Ismail | MataMata.com
Idol Kpop yang Pernah Tinggal Di Indonesia. (Instagram/arin.zzu)

Matamata.com - Ternyata tidak semua idol K-Pop lahir dan besar di Korea Selatan. Beberapa di antara mereka lahir dan besar di negara lain, termasuk Indonesia.

Beberapa idol K-Pop  terkenal dan punya nama besar ini bahkan tinggal cukup lama di Indonesia lho. Ada yang memang lahir di Indonesia, ada pula yang mengikuti bisnis orang tua mereka.

Lantas ada siapa saja idol K-Pop yang pernah tinggal di Indonesia? kepoin daftarnya berikut ini.

Baca Juga:
Nassar Kocak Cosplay Jadi Adam Suseno, Kumisnya Bikin Inul Daratista Ngakak

1. Joo

Idol Kpop yang Pernah Tinggal Di Indonesia. (Instagram/arin.zzu)

Pemilik nam asli Jung Min Joo merupakan penyanyi solo di bawah naungan JYP Entertainment. JOO juga merupakan kakak kandung dari Ilhoon BTOB. Siapa sangka dia menghabiskan masa kecilnya di Indonesia. Rupanya ayah penyanyi yang belum lama melangsungkan pernikahan ini, pernah bekerja di Indonesia tepatnya di Cilegon. Saat itu usianya baru 3 tahun. Hal ini terungkap saat Joo diwawancarai oleh majalah GADIS ketika ia menjadi pengisi acara Jakarta FantastiKPop Festival 2011 silam.

2. Jangjun Golden Child

Baca Juga:
Luna Maya Kepergok Dekat dengan Pengusaha, Ini Sosoknya

Idol Kpop yang Pernah Tinggal Di Indonesia. (Instagram/golcha.jangjun)

Personel Golden Child, Jangjun memang lahir di Korea Selatan. Namun Jangjun pernah tinggal di Indonesia karena mengikuti kakaknya yang menetap di Surabaya. Jangjun mengaku tinggal di Surabaya selama 1 bulan ia bahkan belajar bahasa Indonesia. Hal ini diungkap Jangjun saat menjadi bintang tamu dalam radio KBS World. Bahkan Jangjun sangat sering belanja ke Alfamart lho. Wah jangan-jangan dulu ada yang pernah papasan sama Jangjun nih.

3. Tablo EPIK HIGH

Idol Kpop yang Pernah Tinggal Di Indonesia. (Instagram/blobyblo)

Sosok Tablo pasti sudah tak asing apalagi bagi penggemar The Return of Superman, ayah dari Lee Haru yang juga member grup Hip Hop Korea EPIK HIGH juga pernah menghabiskan waktunya untuk tinggal di Indonesia. Lebih mengejutkannya lagi Tablo tak hanya tinggal, ia bahkan lahir di Indonesia. Saat melakukan wawancara dengan Yonhap, terungkap bahwa Tablo lahir di Jakarta, 22 Juli 1980. Bahkan bahasa yang iaa pelajari lebih dulu adalah bahasa Indonesia daripada bahasa Korea. Tablo tinggal selama tiga tahun karena ayahnya bekerja di bidang konstruksi yang tengah mengerjakan sebuah proyek di Indonesia.

Baca Juga:
Sad Ending, Akhir Drama Snowdrop Bikin Penonton Galau Berjamaah

4. Dita Karang

Idol Kpop yang Pernah Tinggal Di Indonesia. (Instagram/secretnumber.official)

Nah kalo idol K-Pop satu ini pasti sudah sangat dikenal oleh orang Indonesia. Dita Karang adalah idol K-Pop kesayangan masyarakat Indonesia. Sebab Dita adalah Idol K-Pop wanita pertama yang berasal dari Indonesia. Yaps, Dita Karang memang orang Indonesia tulen. Pemilik nama asli Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang ini lahir dan besar di Yogyakarta pada 25 Desember 1996. Ia debut bersama Secret Number pada 2020 silam di bawah naungan Vine Entertainment. Dita mendapat dukungan penuh oleh masyarakat Indonesia yang banga atas keberhasilannya debut di Korea Selatan yang dikenal ketat dalam persaingannya

5. Loudi 14U (BLEU)

Baca Juga:
Adiba Khanza Kabarnya Dilamar Pemain Sepak Bola, Umi Pipik Buka Suara

Idol Kpop yang Pernah Tinggal Di Indonesia. (Instagram/seoulology_00)

Sebelum Dita Karang debut sebagai idol K-Pop, sebenarnya ada Loudi yang sudah lebih dulu membuka jalan bagi orang Indonesia untuk berkarier di industri hiburan Korea Selatan. Sayangnya masyarakat Indonesia belum begitu antusias dengan K-Pop seperti saat Dita debut, sehingga debutnya Loudi dalam 14U tidak mendapat sambutan meriah layaknya Dita. Kini Loudi telah merubah nama panggungnya menjadi BLUE dan sudah lebih dikenal dan mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia seperti Dita. Pemilik nama asli Edward Wen ini lahir di Yogyakarta dan memiliki darah China-Korea.

6. Vanya Z-Girls

Idol Kpop yang Pernah Tinggal Di Indonesia. (Instagram/zhvanymeidi)

Sebelumnya pernah ada kompetisi bernama Next Boy/Girl Band yang digelar di Indonesia. Zhavanya Meidi Hendranata menjadi salah salah satu peserta ajang tersebut. Ia bergabung dalam Z-Girls dan memenangkan audisi Z-Pop Dream Project yang juga menaungi Z-Boys. Bersama rekannya ia terbang ke Korea Selatan untuk mendapatkan pelatihan selama 3 bulan. Grup beranggotakan 7 anggota dari berbagai negara Asia ini telah hiatus cukup lama sejak 2019. Merak hiatus setelah merilis single Streets of Gold. Kini Vanya lebih aktif sebagai YouTuber dengan mengcover lagu populer di kanal YouTube-nya Zhavanya.

Dari beberapa idol Kpop yang pernah tinggal di Indonesia siapa yang paling bikin kamu terkejut saat tahu mereka pernah tinggal di negara yang sama denganmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More