Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Sinopsis Film Dune. (YouTube/Warner Bros Pictures)

Matamata.com - Dune adalah salah satu film yang paling dinantikan di tahun 2021. Film garapan Denis Villeneuve ini merupakan adaptasi dari novel yang telah terbit pada tahun 1965 berjudul sama karya Frank Herbert. Film ini sangat dinantikan karena penonton berharap film ini akan sebagus novelnya. Mengingat novel Dune merupakan novel fiksi ilmiah terlaris sepanjang sejarah.

Sinopsis Film Dune. (IMDb)

Novel Dune berhasil memenangkan Hugo Award dan Nebula Award untuk kategori fiksi ilmiah luar biasa. Pencapaian novel ini pun membuat penonton menaruh harapan tinggi pada film Dune. Belum lagi Villeneuve yang dinobatkan sebagai "Filmmaker of the Decade" ini adalah sutradara yang bakal mengarahkan film ini.

Tak hanya itu saja sederet nama besar yang digaet jadi pemeran juga menjadi daya tarik dari film ini. Dune dibintangi oleh Timothee Chalamet, Rebecca Ferguson, Zendaya, Oscar Isaac, Josh Brolin, Stellan Skarsgard, Dave Bautista, Stephen McKinley Henderson. Dune dijadwalkan bakal rilis pada 22 Oktober besok. Sambil menunggu Dune, simak dulu sinopsis Dune berikut ini.

Baca Juga:
Kepoin Sinopsis Transcendence, Aksi Johnny Depp Jadi Ilmuwan

Sinopsis Dune

Sinopsis Film Dune. (YouTube/Warner Bros Pictures)

Dune berkisah tentang seorang pemuda bernama Paul Atreides yang diperankan oleh Timothee Chalamet yang akan pindah dari tempat tinggalnya saat ini di Caladan bersama anggota keluarganya. Paul dan keluarganya akan menjalani hidup baru di sebuah planet lain yang bernama planet Arrakis. Arrakis merupakan planet dengan kondisi alam berupa gurun pasir yang luas.

Sekilas, planet Arrakis merupakan planet yang gersang karena merupakan gurun. Akan tetapi Arrakis menyimpan hal istimewa di dalamnya. Arrakis menyimpan rempah-rempah yang disebut spice. Spice di Arrakis sangat melimpah dan mengandung khasiat istimewa. Spice dapat digunakan sebagai obat dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan siapapun yang mengonsumsi spice dipercaya akan memiliki umur panjang. Hal ini membuat spice menjadi barang langka yang dicari banyak orang.

Baca Juga:
Sinopsis Film Yowis Ben 3: Kisah Cinta Bayu Makin Rumit

Sinopsis Film Dune. (IMDb)

Paul dan keluarganya sangat beruntung karena Arrakis diwariskan kepada mereka sementara sumber daya alam dari rempah spice ini pusatnya adalah di Arrakis. Klan Atreide adalah pewaris sah untuk planet Arrakis, namun mereka tidak tinggal sendirian di sana. Pasalnya penduduk asli Arrakis yang disebut suku Fremen juga tinggal di sana.

Suku Fremen memiliki ritual dan sebuah sistem untuk konservasi air di planet Arrakis yang gersang. Mereka rupanya menyuling air dari mayat untuk menghemat air. Selain itu, pihak kerajaan juga tidak terlalu ramah pada klan Atreides. Paul pun harus berhadapan dengan cacing pasir raksasa yang ternyata memiliki hubungan dengan Suku Fremen. Belum lagi musuh-musuh yang mengincar spice serta planet Arrakis. Lantas mampukan Paul melindungi dan menjaga Arrakis? Temukan jawabannya di Dune yang bakal tanggal pada 22 Oktober besok.

Dune digadang-gadang bakal menampilkan gambaran film fiksi ilmiah yang lebih detail dibandingkan karya Villeneuve yang sebelumnya. Jadi nggak heran kalau film ini memang sangat dinantikan. Selain itu ada beberapa fakta menarik yang pastinya bakal membuatmu makin nggak sabar buat nonton Dune. Apa saja kira-kira fakta film Dune? Langsung saja simak daftarnya ini.

Baca Juga:
Sinopsis Chimera, Drama Thriller Baru Park Hae Soo setelah Squid Game

Sinopsis Film Dune. (IMDb)

1. Diadaptasi dari Novel Fiksi Ilmiah Terlaris Sepanjang Sejarah

Film Dune merupakan adaptasi dari novel yang telah terbit pada tahun 1965 berjudul sama karya Frank Herbert. Novel Dune merupakan novel fiksi ilmiah terlaris sepanjang sejarah dan memenangkan Hugo Award dan Nebula Award.

2. Sudah Ditawarkan pada Villeneuve Sejak 2016

Baca Juga:
Sinopsis The Guilty, Film Baru Jake Gyllenhaal Tayang di Netflix

Dune sudah dibeli hak filmnya oleh Legendary Pictures pada 2016 silam dan mengincar Villeneuve sebagai sutradaranya. Sayangnya pada tahun tersebut, Villeneuve masih menggarap Arrival dan Blade Runner 2049. Tetapi pada akhirnya Villeneuve setuju untuk menggarap Dune.

3. Staf Produksi Langganan Oscar

Sinopsis Film Dune. (IMDb)

Dune tak hanya menggaet sutradara top Villeneuve, tetapi juga nama besar lainnya untuk tim produksinya. Sebut saja editor Joe Walker yang sudah dua kali masuk nominasi Oscar lewat Arrival dan Blade Runner 2049. Ada juga Greig Fraser sebagai sinematografinya yang juga pernah masuk nominasi oscar lewat Rogue One: A Star Wars Story (2016).

4. Bakal Dibuat Sekuel

Melihat padatnya materi cerita yang harus digarap maka Villeneuve sudah berancang-ancang untuk membuat sekuel Dune. Meskipun kabar ini belum dikonfirmasi namun penggemar pastinya semakin tak sabar menunggu film Dune.

Itu dia sinopsis Dune beserta fakta menariknya. Bagaimana makin tak sabar bukan menunggu Dune?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More