2009) sehingga pundi-pundi kekayaannya sudah terkumpul selama belasan tahun.

Belum lagi kerja sama Abdee Slank bersama Anang Hermansyah, Indra Lesmana, dan Triawan Munaf mendirikan perusahaan digital media-musik distribution pertama di Indonesia, Importmusik.com.

Bukan hanya itu saja, Abdee Slank juga Pendiri dan Produser Give.ID (2019), serta Komisaris di PT Sugih Reksa Indotama (2020) dan PT Nagara Sains Ekosistem (2021). Sebelumnya Abdee Slank pernah diangkat menjadi Advisor di Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) periode 2015-2019.

Itu dia berbagai sumber kekayaan Abdee Slank. Pantesan berani mundur dari jabatannya sebagai Komisaris Telkom ya! 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More