Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Fakta Lagu November Rain (YouTube/Guns N' Roses)

Matamata.com - Bulan November sering dikaitkan dengan musim hujan dan cuaca dingin. Lagu-lagu sendu seperti single rock legendaris November Rain yang dipopulerkan oleh Guns N' Roses cocok didengarkan di suasana seperti ini. 

November Rain ditulis oleh vokalis utama band Axl Rose, dan dirilis sebagai single pada tahun 1992 dari album studio ketiga mereka yang bertajuk Use Your Illusion I (1991). Liriknya menceritakan tentang asmara, patah hati dan kehilangan.

Duff McKagan dan Slas dalam konser Guns N Roses. (Shutterstock)

November Rain cukup membuat hatimu tak karuan kala mendengarkannya meski genre musiknya rock. Apalagi jika didengarkan saat hujan. Berikut ini deretan fakta lagu November Rain yang diragum dari berbagai sumber.

Baca Juga:
Lirik Lagu November Rain dan Terjemahan - Guns N' Roses

1. Berjaya di Billboard Hot 100

Fakta Lagu November Rain (YouTube/Guns N' Roses)

Lagu November Rain berhasil menduduki peringkat tiga di Billboard Hot 100, menjadikannya lagu terpanjang dalam sejarah yang masuk sepuluh besar tangga lagu bergengsi di Amerika Serikat itu.

Single ini juga merupakan lagu terpanjang ketiga yang masuk ke chart Hot 100, serta terlama kedua pada saat dirilis. November Rain mencapai nomor dua di Portugis Singles Chart, nomor empat di UK Singles Chart, dan 10 besar di beberapa tangga musik lainnya di seluruh dunia.

Baca Juga:
Lirik Lagu Wajar - Cokelat, Astrid Jadi Vokalis

2. Durasi Lagu Aslinya 25 Menit

Fakta Lagu November Rain (YouTube/Guns N' Roses)

November Rain merupakan bagian dari album Use Your Illusion I yang dirilis pada bulan September 1991. Namun lagu ini baru keluar sebagai single pada Februari 1992. Ditulis oleh Axl Rose, versi asli dari lagu ini sebenarnya berdurasi 25 menit. Namun akhirnya diedit menjadi 8 menit 59 detik.

Slash, gitaris  Guns N' Roses, mengungkapkan dalam otobiografinya bahwa versi awal 18 menit dari lagu tersebut direkam pada sesi dengan gitaris Nazareth Manny Charlton pada tahun 1986, sebelum sesi Appetite For Destruction dimulai.

Baca Juga:
Lirik Apa Kabar Mantan - NDX, Jadi Viral di Tik Tok

3. Lirik dan Video Terinspirasi dari Cerpen

Fakta Lagu November Rain (YouTube/Guns N' Roses)

Lirik dan video musik November Rain ternyata berdasarkan cerpen karya Del James berjudul Without You. Cerita ini merupakan bagian dari koleksi berjudul The Language Of Fear, yang dibawa kembali ke pasar pada tahun 2008 setelah tidak dicetak lagi.

Video musik November Rain disutradarai oleh Andy Morahan, yang telah membuat video populer George Michael untuk Father Figure dan Faith. Morahan juga bekerja dengan Guns N' Roses untuk hit lain mereka, Don't Cry dan You Could Be Mine.

Baca Juga:
Heboh Akun John Lennon Posting Lirik Imagine Berbahasa Indonesia dan Jawa

4. Video Musik Habiskan Puluhan Miliar

Fakta Lagu November Rain (YouTube/Guns N' Roses)

Video musik November Rain menghabiskan budget lebih dari USD 1,5 juta (kini setara dengan Rp21,4 miliar). Meski budget besar, Guns N' Roses menuai keuntungan besar karena banyak diputar di MTV. Bintang video musiknya adalah aktris dan model Stephanie Seymour, pacar Axl Rose pada saat itu.

Dalam video, Stephanie dan Axl menikah dengan Slash yang berperan sebagai pendamping pria di barisan terdepan. Setelah pernikahan, hujan mulai turun dan adegan berikutnya adalah pemakaman Stephanie di gereja yang sama.

5. Cetak Rekor 1 Miliar Penayangan di YouTube

Fakta Lagu November Rain (YouTube/Guns N' Roses)

Video musik November Rain pertama kali diputar di acara metal MTV Headbanger's Ball pada 6 Juni 1992. Video ini menyabet penghargaan untuk sinematografi terbaik di MTV Video Music Awards 1992, serta penghargaan Video Vanguard. Guns N' Roses membawakan lagu ini sebagai penutup acara bersama dentingan piano Elton John.

Pada 15 Juli 2018, November Rain menjadi video pertama dari tahun 90-an yang mencetak rekor dengan satu miliar penayangan di YouTube. Video musik lagu ini telah mencatat lebih dari 1,7 miliar tampilan hingga artikel ini dibuat. Prestasi yang sangat membanggakan di tengah munculnya lagu-lagu pop baru. Itu dia deretan fakta November Rain, lagu patah hati yang cocok didengarkan saat hujan. Lagu favorit siapa nih?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More