Selasa, 19 Oktober 2021
Yoeni Syafitri Sekar Ayoe : Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:41 WIB

Matamata.com - Jimin BTS menyumbangkan uang dalam jumlah besar di hari ulang tahunnya yang ke-26. Dikenal berhati malaikat, ini bukan pertama kalinya idol kelahiran 13 Oktober 1995 tersebut melakukan aksi mulia.

Jimin memang dikenal karena sumbagannya yang murah hati dan menjadi pengaruh positif bagi para penggemarnya. Yang lebih hebat lagi, Jimin melakukan sebagian besar sumbangan ini secara diam-diam. Perbuatan mulianya terungkap karena dilaporkan oleh media.

Jimin BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Perbuatan mulia Jimin menjadi pengaruh positif dengan banyak penggemarnya juga mulai menyumbang untuk membantu mereka yang membutuhkan. Biar kamu makin cinta sama idol ganteng ini, simak aksi mulia Jimin BTS dalam beberapa tahun terakhir.

1. Sumbangan Pribadi Jimin BTS untuk SD-nya

Aksi Mulia Jimin BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Pada Februari 2018, Sekolah Dasar Hoedong, tempat Jimin bersekolah saat kecil, ditutup setelah 36 tahun. Pada upacara kelulusan, Jimin memberikan sumbangan pribadi dengan membayar biaya seragam sekolah untuk setiap siswa yang lulus sekolah.

Kemudian terungkap bahwa Jimin telah memberikan sumbangan yang sama setahun sebelumnya juga. Meski sudah bertahun-tahun, Jimin tetap tidak melupakan jasa sekolahnya dulu.

2. Sumbangan Jimin untuk Pendidikan di Busan

Aksi Mulia Jimin BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Pada  April 2019, Jimin diam-diam telah menyumbangkan 100 juta won (sekitar Rp1,2 miliar) ke Kantor Pendidikan Kota Metropolitan Busan. 30 juta won (sekitar Rp357 juta) dari donasinya ini dikirim ke sekolah lamanya.

Beberapa guru membagikan dokumen resmi alokasi anggaran donasi Jimin ke sekolah-sekolah di Busan melalui media sosial. Meskipun Jimin memberikan sumbangannya secara diam-diam, para penerima ingin perbuatan baiknya diketahui publik.  Sumbangan Jimin membantu mendanai biaya makanan sekolah, kesejahteraan siswa, kegiatan OSIS, dan kelas mandiri. Aksi mulia Jimin ini juga membantu mendukung siswa dari keluarga berpenghasilan rendah.

3. Sumbangan Jimin untuk SMA Seni Busan

Jimin BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Pada 9 Februari 2020, Jimin sekali lagi menjadi berita utama untuk aksi mulianya. Dilaporkan bahwa ia menyumbangkan 1.200 meja dan kursi ke Busan High School of Arts (SMA Seni Busan).

Seperti biasa, Jimin melakukan sumbangan yang dilakukan selama liburan musim dingin ini secara diam-diam. Selain membantu almamaternya secara finansial, ia juga pernah mengirimkan kata-kata penyemangat kepada siswa dan staf sekolah.

4. Sumbangan Jimin Diwakili Sang Ayah

Jimin BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Pada 29 Juli 2020, ayah Jimin diam-diam menyerahkan sumbangan 100 juta won (sekitar Rp1,2 miliar) kepada Kantor Pendidikan Jeolla Selatan atas nama putranya. Namun Dinas Pendidikan memutuskan untuk mengumumkan aksi mulia Jimin tersebut.

Menurut laporan, sumbangan Jimin akan digunakan untuk dana beasiswa, membantu siswa yang kurang mampu di wilayah tersebut untuk bersekolah di sekolah yang bagus. Donasi Jimin menjadi lebih bermanfaat karena saat itu pandemi COVID-19 masih mempengaruhi ekonomi Korea Selatan.

5. Sumbangan Jimin untuk Pasien Polio

Aksi Mulia Jimin BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Setahun kemudian, pada Juli 2021, Jimin terungkap telah menyumbangkan 100 juta won (sekitar Rp1,2 miliar) untuk membantu pasien polio. Donasinya akan digunakan untuk kampanye penggalangan dana vaksin Gosung Rotary Club untuk memberantas polio secara permanen.

Donasi Jimin baru diketahui publik ketika seorang penggemar menemukan spanduk yang digantung oleh lembaga amal Gosung Rotary Club. Spanduk berisi ucapan terima kasih kepada Jimin atas donasinya yang murah hati.

6. Sumbangan Jimin di Ultahnya ke-26

Aksi Mulia Jimin BTS (Instagram/@bts.bighitofficial)

Menurut laporan pada 13 Oktober, Jimin telah menyumbangkan lebih dari 100 juta won (sekitar Rp1,2 miliar) untuk merayakan ulang tahunnya. Dengan sumbangannya ini, Jimin sekarang menjadi bagian dari Green Noble Club.

Green Noble Club adalah sekelompok donatur bernilai tinggi dari Green Umbrella Children's Foundation. Klub terdiri dari sponsor yang menyumbangkan lebih dari 100 juta won sekaligus dan kumulatif atau setuju untuk menyumbangkan 100 juta won dalam waktu lima tahun. Nggak cuma ganteng dan berbakat, Jimin membuktikan bahwa ia adalah sosok berhati mulia. Idola siapa nih?

Kontributor: Chusnul Chotimah

BACA SELANJUTNYA

7 Fakta James Corden: Dikritik Usai Komentari Penampilan BTS di Sidang PBB