Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Fakta Album Baru Ed Sheeran Equals (Instagram/@teddysphotos)

Matamata.com - Ed Sheeran akan merilis album terbarunya pada hari ini (29/10/2021). Penggemar tentu sudah tidak sabar menantikannya. Apalagi Ed Sheeran diketahui terakhir kali merilis album Divide (:) pada 2017.

Namun saat penggemar tengah berbahagia, Ed Sheeran dikabarkan terpapar Covid-19. Lantas seperti apa cara Ed mempromosikan album terbarunya? Simak berbagai fakta album baru Ed Sheeran berikut ini.

1. Penantian 4 Tahun

Baca Juga:
Profil Ed Sheeran: Musisi Jenius yang Ciptakan Lagu untuk BTS

Fakta Album Baru Ed Sheeran Equals (Instagram/@teddysphotos)

Album terbaru Ed Sheeran merupakan penantian panjang penggemar setelah dirilisnya album Divide (:) pada 2017. Divide terdiri dari 12 lagu yang diawali lagu Eraser dan diakhiri lagu Supermarket Flowers. Sebelum merilis album Divide, Ed Sheeran meluncurkan lagu Shape of You dan Castle on the Hill.

Sedangkan album terbaru Ed Sheeran akan terdiri dari 14 lagu. Ed Sheeran juga telah merilis single Bad Habits (25 Juni 2021), Visiting Hours (19 Agustus 2021), dan Shivers (10 September 2021). Lagu-lagu tersebut kembali memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100.

2. Simbol Matematika Equals (=)

Baca Juga:
7 Fakta Kolaborasi Ed Sheeran dan BTS, ARMY: Makin Tak Sabar!

Fakta Album Baru Ed Sheeran Equals (Instagram/@teddysphotos)

Ed Sheeran masih menggunakan simbol matematika sebagai nama albumnya. Album yang akan dirilis Ed Sheeran berjudul = (dibaca Equals). Pada 2011, Ed Sheeran merilis + (Plus) dilanjutkan x (Multiply) dan : (Divide) masing-masing pada 2014 dan 2017. Jarak antar album Ed Sheeran biasanya hanya 3 tahun. Namun untuk album Equals, butuh 4 tahun untuk Ed menyelesaikannya. Album Equals juga membuat penggemar 'tertipu' karena mengira akan berjudul - (Minus).

3. Lebih Dewasa

Fakta Album Baru Ed Sheeran Equals (Instagram/@teddysphotos)

Selama 4 tahun terakhir, kehidupan Ed Sheeran diketahui banyak mengalami perubahan. Dalam rentang waktu tersebut, Ed menikah dan menjadi seorang ayah. Ed Sheeran juga kehilangan sahabatnya tercinta, Michael Gudinski yang merupakan impresario musik Australia. Berbagai perubahan tersebut merupakan topik-topik yang diangkat Ed Sheeran dalam album Equals. Ia juga merasa lebih dewasa dan tak sabar ingin membagi bab kehidupannya tersebut kepada penggemar.

Baca Juga:
Ini Lirik Lagu Perfect by Ed Sheeran

Ed Sheeran menuliskan perjalanan cintanya melalui lagu The Joker And The Queen, First Time, dan 2step. Sedangkan Visiting Hours mengungkap kondisi Ed yang telah berdamai atas kehilangan mentor sekaligus sahabatnya. Ketangguhan digambarkan Ed melalui lagu Can't Stop The Rain. Ada pula cerita Ed saat menjadi ayah di lagu Sandman dan Leave Your Life. Tak lupa Ed menyisipkan lagu tentang mengolah kenyataan dan kariernya, yakni berjudul Tides.

4. Promosikan Album dari Rumah

Fakta Album Baru Ed Sheeran Equals (Instagram/@teddysphotos)

Namun jelang perilisan album Equals, Ed Sheeran terpapar Covid-19. Pada Minggu (24/10/2021), kondisi tersebut dikabarkan Ed melalui Instagram pribadinya. Ed selanjutnya melakukan isolasi mandiri sesuai pedoman pemerintah. Oleh sebab itu, Ed akan mempromosikan album terbarunya dari rumah dan menyampaikan permintaan maaf atas kondisi kurang menyenangkan yang membuat berbagai pihak kecewa.

Baca Juga:
Cherry Seaborn Melahirkan, Ed Sheeran Beri Nama Ini Buat Sang Putri

Ed Sheeran seharusnya dijadwalkan menjadi pembaca cerita pengantar tidur di program CBeebies Bedtime Stories pada 5 November mendatang. Ed juga akan menjadi bintang tamu di Saturday Night Live pada 6 November 2021, tetapi harus dibatalkan karena kondisi terpapar Covid-19 tersebut.

5. Tur Stadion 2022

Fakta Album Baru Ed Sheeran Equals (Instagram/@teddysphotos)

Seiring dengan perilisan album terbaru Equals, Ed Sheeran akan melangsungkan tur stadion berjudul + – = x atau The Mathematics Tour pada 2022. Adapun tur stadion Ed akan berlangsung di Inggris, Irlandia, Eropa Tengah, dan Skandinavia. Tim produksi mengungkap konsep panggung bundar  sehingga penonton akan mengelilingi Ed Sheeran saat menonton di stadion. Tiket tur stadion Ed Sheeran telah dijual sejak 25 September 2021. The Mathematics Tour rencananya akan dimulai di Irlandia pada 28 April 2022 hingga ditutup pada 29-30 Juni 2022 di London Wembley Stadium, Inggris.

Sudah tidak sabar menantikan perilisan album terbaru Ed Sheeran? Nantikan dan jangan lupa untuk streaming di platform resmi ya!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More