Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Film Terbaik Shah Rukh Khan (Imdb)

Matamata.com - Jika berbicara tentang film terbaik Shah Rukh Khan, semua orang pasti akan bingung. Dikenal sebagai Raja Bollywood, aktor kelahiran 2 November 1965 itu telah membintangi banyak film blockbuster.

Aktif berakting sejak 1988, Shah Rukh Khan telah membuktikan bahwa ia bisa menjadi orang yang cocok untuk memerankan peran apa pun, baik itu romantis, action, antagonis, atau peran yang baru sekalipun.

Shah Rukh Khan berakting di banyak film yang rata-rata sukses besar di box office. Ia memiliki penggemar besar tidak hanya di India tetapi di seluruh dunia. Sebenarnya tidak mudah untuk menyebutkan hanya beberapa film terbaik dari aktor tersebut.

Baca Juga:
9 Potret Transformasi Shah Rukh Khan, Bintang Bollywood Lagi Ultah ke-56

Potret Transformasi Shah Rukh Khan (Instagram/@iamsrk)

Menentukan film mana yang terbaik juga bisa menjadi subjektif karena setiap orang memiliki seleranya sendiri. Namun di hari ulang tahunnya yang ke-56, Matamata.com akan memilih 10 film terbaik Shah Rukh Khan yang tidak boleh dilewatkan.

1. Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

Film Terbaik Shah Rukh Khan (Imdb)

Dilwale Dulhania Le Jayenge adalah salah satu film Bollywood terlaris yang bahkan masih suka ditonton hingga hari ini. Film dibintangi Shah Rukh Khan bersama Kajol sebagai pemeran utama. Kisahnya tentang Raj (Shah Rukh Khan) dan Simran (Kajol) bertemu dalam perjalanan Eropa dan saling jatuh cinta. Raj mengikuti Simran ke India untuk memenangkan hati ayah Simran (Amrish Puri) yang menentang hubungan mereka.

Baca Juga:
Profil Ananya Panday, Aktris Terseret Kasus Narkoba Anak Shah Rukh Khan

2. Devdas (2002)

Film Terbaik Shah Rukh Khan (Imdb)

Devdas adalah sebuah drama romantis yang didasarkan pada karya penulis Sarat Chandra Chatterjee. Shah Rukh Khan membintangi film ini bersama Madhuri Dixit dan Aishwarya Rai. Devdas adalah salah satu hit terbesar yang memenangkan 5 penghargaan Nasional bersama dengan 10 penghargaan Filmfare. Kisahnya tentang Devdas (Shah Rukh Khan) yang patah hati ditinggal menikah Paro (Aishwarya Rai), kemudian mulai mengunjungi Chandramukhi (Madhuri Dixit).

3. Baazigar (1993)

Baca Juga:
Viral Shah Rukh Khan Kunjungi Sang Putra, Aryan Khan di Penjara

Film Terbaik Shah Rukh Khan (Imdb)

Baazigar adalah film sukses lainnya dari Shah Rukh Khan. Bertema balas dendam, film ini mempertemukan Shah Rukh Khan dan Kajol untuk pertama kalinya. Baazigar menceritakan Ajay Sharma (Shahrukh Khan) dan balas dendamnya terhadap Madan Chopra yang mengkhianati ayahnya dan mengambil alih kerajaan bisnisnya. Kajol dan Shilpa Shetty adalah putri Madan Chopra dalam film tersebut. Mereka terjebak dalam permainan balas dendam Shah Rukh Khan.

4. Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

Film Terbaik Shah Rukh Khan (Imdb)

Shah Rukh Khan kembali dipertemukan dengan Kajol dalam film ini. Kisahnya cukup klise, tentang pria kaya yang mencitai wanita miskin dan tidak mendapatkan restu keluarga. Kabhi Khushi Kabhie Gham adalah salah satu film Bollywood paling populer yang pernah ada dan terlaris sepanjang masa. Film tersebut memenangkan beberapa penghargaan pada upacara penghargaan populer pada tahun berikutnya, termasuk lima Penghargaan Filmfare.

