Yohanes Endra | MataMata.com
Aktris India Terkaya (instagram/@aishwaryaraibachchan_arb)

Matamata.com - Sejumlah aktris Bollywood mendapatkan gaji besar untuk film-film yang mereka bintangi. Namun bagi kebanyakan aktris, sumber kekayaan yang paling menguntungkan datang dari kesepakatan iklan, usaha bisnis, dan investasi.

Jika berbicara tentang aktris India terkaya, nama Aishwarya Rai muncul di daftar paling atas. Termasuk Aishwarya, berikut 9 aktris India terkaya menurut data di Celebrity Net Worth dan berbagai sumber.

1. Aishwarya Rai – Rp1,4 triliun

Baca Juga:
5 Artis Bollywood Meninggal Usia Muda, Manisha Yadav hingga Sushant Singh

Aktris India Terkaya (instagram/@aishwaryaraibachchan_arb)

Mantan Miss World Aishwarya Rai telah mengumpulkan kekayaan bersih USD 100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun. Aktris 47 tahun itu telah menjadi global ambassador L'Oréal selama lebih dari satu dekade sekarang, menjadi salah satu kesepakatan iklan yang paling menguntungkan.

Sebagai salah satu wajah paling terkenal di India, Aishwarya Rai juga telah mendukung banyak merek, dari Lux, Coca-Cola dan Longines, hingga Pepsi dan Fuji Films. Bintang Devdas ini juga berinvestasi di sebuah perusahaan perawatan kesehatan berbasis nutrisi.

2. Priyanka Chopra – Rp986 miliar

Baca Juga:
Nama Asli 13 Artis Bollywood, Amitabh Bachchan dan Akshay Kumar Beda Banget

Aktris India Terkaya (instagram/@priyankachopra)

Tidak mengejutkan bahwa Priyanka Chopra menempati urutan kedua dalam daftar ini. Menurut Celebrity Net Worth, kekayaan bintang berusia 39 tahun ini mencapai USD 70 juta atau sekitar Rp986 miliar. Juga aktif di Hollywood, ia dikontrak sejumlah mereka terkenal seperti Crocs, Bon V!V Spiked Seltzer.

Baru-baru ini Priyanka juga ditunjuk sebagai global ambassador Bulgari. Bersama sang suami, Nick Jonas, ia menjadi produser film dan musik Broadway dan berinvestasi di perusahaan teknologi seperti Bumble. Selain itu, Priyanka adalah pemilik merek perawatan rambut dan restoran India mewah di New York.

3. Kareena Kapoor – Rp845 miliar

Baca Juga:
7 Potret Transformasi Ranbir Kapoor, Aktor Bollywood yang Ultah ke-39

Aktris India Terkaya (instagram/@kareenakapoorkhan)

Kareena Kapoor telah berkarier Bollywood selama lebih dari dua dekade sekarang dan diperkirakan memiliki kekayaan bersih USD 60 juta atau Rp845 miliar, menurut IBTimes India. Jumlah kesepakatan iklan istri Saif Ali Khan ini juga tidak ada bandingannya.

Saking populernya, Kareena dikabarkan telah meng-endorse lebih dari 15 merek sekarang. Bintang 3 Idiots ini juga berinvestasi di beberapa real estat di seluruh Bandra, Mumbai. Ia juga akan memproduseri film thriller baru Hansal Mehta berikutnya.

4. Anushka Sharma – Rp662 miliar

Baca Juga:
5 Anak Seleb Bollywood Punya Mata Indah, Ada Putri Sanjay Dutt!

Aktris India Terkaya (instagram/@anushkasharma)

Menurut DNA India, aktris dan produser film Anushka Sharma diperkirakan memiliki kekayaan bersih USD 46 juta atau sekitar Rp662 miliar. Aktris PK itu dilaporkan mengenakan biaya sekitar 15 crores rupee (sekitar Rp28 miliar) per film.

