Ade Wismoyo | MataMata.com
Profil dan Perjalanan Karier Nafa Urbach (Instagram/@nafaurbach)

Matamata.com - Nafa Urbach diketahui ikut bertarung sebagai Caleg DPR RI dapil Jawa Tengah 6 dari Partai Nasdem pada Pileg (Pemilihan Legislatif) 2024. Hingga Kamis (22/2/2024), Nafa meraih suara sementara yang cukup tinggi.

Nafa Urbach mendapat 48 ribu suara sementara masyarakat Kabupaten Magelang, Purworejo, Temanggung, Wonosobo, dan Kota Magelang. Namun data yang masuk baru 79,8 persen TPS.

Langkah Nafa Urbach menjadi Anggota Dewan tinggal sedikit lagi. Apalagi perolehan suara nasional Partai Nasdem sudah melebih 4 persen, yakni 6.32 persen.

Baca Juga:
Nafa Urbach, Narji hingga Jamal Mirdad Caleg Artis Dapil Jateng, Ini Hasil Sementaranya

Setelah gagal di tahun 2019, Nafa Urbach hampir dipastikan terpilih menjadi anggota DPR RI tahun 2024 ini. Yuk simak profil dan perjalanan karier Nafa Urbach berikut ini.

1. Biodata dan Agama Nafa Urbach

Profil dan Perjalanan Karier Nafa Urbach (Instagram/@nafaurbach)

Nafa Indria Urbach merupakan aktris, penyanyi, dan politisi kelahiran Magelang pada 15 Juni 1980. Anak ketiga dari empat bersaudara tersebut blasteran Jawa-Belanda dari pasangan Ronald Walter Urbach dan Neneng Kusuma.

Baca Juga:
Nafa Urbach Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Netizen Heran Tak Seperti Artis Lain: Mau Gak Mau Ikut Partainya

Adik Nafa Urbach, Alam Anggara Urbach, merupakan seorang musisi. Saat ini Nafa Urbach berstatus janda satu anak sekaligus mantan istri Zack Lee (2007-2017).

Nafa Urbach sebenarnya menganut agama Islam saat lahir. Namun sebelum menikah dengan Zack Lee, Nafa memutuskan pindah agama ke Kristen.

Khotbah Pendeta John Hartman yang disaksikan Nafa Urbach di televisi sekitar tahun 2003 menjadi titik awal keinginannya pindah agama. Saat melihat khotbah tersebut, Nafa Urbach yang baru menjalani operasi serta putus cinta dari Primus Yustisio rupanya dibuat tenang.

Baca Juga:
Nafa Urbach Jawab Kabar Pakai Obat Keras: Kayaknya Selama Ini Hidup Nggak Pernah Neko-neko

2. Perjalanan Karier Nafa Urbach

Profil dan Perjalanan Karier Nafa Urbach (Instagram/@nafaurbach)

Karier Nafa Urbach diawali dengan menjadi vokalis Kid Rock di usia 10 tahun. Nafa lantas dikenal sebagai penyanyi bergenre slow rock tahun 1994.

Di tahun itu pula, Nafa Urbach membintangi sinetron "Deru Debu". Nama Nafa Urbach mulai dikenal berkat perannya sebagai Utari di sinetron "Bidadari yang Terluka" pada 1997.

Baca Juga:
Klarifikasi Nafa Urbach Usai Diciduk Polisi Gegara Pakai Obat Keras: Jujur Itu Nggak Pakai Resep Dokter

Sekitar 25 sinetron dan 5 judul film layar lebar telah dibintangi Nafa Urbach hingga 2024. Ia juga sudah merilis 11 album dan 11 lagu sebagai penyanyi.

Di tahun 2023, Nafa Urbach menjajal peruntungannya di balik layar. Film "Air Mata di Ujung Sajadah" merupakan proyek pertama Nafa sebagai produser bersama Beehave Entertainment.

3. Nafa Urbach Terjun ke Dunia Politik

Profil dan Perjalanan Karier Nafa Urbach (Instagram/@nafaurbach)

Pada 2019, Nafa Urbach mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dapil Jawa Tengah 6 dari Partai Nasdem. Namun pada kesempatan pertamanya itu, Nafa gagal mendapatkan cukup suara untuk lolos ke Senayan.

Nafa Urbach mengaku sudah tertarik pada dunia politik sejak usia 20-an. Setelah puas syuting selama 20 tahun, Nafa akhirnya memutuskan terjun ke dunia politik.

Partai Nasdem dipilih Nafa Urbach karena memiliki visi dan misi yang sama dengannya. Salah satu hal yang semakin memacu Nafa untuk menjadi politisi adalah komentar berbau pedofilia terhadap sang putri di media sosial.

Oleh sebab itu, Nafa Urbach fokus pada isu anak dan perempuan. Ditambah lagi kasus perundungan, kekerasan terhadap anak, dan kekerasan seksual belakangan semakin marak sehingga membuat Nafa mantap jadi Caleg di Pileg 2024.

Nafa Urbach sempat mengungkap keinginannya lanjut kuliah S1 jurusan Ilmu Politik. Namun belum ada kabar pasti mengenai rencana tersebut.

Itu dia profil dan perjalanan karier Nafa Urbach yang selangkah lagi jadi anggota DPR RI. Bagaimana pendapatmu? 

 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More