Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Preity Zinta. (Instagram/@realpz)

Matamata.com - Aktris Bollywood tidak cuma jago akting, tapi beberapa di antara mereka juga terjun ke dunia bisnis. Meskipun seleb Bollywood ada yang menikah dengan pengusaha kaya, mereka tetap super woman dengan kemampuan wirausahanya. Salah satunya Shilpa Shetty.

Selain film, Shilpa Shetty memiliki keterlibatan dalam usaha-usaha menghasilkan laba lainnya, kebanyakan dari mereka dibiayai oleh suaminya Raj Kundra. Setelah Shilpa dan Raj menjual saham mereka di tim IPL Rajasthan Royals akibat Mahkamah Agung menyatakan Raj bersalah karena memasang taruhan pada permainan IPL, Shilpa terlibat sendiri dalam usaha bisnis.

Shilpa juga memiliki perusahaan produksi filmnya sendiri dan memproduksi film berjudul Dishkiyaoon (2014), meski tidak masuk box office. Shilpa Shetty juga memiliki rantai spa dan salon India bernama losis.

Baca Juga:
5 Potret Mesra Preity Zinta dan Suami, Bikin Baper Abis!

Dia meluncurkan DVD Yoga kebugarannya pada tahun 2015, yang menerima tanggapan luar biasa. Selain mengelola semua usaha bisnisnya, Shilpa sekarang lebih aktif di televisi.

Dia menjadi juri banyak acara di televisi, yang terbaru adalah acara reality dance Super Dancer di saluran Sony Entertainment. Jadi, selain sebagai aktris, ia adalah seorang pengusaha wanita, produser, model dan pembawa acara televisi. Keren ya?

Shilpa Shetty dan Raj Kundra (Instagram/@theshilpashetty)

Siapa lagi aktris Bollywood yang juga pengusaha sukses? Ini daftarnya dilansir dari msn.com.

Baca Juga:
Super Ramah, Ini 7 Potret Kedekatan Preity Zinta dengan Lawan Mainnya

1. Twinkle Khanna

Twinkle Khanna dan Akshay Kumar (Instagram/@twinklerkhanna)

Istri Akshay Kumar, Twinkle Khanna menjalankan bisnis lilin dengan ibunya, Dimple Kapadia dan menghasilkan banyak uang. Sekadar informasi, ini bukan bisnis lilin kecil. Perusahaan lilin mereka tidak hanya beroperasi di pasar India, tetapi lilin mereka juga diekspor di banyak negara lain.

Twinkle Khanna juga memulai sebuah perusahaan desain interior yang disebut The White Window di Mumbai. Dalam rentang waktu yang sangat singkat, kedua bisnisnya berkembang pesat.

Baca Juga:
Kisah Cinta Preity Zinta, Ternyata Pernah Dianiaya

Selain itu, Twinkle yang memiliki bakat unik untuk menulis juga merupakan kolumnis surat kabar terkemuka. Kolomnya muncul di surat kabar terkenal seperti DNA dan The Times of India.

Dia juga seorang penulis. Novel debutnya 'Mrs Funnybones' terbit pada bulan Agustus 2015 dan terjual jutaan copy di seluruh dunia, membuatnya dinobatkan sebagai penulis wanita terlaris India tahun 2015.

Twinkle menulis buku keduanya berjudul 'The Legend Of Lakshmi Prasad' yang debut No 2 di Amazon. Twinkle Khanna juga merupakan produser film dan telah memproduksi hampir enam film di bawah Grazing Goat Pictures.

Dia juga baru-baru ini mendirikan rumah produksi terpisah. Film Padman yang dibintangi Akshay Kumar menjadi film pertamanya sebagai produser film independen. Keren ya?

2. Sushmita Sen

Sushmita Sen (Instagram/@sushmitasen47)

Selain aktris dan ibu tunggal bagi dua putri, ratu kecantikan Sushmita Sen adalah seorang pengusaha hebat. Dia telah mendirikan perusahaan produksi yang bernama Tantra Entertainment.

Sushmita juga memiliki toko ritel perhiasan di Dubai, yang dikelola oleh ibunya. Aktris ini juga memiliki rencana untuk membuka rantai hotel dan spa di bawah perusahaannya Sensazione.

Berkat pengalamannya sebagai mantan ratu kecantikan, Sushmita sedang berupaya mengambil franchise Miss Universe 'I Am She' yang baru-baru ini diambil alih oleh Femina.

3. Karisma Kapoor

Karisma Kapoor (Instagram/@therealkarismakapoor)

Setelah menjadi aktris Bollywood yang sukses, Karisma Kapoor alias Lolo memulai usahanya sendiri. Aktris ini menjalankan portal e-commerce terkenal yang menjual produk perawatan bayi dan ibu. Dia baru-baru ini berinvestasi dalam usaha itu.

4. Lara Dutta

Lara Dutta (Miss Universe 2000) (Instagram/@larabhupathi)

Lara Dutta menjajal profesi sebagai produser film. Dia mendirikan perusahaan produksinya sendiri bernama Bheegi Basanti, pada tahun 2011 dan memproduksi film berjudul Chalo Dill’, yang menampilkan Vinay Pathak dan dirinya sendiri.

Dia juga telah meluncurkan koleksi sari bekerja sama dengan Chabbra 555. Dia juga memiliki DVD kebugaran. Ini adalah sumber yang cukup untuk menghasilkan banyak uang.

5. Preity Zinta

Preity Zinta (Instagram/@realpz)

Aktris berlesung pipit Bollywood ini juga adalah pengusaha hebat. Meraih gelar dalam Psikologi Kriminal, Preity Zinta memiliki banyak prestasi dalam dunia pendidikan.

Dia adalah seorang kolumnis, seorang aktivis dan juga salah satu pendiri tim IPL Kings of Punjab! Dia juga seorang wanita bisnis yang sukses dan contoh sempurna dari wanita cantik yang pintar.

6. Malaika Arora

Malaika Arora Khan (Instagram/@malaikaarorakhanofficial)

Selain aktif sebagai aktris, presenter TV, juri ajang pencarian bakat dan dancer, Malaika Arora adalah pebisnis yang cerdas. Bekerja sama dengan Bipasha Basu dan Sussanne Khan, Malaika membuat situs web mode online bernama The Label Life, di mana ia adalah editor gaya untuk pakaian.

Siapa aktris Bollywood yang juga pengusaha favoritmu?

Load More