Rabu, 19 Januari 2022
Yohanes Endra : Senin, 10 Januari 2022 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Leader dalam sebuah grup Kpop punya peran penting. Selain untuk mengatur anggota, leader juga biasanya bertugas sebagai pembicara dalam grup. Meski punya peran penting, namun beberapa gurp K-Pop ini tak punya leader lho.

Ada beberapa alasan yang membuat beberapa grup K-Pop ini tak memiliki leader. Salah satunya adalah karena semua member punya posisinya yang setara dan mampu untuk menunjukkan potensinya masing-masing.

Nah, walau tak punya leader, tapi deretan grup K-Pop ini mampu sukses dan dikenal sebagai grup K-Pop kelas dunia. Sebut saja BLACKPINK hingga 2PM. Dua grup K-Pop ini adalah grup tanpa leader. Mereka mampu meraih kesuksesan kendati tidak ada sosok pemimpin dalam grup.

Selain BLACKPINK dan 2PM masih ada beberapa grup lain yang tak memiliki leader. Penasaran siapa saja grup K-Pop yang tak punya leader? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini.

1. Miss A

Grup K-Pop yang Tak Punya Leader. (Instagram/miss.a_suzy_)

Girl Grup di bawah naungan JYP Entertainment ini menjadi grup K-Pop pertama yang tidak punya leader. Beranggotakan empat orang yaitu Bae Suzy, Jia, Fai, dan Min, Miss A debut di tahun 2010 dan langsung jadi idola baru. Grup ini tidak memiliki leader resmi karena semua anggota dekat satu sama lain. Walau popularitas salah satu membernya yaitu Suzy, dinilai lebih populer dari pada Miss A sendiri. Tapi grup ini berhasil mendapat dukungan dari penggemar setia mereka.

Akhirnya pada 27 Desember 2017 Miss A resmi dibubarkan setelah dua anggota mereka memutuskan hengkang karena kontraknya habis. Bubarnya Miss A bukan karena tidak ada leader melainkan karena member memutuskan keluar dan tak memperpanjang kontrak serta memilih bersolo karier.

2. BLACKPINK

Grup K-Pop yang Tak Punya Leader. (Instagram/blackpinkofficial)

BLACKPINK adalah salah satu girl grup tersukses Korea Selatan. Kepopuleran BLACKPINK tidak hanya di negara asal mereka, tetapi juga sampai ke seluruh dunia. Grup beranggotakan empat orang ini debut tanpa leader. Walau tidak ada yang menempati posisi leader secara resmi, namun semua member punya magnet tersendiri. Ya, keempat member BLACKPINK yakni Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose punya sisi dominannya masing-masing.

Alasan kenapa BLACKPINK tak punya leader adalah karena semua anggota dilatih bersama. Mereka adalah teman yang sama-sama bekerja keras untuk grup jadi seharusnya hubungan mereka sudah selayaknya seperti sekarang. Tanpa satu sosok saja yang menonjol sebagai leader, tetapi semua member bisa punya posisi setara.

3. 2PM

Grup K-Pop yang Tak Punya Leader. (Instagram/real_2pmstagram)

2PM adalah salah satu boy grup generasi kedua yang masih tenar hingga sekarang. Awalnya pelantun lagu Hands Up ini memiliki seorang leader yaitu Jay Park. Namun setelah Jay Park memilih hengkang, grup ini memilih untuk melanjutkan aktivitas tanpa leader. Walau tanpa sosok pemimpin grup ini masih tetap eksis hingga sekarang. Bahkan setelah beberapa anggota meninggalkan agensi, 2PM masih bisa berada satu panggung dengan formasi lengkap untuk menyapa penggemar mereka dalam perayaan 13 tahun debut.

4. iKON

Grup K-Pop yang Tak Punya Leader. (Instagram/withikonic)

Sama seperti seniornya 2PM, iKON yang berada di bawah naungan YG Entertainment juga harus kehilangan leadernya. Awalnya iKON memiliki leader yang begitu dibanggakan yaitu B.I atau Hanbin. Namun karena skandal narkoba yang menjeratnya, B.I hengkang dari agensi dan grup. Kini iKON melanjutkan aktivitas mereka tanpa sosok leader. Kehilangan B.I sempat membuat member dan penggemar mereka kecewa dan sangat sedih. Tapi kini baik B.I maupun iKON telah kembali melanjutkan aktivitas masing-masing.

5. KARD

Grup K-Pop yang Tak Punya Leader. (Instagram/official_kard)

Grup K-Pop yang beranggotakan anggota campuran pria dan wanita KARD juga tak punya leader. KARD beranggotakan JSeph, BM, Somin, dan Jiwoo ini debut pada tahun 2017 lalu. Semua member KARD dianggap mampu menjadi pemimpin. Hal ini menjadi alasan mengapa KARD tak memiliki leader resmi untuk grup mereka.

6. AKMU

Grup K-Pop yang Tak Punya Leader. (Instagram/akmu_suhyun)

Duo AKMU atau Akdong Musician debut di bawah naungan YG Entertainment. AKMU yang beranggotakan dua saudara kandung Lee Chanhyuk dan Lee Suhyun ini memiliki posisi yang sama. Mereka memulai karier sebagai duo, usai menang kompetisi K-Pop Star musim kedua. Hingga kini mereka menjadi salah satu duo terbaik musisi Korea Selatan. Suara kakak beradik ini begitu merdu dan memikat. Sebagai saudara kandung yang bekerja sama mereka memutuskan untuk tidak menunjuk salah satu dari mereka sebagai leader.

7. ONEUS

Grup K-Pop yang Tak Punya Leader. (Instagram/official_oneus)

Mungkin selama ini banyak yang menduga bahwa Ravn adalah leader dari ONEUS. Tapi anggapan itu salah, sebab RBW Entertainment sebagai agensi mereka tidak pernah menunjuk salah satu anggota ONEUS sebagai seorang leader. Walau tanpa leader, ONEUS mampu bersaing di dunia musik Korea yang ketat.

8. Secret Number

Grup K-Pop yang Tak Punya Leader. (Instagram/secretnumber.official)

Girl grup yang juga jadi kebanggaan warga Indonesia karena ada satu member asli Indonesia, Secret Number juga tak punya leader. Grup yang baru saja comeback dengan 2 member baru ini memang belum memilih leader. Sejak awal debutnya Secret Number tak memilih salah satu anggota awal mereka untuk jadi pemimpin. Walau begitu banyak fans mereka yang merasa Lea adalah sosok yang bisa dianggap sebagai leader. Tapi hingga kini Secret Number memutuskan tidak memiliki pemimpin.

Nah itu tadi grup K-Pop yang tak punya leader. Kendati tak punya leader, namun mereka membuktikan bahwa mereka mampu sukses walau tidak ada sosok pemimpin yang resmi ditunjuk dalam grup. Semua member bisa menonjol dan menunjukkan potensi mereka dengan baik. Walau pada akhirnya ada yang harus bubar seperti Miss A, namun bubarnya Miss A bukan karena ketiadaan sosok leader, melainkan karena para member yang tak memperpanjang kontrak.

Kontributor: Safitri Yulikhah

BACA SELANJUTNYA

10 Fakta Joshua Seventeen, Idol yang Dulu Pacaran dengan Jisoo BLACKPINK