bigbang/fxxk it

Matamata.com - Korea Selatan terkenal ketat dalam industri hiburan. Tidak hanya urusan persaingan antar agensi, tapi juga seleksi karya sebelum tayang untuk publik.

Chitty Chitty Bang Bang

Pada tahun 2010 lalu, stasiun televisi KBS mencekal sebuah lagu Lee Hyori yang berjudul Chitty Chitty Bang Bang. Lagu tersebut dicekal karena video klipnya menampilkan beberapa pelanggaran terhadap peraturan lalu lintas.

Salah satunya adegan Lee Hyori mengendarai truk tanpa mengenakan sabuk pengaman dan ketika para dancers menari di tengah jalan.

Meski dicekal, lagu Chitty Chitty Bang Bang tetap berhasil mengantarkan Lee Hyori membawa pulang banyak penghargaan dari program musik Korea.

Gentleman

Lagu berjudul Gentleman juga harus dicekal karena adegan Psy yang menendang salah satu marka jalan. Pihak stasiun TV menilai adegan ini memberikan contoh yang tidak baik kepada generasi muda yang seharusnya belajar menghormati peraturan di jalan. Nah lo!

Cherry Bomb

Bukan hanya dari segi video, Korea Selatan juga ketat dalam menyeleksi lirik lagu. Lagu dari NCT127 yang berjudul Cherry Bomb juga sempat tersandung kasus pencekalan karena liriknya terlalu menggambarkan kekerasan dan kenakalan remaja.

Agar grup asuhannya diperbolehkan membawakan lagu ini saat tampil di program music, pihak agensi dari NCT127, SM Entertainment harus melakukan melakukan perubahan lirik.

Going Crazy

Lagu yang booming 2011 ini mendulang kesuksesan. Duet antara Song Ji Eun dan Bang Yong Gook ini diputar diaman-mana.

Tahukah kamu, di balik kesuksesannya, lagu yang menceritakan tentang obsesi seorang pria pada wanita pujaannya ini sempat dicekal. Pemilihan lirik dalam lagu ini dianggap provokatif dan terlalu mencerminkan obsesi.

Mirotic

Duo legendaris TVXQ juga sempat dicekal karena lirik dalam lagu Mirotic yang dinilai provokatif dan tidak sesuai untuk pendengar di bawah umur.

Akibatnya, album TVXQ yang membuat lagu Mirotic harus dilabeli khusus untuk usia di atas 19 tahun. Meski begitu, lagu Mirotic tetap ngehits dan bahkan masih sering di-cover oleh boyband-boyband Korea sampai sekarang.

FXXK IT

Bigbang yang terkenal karena karyanya yang selalu digemari juga pernah terseret kasus pencekalan. Lagu hits dari Big Bang yang dirilis akhir tahun 2016, FXXK IT dinilai tidak sesuai untuk pendengar di bawah umur.

Akibatnya, lagu FXXK IT harus dibuat menjadi dua versi, satu versi rated dan satu versi unrated. Namun pencekalan ini tidak menghentikan kesuksesan lagu.

Terlihat dari lagu tersebut yang sukses menjuarai beberapa chart musik Korea. Bahkan video klip lagu ini meraih lebih dari 100 juta views di YouTube.

Matamata/Rima Suliastini

Load More