Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Potret Gummy Istri Jo Jung Suk (instagram/@cjes.tagram)

Matamata.com - Drama Korea dan Original Soundtrack (OST) adalah dua hal yang tak terpisahkan. Dengan memperdengarkan sebuah lagu sebagai latar, adegan dalam sebuah drama akan menjadi lebih hidup dan para penonton yang menyaksikannya semakin terhanyut.

Tak heran apabila lagu-lagu OST drama Korea mendapat popularitas tersendiri di hati penontonnya. Sederet penyanyi yang berhasil merebut hati para penonton lewat suaranya pun menjadi kebanjiran permintaan untuk mengisi OST drama.

Potret Gummy Istri Jo Jung Suk (instagram/@cjes.tagram)

Siapa saja penyanyi OST drama Korea terpopuler? Simak daftar yang telah disusun tim MataMata.com khusus untuk kamu berikut ini.

Baca Juga:
6 OST Drakor yang Dinyanyikan Joy Red Velvet: Ada OST Hospital Playlist

1. Gummy

Penyanyi OST Drakor Terpopuler. (Instagram/@cjes.tagram)

Apa lagu yang terlintas di pikiran apabila disebutkan nama Gummy? Ya, "You Are My Everything" yang menjadi OST drama Descendants of The Sun (DOTS). Gummy bahkan pernah menerima penghargaan dari Mnet Asian Music Award untuk OST Terbaik.

Gummy mengisi OST di sejumlah drama Korea populer. Sebut saja OST Hotel Del Luna "Remember Me", OST The King: Eternal Monarch "My Love", OST Dr. Romantic 2 "Your Day", dan OST Moonlight Drawn by Clodus" bertajuk sama dengan judul dramanya.

Baca Juga:
9 OST Nevertheless, 'Love Me Like That' Sam Kim Telah Didengar Jutaan Kali

2. Taeyeon

Penyanyi OST Drakor Terpopuler. (Instagram/@taeyeon_ss)

Meski sebenarnya merupakan anggota grup idol Girls' Generation, Taeyeon juga dikenal sebagai 'Ratu OST'. Lagu "If" yang menjadi OST drama Hong Gil pada 2008 begitu populer sehingga membuatnya dianugerahi penghargaan Popularity Awards di ajang Golden Disk Awards. Padahal lagu tersebut adalah kali pertama Taeyeon mengisi OST.

Selanjutnya OST yang dibawakan Taeyeon terus meraih popularitas tinggi. Sebut saja OST Beethoven Virus "Can You Hear Me", OST The King 2 Hearts "Missing You Like Crazy", OST Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo "All With You", dan OST Hotel Del Luna "All About You".

Baca Juga:
6 Potret Gummy Istri Jo Jung Suk, Ratu OST Drakor yang Punya Suara Indah

3. Davichi

Penyanyi OST Drakor Terpopuler (Instagram/@davichi.official)

Dua pop ballad Davichi sukses membawakan OST Descendant of The Sun berjudul "This Love". Lagu tersebut bahkan masuk nominasi Best Original Soundtrack di ajang penghargaan Mnet Asian Music Awards 2016.

Namun sebenarnya, Davichi telah cukup banyak mengisi OST drama populer lho. Di antaranya OST Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo "Forgetting You", OST It's Okay, That's Love bertajuk sama dengan judul dramanya, OST The Beauty Inside "Falling In Love", OST Crash Landing on You "Sunset", dan masih banyak lagi.

Baca Juga:
Nyanyi OST Boys Before Flowers, Ayu Ting Ting Di-Notice Min Chul T-Max

4. Yoon Mi Rae

Penyanyi OST Drakor Terpopuler (Instagram/@yoonmirae_official)

Yoon Mi Rae selalu membuat lagu-lagu OST yang dinyanyikannya melekat di hati para penggemar. Penyanyi yang telah berkarier sejak 1997 tersebut kerap mengisi OST drama Korea, salah satunya "ALWAYS" dari drama Descendants of The Sun.

Sejak 2013, Yoon Mi Rae telah populer di kalangan para pecinta drama lewat lagu "Touch Love" yang menjadi OST The Master's Sun. Lagu OST Yoon Mi Rae lain yang populer seperti "I Love You" dari drama It's Okay, That's Love, "I'll Listen to What You Have to Say" dari drama Who Are You: School 2015, "You Are My World" dari drama The Legend of Blue Sea, dan "Flower" dari drama Crash Landing On You.

5. Baek Ji Young

Penyanyi OST Drakor Terpopuler. (Instagram/@baekzyoung)

Baek Ji Young baru saja merayakan anniversary debut ke-22 pada 7 Juli 2021. Ia dikenal sebagai penyanyi yang langganan mengisi lagu-lagu OST. Salah satu yang terbaru adalah lagu "The Days We Loved You" yang menyayat hati para penonton drama The World of The Married.

Lagu-lagu OST lain yang menyayat hati dari Baek Ji Young seperti "See You Again" dari drama Mr. Sunshine, "Because of You" dari drama Hyde, Jekyll, Me, "Is Crying" dari drama Good Doctor, "Spring Rain" dari drama Gu Family Book, "After a Long Time" dari drama Rooftop Prince, dan masih banyak lagi. Itulah penyanyi wanita yang mendapat julukan Ratu OST, yang mana idolamu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More