Ismail | MataMata.com
Idol K-Pop yang Kuliah Sampai S2 (anyang.ac.kr)

Matamata.com - Di tengah kesibukannya sebagai seorang idol K-Pop beberapa diantara mereka ada yang masih peduli dengan pendidikannya. Bahkan diantara mereka ada yang berhasil menyelesaikan pendidikannya hingga jenjang sarjana.

Hebatnya lagi mereka tidak hanya berhasil menyelesaikan S1. Bahkan ada yang lulus S2.

Beberapa idol K-Pop yang kuliah hingga S2 ini pun sukses membuat fans mereka semakin cinta. Pasalnya idola mereka ini tak hanya jago bernyanyi dan dance tapi juga berotak encer.

Ada cukup banyak idol K-Pop yang kuliah hingga S2 seperti Xiumin dan Chen EXO, Jin BTS hingga yang terbaru ada tiga member SEVENTEEN.

Baca Juga:
Dengar Kabar Dorce Gamalama Meninggal, Denny Sumargo Syok Berat

Penasaran dong siapa saja idol K-Pop yang kuliah sampai S2? Langsung saja yuk intip daftarnya berikut ini, siapa tahu ada idolamu juga!

1. Xiumin EXO

Idol K-Pop yang Kuliah Sampai S2 (Instagram/weareone.exo)

Member tertua EXO, Xiumin melanjutkan pendidikan S2 nya di Kwandong Catholic University. Idol yang sering disebut fake magnae karena wajah imut dan awet mudanya ini mengambil jurusan musik untuk studi pascasarjananya. Pemilik nama asli Kim Min Seok ini mengambil kuliah S2 pada tahun 2014 di tengah jadwal padat EXO. Kepedulian pelantun lagu You ini sangat tinggi, sebab ia juga mengambil jenjang doctoral selepas S2.

Baca Juga:
Mengenang Jasa Dorce Gamalama dalam Pembangunan Masjid hingga Pemberian Santunan ke Anak Yatim

2. Chen EXO

Idol K-Pop yang Kuliah Sampai S2 (Instagram/weareone.exo)

Masih dari grup berjuluk King of K-Pop, EXO kali ini adalah Chen. Main vocalist EXO juga menempuh pendidikan pascasarjana. Member pertama EXO yang menikah ini kuliah di Hanyang University dan telah merampungkan kuliahnya pada tahun 2017 lalu. Chen yang sedang menjalani wajib militer mengambil jurusan Media dan Periklanan. Sekarang Chen juga sedang menanti kelahiran anak keduanya.

3. Taeyang BIGBANG

Baca Juga:
Bak Firasat, Dorce Gamalama Datangi Semua Tempat Makan Favoritnya Sebelum Meninggal

Idol K-Pop yang Kuliah Sampai S2 (Instagram/_youngbae_)

Anggota dari boyband legendaris BIGBANG, Taeyang juga peduli pada pendidikan. Vokalis dari grup yang akan segera comeback tersebut menempuh pendidikan di Daejin University. Suami dari Min Hyo Rin, mengambil jurusan Producing Performances and Images. Untuk tesisnya Taeyang mengambil isu dari konser BIGBANG lho. Tesis pelantun lagu Eyes, Nose, Lips ini berjudul The Influence of BIGBANG World Tour (MADE) on Sustainability of Korean Wave.

4. MAX Changmin TVXQ

Idol K-Pop yang Kuliah Sampai S2 (Instagram/changmin88)

Idol K-Pop generasi kedua, MAX Changmin TVXQ yang belum lama ini merilis lagu Devil juga telah merampungkan S2. Changmin menyelesaikan pendidikan pascasarjananya di Konkuk University dengan mengambil jurusan Film dan Seni. Ia kembali melanjutkan studinya untuk gelar doktoral di Inha University.