Sumber kekayaannya dari iklan juga sangat mengesankan. Anushka Sharma mendukung serangkaian merek terkenal, seperti Nivea, Pantene, Elle 18 Cosmetics, Google Pixel dan Vivo. Ia juga mendirikan rumah produksi film bersama saudara laki-lakinya.

5. Deepika Padukone – Rp563 miliar

Aktris India Terkaya (instagram/@deepikapadukone)

Deepika Padukone baru-baru ini memilih keluar dari proyek Sanjay Leela Bhansali karena negosiasi gaji. Aktris berusia 35 tahun itu diperkirakan memiliki kekayaan USD 40 juta atau sekitar Rp563 miliar, menurut Celebrity Net Worth.

Bintang Padmaavat ini juga mendukung merek besar seperti Coca-Cola, Nike, L'Oréal Paris, Chopard dan Tissot. Baru-baru ini, ia mengumumkan merek gaya hidupnya sendiri yang diperkirakan akan diluncurkan pada 2022.

6. Madhuri Dixit – Rp493 miliar

Aktris India Terkaya (instagram/@madhuridixitnene)

Sebagai salah satu aktris dengan bayaran tertinggi tahun 90-an, Madhuri Dixit  menikmati kekayaan bersih sekitar USD 35 juta atau Rp493 miliar, menurut Celebrity Net Worth. Ia kembali bekerja di Bollywood setelah cuti panjangnya pada tahun 2007 dan telah muncul di lusinan film sejak itu.

Madhuri Dixit juga telah menjadi juri pada kompetisi menari seperti Jhalak Dikhhla Jaa, So You Think You Can Dance dan Dance Deewane. Gajinya juga berasal dari mendukung banyak produk makanan dan minuman yang mencakup Nutrela, Dabur Chyawanprash dan Country Delight.

7. Katrina Kaif – Rp422 miliar

Aktris India Terkaya (instagram/@katrinakaif)

Disebut-sebut sebagai aktris Bollywood yang bekerja paling keras, Katrina Kaif dilaporkan memiliki kekayaan bersih sebesar USD 30 juta atau sekitar Rp422 miliar, menurut Celebrity Net Worth. Tidak mengherankan karena aktris berusia 35 tahun ini telah membintangi banyak film box-office dalam lima tahun terakhir.

Seperti dilansir GQ India, Katrina Kaif telah mendukung beberapa merek besar seperti Reebok, Tropicana, Lenskart, Metro Shoes dan Oppo, menghasilkan jutaan dollar dari iklan-iklan tersebut. Ia juga meluncurkan merek make-up bernama Kay Beauty.

8. Shilpa Shetty – Rp253 miliar

Aktris India Terkaya (instagram/@theshilpashetty)

Di tengah kontroversi seputar suaminya, kekayaan bersih Shilpa Shetty dilaporkan sebesar USD 18 juta atau sekitar Rp253 miliar, menurut CA Knowledge. Istri Raj Kundra itu memulai aplikasi kebugaran yang sukses yang disebut Aplikasi Simple Soulful, restoran kelas atas, dan bahkan lini pakaian.

Shilpa Shetty juga mengikuti jejak Madhuri Dixit dengan menjadi juri kompetisi menari seperti Zara Nachke Dikha, Nach Baliye dan Super Dancer. Menurut Times of India, Shetty memperoleh honor yang cukup besar untuk penampilannya di Super Dancer.

9. Kajol – Rp225 miliar

Aktris India Terkaya (instagram/@kajol)

Ketenaran Kajol masih membuat film-filmnya yang sukses. Sementara itu, aktris yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih USD 16 juta atau sekitar Rp225 miliar ini juga memiliki sebuah gedung mewah di Mumbai bernama Shiv Shakti, seperti dilansir Republic World.

Kajol juga mendapatkan gaji besar melalui dukungannya untuk merek-merek seperti Charmis, Joyalukkas Jewellery dan Whirlpool India, di mana ia tampil bersama suaminya Ajay Devgan.

Melihat usaha keras mereka selama bertahun-tahun, nggak heran jika mereka menjadi aktris India terkaya. Setuju? 

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More