Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Ed Sheeran ([Dok. PK Entertainment, Sound Rhythm, AEG Presents])

Matamata.com - Ed Sheeran baru saja merilis single bertajuk Bad Habits. Lagu tersebut langsung berada di posisi nomor 1 Official Trending Chart minggu ini. Belum lama ini, Ed Sheeran juga mengungkap telah menulis lagu untuk boyband asal Korea Selatan, BTS. Dalam sebuah tanya jawab, Ed Sheeran membocorkan judul lagu hasil kolaborasinya dengan BTS yakni Permission to Dance.

Belakangan keseharian Ed Sheeran juga disorot. Seperti baru-baru ini, Ed Sheeran kedapatan sedang menonton pertandingan EURO 2020 antara Inggris dan Jerman. Kebahagiaan tampak terpancar di wajah Ed Sheeran setelah Inggris berhasil memenangkan pertandingan dan lolos ke babak perempat final.

Profil Ed Sheeran (Instagram/@teddysphotos)

Kualitas Ed Sheeran sebagai penyanyi dan pencipta lagu tentu tak perlu diragukan lagi. Ingin mengenal lebih jauh tentang sosok Ed Sheeran? Simak profil lengkapnya berikut ini.

Baca Juga:
7 Fakta Kolaborasi Ed Sheeran dan BTS, ARMY: Makin Tak Sabar!

1. Biodata Ed Sheeran

Profil Ed Sheeran (Instagram/@teddysphotos)

Ed Sheeran yang lahir di Halifax pada 17 Februari 1991 diketahui berkewarganegaraan Inggris. Orangtua Ed Sheeran adalah John Sheeran dan Imogen, sedangkan saudaranya bernama Matthew Sheeran.

Ayah Ed kurator seni, sang ibu pengusaha perhiasan, dan kakaknya adalah seorang komposer musik. Pria yang hobi bermain gitar ini sudah memiliki istri cantik bernama Cherry Seaborn.

Baca Juga:
Ini Lirik Lagu Perfect by Ed Sheeran

2. Awal Karier Ed Sheeran

Profil Ed Sheeran (Instagram/@teddysphotos)

Ed Sheeran tak hanya dikenal sebagai penyanyi, tetapi juga musisi jenius yang pandai menulis lagu. Ed juga bisa memainkan alat musik seperti piano dan gitar. Kejeniusan Ed dalam menciptakan lagu dibentuk dari didikan orangtua yang membatasinya menonton televisi. Sebagai gantinya, orangtua Ed memberi tumpukan buku dan gitar.

Sejak usia 3 tahun, bakat musik Ed Sheeran sudah terlihat. Kemudian pada usia 11 tahun, Ed mulai mengambil kelas gitar. Pertemuan Ed dengan Damien Race di kelas tersebut membuatnya telah menelurkan album berjudul The Orange Room pada usia 14 tahun.

Baca Juga:
Cherry Seaborn Melahirkan, Ed Sheeran Beri Nama Ini Buat Sang Putri

Perjuangan Ed Sheeran dimulai saat memutuskan pindah ke London di usia 16 tahun. Ed mengaku dirinya harus menjadi gelandangan dan berpindah-pindah tempat tidur. Bahkan circle line di stasiun sudah menjadi tempat tidur yang nyaman untuk Ed. Itu semua dilakukan Ed untuk memulai kariernya dengan menyanyi dari panggung ke panggung.

Lantaran merasa kariernya tidak berkembang di London, Ed Sheeran kemudian pindah ke Los Angeles. Ia kemudian bertemu Jamie Foxx yang menawarinya untuk tinggal bersama setelah melihat bakatnya bermusik. Karier Ed Sheeran mulai berkembang pesat ketika menandatangani kontrak dengan Atlantic Record.

3. Puncak Karier Ed Sheeran

Baca Juga:
Beli Rumah di London, Ed Sheeran Habiskan Duit Rp 176 Miliar

Profil Ed Sheeran (Instagram/@teddysphotos)

Berbagai prestasi gemilang telah didapatkan Ed Sheeran. Lagu Shape On You yang dirilis Ed Sheeran di tahun 2016 memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100 pada 2018 dengan jumlah pendengar Spotify mencapai lebih dari 2 miliar. Ed Sheeran juga menerima sejumlah penghargaan seperti BBC Music Awards, Grammy Awards, Billboard Music Award, dan masih banyak lagi.

4. Kehidupan Pribadi Ed Sheeran

Profil Ed Sheeran (Instagram/@teddysphotos)

Ed Sheeran mengaku sudah menikahi sahabat masa kecilnya, Cherry Seaborn, pada 2019. Namun Ed tidak menceritakan pernikahannya secara detail.

Ed hanya diketahui sudah bertunangan dengan Cherry pada Januari 2018. Rumor yang beredar menyebut keduanya menikah sebelum natal di tahun 2018 pula dan hanya dihadiri keluarga saja.

Pada 1 September 2020, Ed Sheeran mengumumkan bahwa putri cantiknya yang diberi nama Lyra Antarctica Seaborn Sheeran telah lahir.

5. Kontroversi Ed Sheeran

Profil Ed Sheeran (Instagram/@teddysphotos)

Ed Sheeran juga tak lepas dari kontroversi. Pada 2017, dua lagunya yakni Shape of You dan Perfect dituduh menjiplak. Shape of You dianggap menjiplak lagu No Scrub milik TLC. Sedangkan Perfect dituding mirip dengan lagu Amazing milik Matt Cardle.

Di tahun 2018, lagu yang diciptakan Ed Sheeran untuk Tim Mcgraw dan Faith Hill berjudul The Rest of Our Life (2018) dinilai memiliki kesamaan dalam jumlah besar dengan tembang milik Thirsty Merc, When I Found You (2015).

Gimana guys? Udah lebih kenal sama Ed Sheeran belum?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More