Baca Juga:
6 Drama Terbaik Kim Soo Hyun, Berperan Jadi Alien hingga Tahanan

5. U-Know Yunho TVXQ

Idol K-Pop yang Kuliah Sampai S2 (Instagram/yunho2154)

Rekan satu grup Changmin, U-Know Yunho atau akrab diapnggil Yunho juga tidak melupakan pendidikan. Idol yang menjadi senior paling tegas di SM Entertainment ini merupakan alumni dari Myongji University. Yunho kemudian meneruskan kuliah S2 di Chungwoo University.

6. Kyuhyun Super Junior

Idol K-Pop yang Kuliah Sampai S2 (Instagram/gyuram88)

Member termuda dari Super Junior yang juga berjuluk Evil Magnae, Kyuhyun juga sangat peduli pada pendidikan. Pelantun lagu At Gwanghwamun ini menyelesaikan studi pascasarjananya di Kyunghee University. Sama seperti Taeyang BIGBANG, Kyuhyun juga menuliskan tesis tentang K-Pop. Judul tesis Kyuhyun adalah Study of K-Pop’s Current State and Possible Future Growth. Ia juga merilis album baru Love Story yang disiarkan secara live juga di YouTube SUPER JUNIOR Channel pada Januari lalu.

7. Taecyeon 2PM

Idol K-Pop yang Kuliah Sampai S2 (Instagram/taecyeonokay)

Member 2PM yang juga berkarier sebagai aktor, Taecyeon tak melupakan pendidikan meski sibuk mengejar kariernya. Pemeran villain psikopat di drakor Vincenzo ini berkuliah di Dankook University dan mengambil jurusan Administrasi Bisnis Internasional. Setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya ia lanjut kuliah dengan jurusan yang sama di Korea University Graduate School.

8. Key Shinee

Idol K-Pop yang Kuliah Sampai S2 (Instagram/bumkeyk)

Menjadi member dari grup terkenal Shinee, Key tetap memprioritaskan pendidikan. Key tak puas dengan gelar sarjana yang ia raih, ia pun meneruskan kuliahnya sampai S2. Wooseok University dipilihnya untuk studi masternya, ia memilih jurusan Pengembangan Konten Budaya dan Pendidikan. Untuk tesisnya sendiri, Key mengambil judul The Influence of Styling Education on Appearance Satisfaction and Self Esteem of Korean Adolescents.

9. Jin BTS

Idol K-Pop yang Kuliah Sampai S2 (Instagram/jin)

Member BTS Jin pun melanjutkan kuliah sampai S2. Jin melanjutkan kuliah pascasarjana di universitas yang sama dengan Chen EXO yaitu Hanyang University. Untuk gelar sarjananya sendiri, diperoleh oleh Jin di Konkuk University dengan jurusan Film dan Seni. Member BTS lainnya juga ikut menyusulnya dan melanjutkan kuliah pada tahun 2020 lalu.

10. Jisung Eks Wanna One

Idol K-Pop yang Kuliah Sampai S2 (Instagram/_yoonj1sung_)

Jisung yang merupakan member dari grup K-Pop yang dibubarkan setelah kontraknya berakhir ini pun kuliah S2. Untuk gelar sarjana ia mengambil kuliah di Myongji University dengan jurusan Film dan Musik. Ia melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jurusan Digital Image and Content di Dongguk University pada tahun 2017.

11. S.Coups, Woozi, dan Jeonghan SEVENTEEN

Idol K-Pop yang Kuliah Sampai S2 (anyang.ac.kr)

Idol K-Pop yang kuliah sampai S2 yang paling baru adalah tiga member SEVENTEEN yaitu S.Coups, Woozi, dan Jeonghan. Ketiganya diberitakan telah menjadi mahasiswa pascasarjana di Anyang University. Bahkan foto ketiganya bersama dengan rektor universitas, juga muncul di postingan pascasarjana Universitas Anyang. Mereka secara simbolis hadir dalam acara penerimaan mahasiswa baru.

Idol K-Pop yang kuliah sampai S2 tadi benar-benar inspirasional banget. Meski sibuk dengan jadwal padatnya, mereka tetap memprioritaskan pendidikan. Semoga ulasan ini bisa memotivasi kalian yang sedang melanjutkan kuliah di jenjang S2 ya!

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More