Yohanes Endra | MataMata.com
Idol KPop Pakai Bahasa Isyarat (Instagram/@bts.bighitofficial)

Matamata.com - Saat ini lagu KPop telah menjadi bagian tak terpisahkan dari industri musik dunia. Kesuksesan musisi asal negeri ginseng, Korea Selatan telah sampai ke penjuru dunia. Makna yang terkandung dalam lagu-lagu pada idol KPop yang begitu mengena di hati pendengar. Lagu-lagu dari solois maupun grup KPop memang dikenal penuh kesan dan menyentuh penggemar. Salah satu wujud kepedulian para idol KPop kepada pendengar adalah dengan memasukkan bahasa isyarat dalam lagu ataupun penampilan koreografi mereka. Hal ini dilakukan agar makna dari lagu dapat tersampaikan dan diterima dengan mudah oleh semua kalangan. Sederet idol KPop ini pakai bahasa isyarat dalam lagu dan penampilannya. Penasaran siapa saja idol KPop tersebut? Simak ulasannya yang sudah Matamata.com rangkum dan pastinya sayang banget kalau sampai dilewatkan berikut ini!

1 Paul Kim

Idol KPop Pakai Bahasa Isyarat. (YouTube/Paul Kim Official)

Paul Kim lewat lagunya yang berjudul Me After You sukses bikin baper pendengar. Paul Kim dengan penuh penghayatan  menyanyikan lagu tersebut seraya menampilkan bahasa isyarat. Bahkan Paul Kim sudah menunjukkan bahasa isyarat sejak awal lagu. Penampilan Paul Kim ini dapat disaksikan langsung di official video Me After You yang dirilis di kanal YouTube Paul Kim Official. Suara merdu dan alunan musik yang lembut serta penghayatan Paul Kim begitu menyentuh dan bikin baper.

Baca Juga:
8 Aktor Korea Berperan Jadi Raja, Gagah dan Pancarkan Pesona Ningrat

2. Seungkwan Seventeen

Idol KPop Pakai Bahasa Isyarat. (YouTube/dingo music)

Member boy grup Seventeen, Seungkwan sukses bikin terharu usai menyanyikan lagu berjudul Mom In The Garden seraya menunjukkan bahasa isyarat. Seungkwan menyanyikan lagu dari penyanyi Kim Jinho tersebut dengan penghayatan yang mampu menyentuh hati pendengar. Suara rendah dan mendayu Seungkwan ini semakin membuat haru ketika gerakan bahasa isyarat ditampilkan oleh Seungkwan.

3. BTOB

Baca Juga:
11 Drama Korea Terpopuler Juli 2021, Hospital Playlist 2 sampai Penthouse 3

Idol KPop Pakai Bahasa Isyarat. (YouTube/dingo music)

Member BTOB rela berlatih berulang kali untuk dapat menampilkan lagu Missing You dengan menggunakan bahasa isyarat sepenuhnya. Diiringi petikan gitar, Missing You yang dibawakan oleh BTOB ini begitu menyentuh. Terlebih suara Seungjae dkk yang merdu semakin membuat haru dan terkesan karena mereka telah berlatih keras untuk dapat membawakan lagu ini. Dalam koreografi asli lagu ini, BTOB memang memasukkan bahasa isyarat di bagian reff lagu Missing You. Arti dari gerakan bahasa isyarat yang mereka lakukan adalah "merindukanmu", "setahun telah berlalu," Keren banget!

4. Lucy

Idol KPop Pakai Bahasa Isyarat. (YouTube/Lucy Island)

Lewat lagunya yang berjudul Flowering, Lucy juga memasukkan bahasa isyarat. Bahkan setelah mendengar dan melihat MV lagu milik Lucy banyak orang yang tertarik untuk mempelajari gerakan bahasa isyarat yang ditampilkan oleh Lucy.

Baca Juga:
5 Drama Korea dengan Alur Cerita Ringan, Cocok untuk pemula

5. Luna

Idol KPop Pakai Bahasa Isyarat. (YouTube/KBS KPop)

Mantan anggota F(X) Luna juga pernah menampilkan bahasa isyarat dalam penampilannya di acara Immortal Song. Hal ini Luna lakukan karena ia mendengar bahwa ada penggemarnya yang tuna rungu dan sering menyaksikan penampilannya. Salut banget ya fans service dari Luna ini.

6. Kim Sejeong

Idol KPop Pakai Bahasa Isyarat. (YouTube/dingo music)

Mantan anggota Gugudan yang merupakan jebolan ajang Produce 101 ini pernah berduet bersama Yang He Eun. Mereka membawakan lagu Mother to Daughter dengan bahasa isyarat. Lagu ini sebenarnya memiliki makna yang sangat mendalam. Ditambah dengan bahasa isyarat yang ditampilkan, makna yang terkandung dalam lagu ini pun semakin menyentuh hati.

7. Mamamoo

Idol KPop Pakai Bahasa Isyarat. (YouTube/Mnet K-POP)

Mamamoo merupakan grup asuhan Rainbow Bridge World. Hwasa dkk pernah menyelipkan gerakan bahasa isyarat dalam lagu Starry Night. Personel Mamamoo kompak menarikan tarian dengan bahasa isyarat di bagian chorus atau pada menit ke 1:10. Arti gerakan bahasa isyarat yang mereka tampilkan ini adalah ''Ini malam yang berbintang" dan "bintang yang bersinar".

8. T-ARA

Idol KPop Pakai Bahasa Isyarat. (YouTube/MBK Entertainment)

T-ARA pernah merilis lagu berjudul Tiamo pada tahun 2016. T-ARA menggunakan bahasa isyarat sebagai inti dari koreografi mereka. Bahasa isyarat dalam lagu Tiamo ini terlihat jelas pada bagian chorus. Gerakan tersebut berupa gerakan memutar tangan kanan di atas tangan kiri yang mengepal. Gerakan ini sendiri bermakna cinta atau Tiamo yang merupakan judul lagu mereka.

9. BTS

Idol KPop Pakai Bahasa Isyarat. (YouTube/HYBE LABELS)

Grup yang digawangi RM ini juga menampilkan bahasa isyarat dalam lagu teranyar mereka yang diciptakan oleh Ed Sheeran Permission to Dance. BTS menyisipkan bahasa isyarat Amerika atau American Sign Language (ASL) dalam lagu baru mereka ini. Setidaknya ada tiga gerakan bahasa isyarat yang mereka gunakan dalam lagu ini yaitu "menari", "bahagia", dan "damai". Hal ini pun membuat Army semakin bahagia dan bangga pada idola mereka.

Itu tadi 9 idol KPop Pakai Bahasa Isyarat dalam lagu dan penampilannya. Tidak hanya menerima banyak cinta dari penggemar, tapi pada idol KPop tersebut juga memberikan cinta yang sama kepada penggemar yang setia mendukung mereka. Menurut kamu siapa lagi nih Idol KPop yang pernah juga menggunakan bahasa isyarat?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More