MV Via Vallen dituding jiplak MV IU. (YouTube)

Matamata.com - Via Vallen tersandung kasus penjiplakan music video (MV) salah satu solois Korea Selatan, IU. MV Via Vallen yang dirilis Jumat (23/10/20) dengan judul 'Kasih Dengarkanlah Aku' disebut menjiplak MV Above The Time milik IU.

Meski sudah diturunkan dari YouTube, namun rupanya fans IU masih geram dengan hal tersebut. Ramai-ramai para fans melaporkan penjiplakan ini langsung ke penyanyi bernama asli Lee Ji Eun itu. Banyak pula yang mengirim email ke EDAM Entertainment, selaku agensi yang menaungi IU.

Via Vallen jiplak video klip IU (YouTube.com)

Salah seorang fans mengaku jika emailnya dibalas oleh EDAM Entertainment. Fans Jak-aenas (fans IU asal Jakarta) itu menulis jika MV Above The Time diplagiat oleh penyanyi Indonesia dalam emailnya.

"Hi EDAM Entertainment. Saya Jak-aenas. Video klip IU Above The Time diplagiat oleh video klip berjudul "Via Vallen Ft Dyrga Dadali- Kasih Dengarkanlah Aku". MV itu dirilis pada 23 Oktober sekitar pukul 5 waktu Korea. Ku mohon ambil langkah hukum," tulis fans tersebut dalam email yang dikirim ke EDAM Entertainment.

Tak disangka email tersebut dibalas oleh pihak agensi. "Hai, ini ditulis oleh EDAM. Terima kasih atas laporanmu. Kita sudah mengecek sejak minggu lalu dan sedang menangani hal itu. Terima kasih untuk perhatian dan cintamu," balas EDAM.

Jawaban Agensi IU terkait isu plagiat MV milik Via Vallen (Instagram.com/iu_indonesia)

Foto tangkapan layar tersebut diunggah kembali oleh akun Instagram @iu_indonesia. Sontak netizen membanjiri kolom komentar dengan beragam tanggapan.

"Sikaaaaat, si cowoknya masih menyalahkan UAENA yang terlalu bar bar, dan ga cinta produk lokal beserta micinnya," tulis fans IU. "Kalo sampe di tindak lanjuti bisa jadi pelajaran udah semuanya agar gak mudah 'jiplak' karya orang lain," lanjut netizen lain.

Kasus plagiarisme MV Via Vallen itu langsung menghebohkan netizen. Via sendiri sudah minta maaf dan mengaku tak tahu jika konsep tersebut diambil dari MV Above The Time.

Load More