Ismail | MataMata.com
Via Vallen. (Instagram/viavallen)

Matamata.com - Banyak artis yang menjadi korban para fans fanatik K-Pop. Tidak hanya mendapat kecaman, mereka juga di-bully oleh para pecinta K-Pop karena dinilai telah merendahkan dan melecehkan idolanya.

Biasanya kecaman tersebut bukan tanpa alasan, para artis tadi ada yang melontarkan komentar merendahkan, rasis, hingga ada juga yang dikecam karena menjiplak karya idola mereka.

Keberanian fans Kpop dalam mengecam para artis tadi adalah wujud cinta dan loyalitas fans K-Pop kepada idolanya. Selain itu para fans K-Pop rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli album, menonton konser, hingga membeli berbagai merchandise yang harganya cukup mahal.

Baca Juga:
Lyodra Cantik di Pemotretan Imlek, Auto Dipuji: Indah Banget Ciptaan Tuhan!

Kepoin yuk daftar artis dikecam fans K-Pop karena dituding lecehkan hingga jiplak karya idola mereka yang sudah dihimpun dari berbagai sumber berikut ini.

1. Jessica Iskandar

Artis Dikecam Fans K-pop (Instagram/inijedar)

Artis yang pernah dikecam fans Kpop adalah Jessica Iskandar. Kecaman yang diterima Jessica ini berawal saat dirinya presenter acara yang salah satu bintang tamunya adalah Red Velvet. Namun, Jessica dianggap tidak bisa bekerja secara profesional saat memandu acara. Ia dianggap terlalu berlebihan dan alay saat menjadi pemandu acara yang dihadiri oleh grup asuhan SM Entertainment tersebut.

Baca Juga:
Sinopsis Just Mom, Ayushita Jadi ODGJ yang Hamil Tua

2. Deddy Corbuzier

Artis Dikecam Fans K-Pop (YouTube/Deddy Corbuzier)

Deddy Corbuzier menjadi artis selanjutnya yang mendapat kecaman dari fans Kpop. Pasalnya mentalist yang kini alih profesi sebagai presenter ini pernah mengunggah video saat dirinya nge-gym. Namun yang menjadi masalah adalah ucapannya dalam video tersebut. Ia mengungkapkan bahwa gym adalah hal yang seharusnya pria dewasa lakukan di rumah bukannya menonton televisi atau mendengarkan K-Pop. Sontak saja video itu membuat fans K-pop naik pitam.

3. Boy William

Baca Juga:
Dihina Haters Pakai Kata-Kata Kasar, Reaksi Pacar Deddy Corbuzier Tegas

Artis Dikecam Fans K-pop (Instagram/boywilliam17)

Lagi-lagi kecaman fans Kpop dialami oleh presenter, kali ini giliran Boy William yang menjadi sasaran kemarahan para fans Kpop. Saat memandu acara music, Boy William membicarakan BTS dan Blackpink. Boy membandingkan dua grup Kpop besar tersebut. Boy berkomentar bahwa Blackpink juga seharusnya mendapatkan Billboard Music Award 2019 seperti BTS, sebab Jennie cs juga populer.

4. Cinta Laura

Artis Dikecam Fans K-pop (Instagram/claurakiehl)

Artis cantik Cinta Laura menjadi sasaran kemarahan fans Kpop karena pernah memposting meme tentang pria macho yang disandingkan dengan member grup BTS yang sedang mempromosikan salah satu brand kosmetik. Cinta juga menambahkan keterangan di bawah foto pria macho itu dengan tulisan “when I was in school boys be like’ sementara di bawah roto member BTS, Cinta menulis “now boys are like’. Hal ini membuat Cinta diserang oleh fans BTS.

Baca Juga:
Tak Minder dengan Mantan Rizky Billar, Lesti Kejora: Aku yang Terbaik!

5. Young lex

Artis Dikecam Fans K-pop (MataMata.com/Alfian Winanto)

Kalau rapper satu ini memang sudah langganan membuat kontroversi. Kali ini menjadi sasaran kemarahan fans Kpop karena nge-prank dan mengaku dikeroyok fans Kpop. Padahal wajah babak belurnya itu hanya makeup semata. Ia juga pernah dituding melecehkan Lisa Blackpink dengan komentar kasarnya. Pada 2021 kemarin ia juga mengundang kemarahan dari EXO L pasalnya ia menjiplak video klip lagu Lit milik Lay EXO. Bahkan Lay EXO melalui studionya sampai buka suara terkait penjiplakan yang dilakukan Young Lex. Tetapi yang lebih membuat marah fans adalah permintaan maaf Young Lex tidak tulus dan justru semakin memancing emosi para fans.

6. Alina Sharonova

Artis Dikecam Fans K-pop (Instagram/just_2a)

Kali ini kecaman datang dari ATTINY, fans ATEEZ kepada TikTokers bernama Alina Sharonova. Perempuan yang juga influencer ini diduga telah melecehkan ATEEZ saat fanmeeting. Padahal temu penggemar ini adalah momen yang sangat dinantikan oleh fans. Sebab kursi untuk fans meeting biasanya sangat terbatas. Tapi pemilik akun TikTok @just_2alina ini justru merendahkan kemampuan bahasa Inggris member ATEEZ. Bahkan perempuan yang dikenal karena kemampuannya dalam cover dance K-Pop ini terlihat menari sambil membuat album dan merchandise ATEEZ. Ia bahkan melakukan gerakan rasis saat live instagram dengan meraih dua sudut matanya untuk menggambarkan kecilnya mata member ATEEZ.

7. Lyta

Artis Dikecam Fans K-pop (Instagram/official_lyta)

Seorang penyanyi asal Nigeria, Lyta juga membuat fans Kpop meradang. Ia kedapatan menjiplak video klip lagu GOT7 yang berjudul Just Right. Video klip milik BamBam cs itu sudah ditonton sebagai 395 juta kali. Seperti diketahui GOT7 punya basis penggemar internasional yang kuat jadi saat video klip lagu Hold Me Down Lyta rilis, fans segera menyadari banyaknya kemiripan dalam dua video tersebut. Just Right dirilis pada 2015 dengan cerita seorang perempuan menemukan Jackson berada di laci meja riasnya sementara member lain berada di balik kotak sereal. Hal itu pula ditemukan dalam klip lagu Lyta yang rilis pada 2020 lalu.

8. Via Vallen

Artis Dikecam Fans K-Pop (Instagram/viavallen)

Pedangdut Via Vallen sudah lebih dari sekali dianggap melakukan plagiat atas lagunya. Sebelumnya lagu Sayang juga dianggap mirip dengan lagu Jepang berjudul Kiroro Mirae. Kemudian pada 2020 lalu Via Vallen merilis musik video untuk lagu barunya Kasih Dengarkanlah aku. Segera setelah video itu rilis, fans Kpop segera menemukan banyak kemiripan dengan lagu milik solois kondang Korea Selatan IU. Fans yakin kalau Via telah menjiplak ide video klip lagu IU yang berjudul Above The Time. Gara-gara hal ini nama Via Vallen sampai trending di Twitter.

Itulah deretan artis dikecam fans Kpop karena komentar yang dianggap melecehkan hingga tuduhan menjiplak karya idola mereka. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More