Baca Juga:
7 Fakta Menarik Gauri Khan, Istri Shah Rukh Khan yang Ultah ke-51 Tahun

5. Veer Zaara (2004)

Film Terbaik Shah Rukh Khan (Imdb)

Shah Rukh Khan memerankan seorang perwira Angkatan Udara India yang jatuh cinta pada seorang gadis Pakistan dalam roman epik yang berusaha menjembatani jurang pemisah antara dua negara tetangga tersebut. Veer dan Zaara setuju untuk mengorbankan cinta mereka. Namun Veer ditahan sebagai mata-mata India, membuatnya menghabiskan 22 tahun di penjara Pakistan. Kisah cinta Shah Rukh Khan dan Preity Zinta dalam film ini sungguh mengenaskan.

6. Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Film Terbaik Shah Rukh Khan (Imdb)

Kuch Kuch Hota Hai adalah drama komedi romantis yang lagi-lagi dibintangi Shah Rukh Khan bersama Kajol. Rani Mukerji dan Salman Khan juga tampil di film ini. Plot cerita pada dasarnya adalah cinta segitiga di mana Anjali (Kajol) mencintai Rahul (Shah Rukh Khan). Namun Rahul jatuh cinta pada Tina (Rani Mukerji). Bagaimana Rahul dan Anjali bersatu menjadi sisa cerita dalam film. Kuch Kuch Hota Hai hits banget di Indonesia.

7. My Name Is Khan (2010)

Film Terbaik Shah Rukh Khan (Imdb)

My Name Is Khan adalah film terbaik lainnya dari Shah Rukh Khan yang mendapat pujian kritis dan memecahkan banyak rekor box office. Film ini disutradarai oleh Karan Johar dan menampilkan pasangan favorit penggemar sepanjang masa, Shah Rukh Khan dan Kajol. Kisahnya tentang seorang pria Muslim, Rizwan Khan yang menderita sindrom Asperger. Bagaimana ia dituduh sebagai teroris dalam kaitannya dengan tragedi Menara Kembar membentuk keseluruhan film.

8. Swades (2004)

Film Terbaik Shah Rukh Khan (Imdb)

Swades ditulis dan disutradarai oleh Ashutosh Gowariker. Film ini menampilkan Shah Rukh Khan, Gayatri Joshi dan Kishori Ballal sebagai pemeran utama. Shah Rukh Khan terlihat sebagai Mohan Bhargav, seorang ilmuwan NASA yang mengunjungi India untuk pengasuhnya yang sudah lanjut usia. Bagaimana perjalanan hidupnya berubah setelah itu adalah inti dari film ini.

9. Kal Ho Naa Ho (2003)

Film Terbaik Shah Rukh Khan (Imdb)

Kal Ho Naa Ho adalah film drama komedi romantis yang disutradarai oleh Nikhil Advani dan ditulis oleh Karan Johar. Selain Shah Rukh Khan, film ini juga dibintangi Jaya Bachchan, Saif Ali Khan, dan Preity Zinta. Kal Ho Naa Ho kebetulan menjadi film terlaris di India dan di seluruh dunia pada tahun 2003. Lagu OST utamanya juga masih digemari hingga sekarang.

10. Chak De! India (2007)

Film Terbaik Shah Rukh Khan (Imdb)

Chak De! India adalah film olahraga populer yang dibintangi Shah Rukh Khan sebagai Kabir Khan, pelatih tim kriket wanita. Pemeran film lainnya termasuk Vidya Malvade, Shilpa Shukla, Sagarika Ghatge, Chitrashi Rawat antara lain. Kisahnya tentang Kabir Khan yang menjadi pelatih tim Nasional Wanita dan usahanya diperlukan untuk membuat tim mereka menang. Tidak ada kisah cinta klise dalam film ini. So, jika kamu belum menonton film terbaik Shah Rukh Khan dari daftar ini, tonton sekarang! 

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More