Ade Wismoyo | MataMata.com
Daftar Kasus Gathan Saleh (YouTube/C3 NEWS)

Matamata.com - Gathan Saleh mendadak jadi sorotan. Kali ini ia dituding sebagai pelaku penembakan di Jakarta Timur. Mohammad Andika Mowardi korban penembakan di kawasan Jatinegara mengungkap identitas Gathan pada Selasa (27/2/2024).

Ini bukanlah kali pertama mantan suami Dina Lorenza dan Cut Keke tersebut bermasalah dengan kepolisian. Simak daftar kasus Gathan Saleh berikut ini.

1. Pelaku Penembakan

Baca Juga:
LIVE : Sah, Gathan Saleh Hilabi - Stefano Damai

Daftar Kasus Gathan Saleh (YouTube/C3 NEWS)

Korban penembakan di Jakarta Timur, Andika, mengaku berteman dengan Gathan Saleh. Bahkan hubungan keluarga Andika dan keluarga Gathan cukup dekat.

Namun pada 8 Februari 2023 lalu, Gathan Saleh menemui Andika yang baru pulang membeli makan. Sempat cekcok, Gathan Saleh diungkap melepas tembakan dua kali ke arah Andika dan satu kali ke aspal.

Kendati tidak mengenai tubuhnya, tangan Andika terluka karena kaca belakangnya pecah akibat peluru yang dilepaskan Gathan Saleh. Panggilan polisi sebanyak dua kali pun belum digubris oleh Gathan sehingga keberadaannya masih misteri.

Baca Juga:
Korban Penganiayaan Gathan Saleh Cabut Laporan, Sepakat Damai?

2. Kasus Narkoba

Daftar Kasus Gathan Saleh (YouTube/C3 NEWS)

Pada 2021, Gathan Saleh ditangkap karena kasus narkoba di kawasan Wanayasa, Purwakarta. Barang bukti 5.8 kilogram ganja dan sabu 0.49 gram diamankan Polres Purwakarta, Jawa Barat kala itu.

Selain itu, Gathan Saleh yang diamankan bersama pria inisial F juga menyimpan senjata api merek Glock 17 Austria. Bukti 73 butir peluru Cal 9 milimeter juga ditemukan polisi.

Baca Juga:
Update Terbaru Kasus Penganiayaan yang Seret Gathan Saleh

Namun tidak diketahui pasti hukuman yang diterimanya meski kabarnya terancam hukuman mati berdasarkan pasal 114 ayat (2) dan 111 ayat (2) UU. RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

3. Penganiayaan Asisten Nathalie Holscher

Daftar Kasus Gathan Saleh (YouTube/C3 NEWS)

Gathan Saleh juga pernah dituding mengeroyok Fano asisten Nathalie Holscher. Meski ditetapkan dalam DPO (Daftar Pencarian Orang), Gathan kala itu tak kunjung muncul.

Baca Juga:
Tersangka Lain Sudah Dibekuk, Begini Reaksi Adik Gathan Saleh Hilabi

Hanya pihak keluarga Gathan Saleh dan kuasa hukumnya, Sunan Kalijaga, yang memberikan klarifikasi. Gathan disebut tak akan muncul apabila pihak kepolisian tidak mengirim surat panggilan sebagai tersangka.

Pada akhirnya kasus pengeroyokan tersebut berakhir damai antara Gathan Saleh dan asisten Nathalie Holscher.

4. Kasus Senpi

Daftar Kasus Gathan Saleh (YouTube/C3 NEWS)

Saat berstatus sebagai istri Dina Lorenza, tepatnya tahun 2011, Gathan Saleh pernah dituduh melakukan penipuan jual beli senjata api dan TKI ilegal.

Korban bernama Abdul Hakim melaporkan Gathan Saleh lantaran tidak kunjung memberikan dokumen izin kepemilikan senjata api meski telah membayar lebih dari Rp50 juta.

Gathan Saleh diungkap menjual senjata api berjenis Cis Kaliber 22 seharga Rp40 juta dan biaya izin Rp19 juta. Transaksi tersebut pun sudah berlangsung sejak 2008 sehingga Abdul Hakim sudah habis kesabaran.

Itu dia daftar kasus Gathan Saleh, terbaru kasus penembakan.

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More